✔ Peringkat 7 Besar Pendidikan Negara Asean




Gurune.net -DI TINGKAT ASEAN, pendidikan kita di Indonesia belum bisa berbicara banyak. Dari 10 negara yang ada, Indonesia masih berada di posisi ke lima. Indonesia masih berada di bawah  Negara-negara tetangga, menyerupai Malaysia, Singapura ataupun Brunai Darussalam.

Berikut peringkat tujuh besar pendidikan negara-negara ASEAN
1. Singapura
Sebagaimana yang kami kutip dari okezone.com. Singapura mempunyai skor 0,768. Singapura tidak hanya mempunyai salah satu sistem pendidikan berkualitas terbaik di ASEAN, tapi juga dunia. Saat ini negeri kepulauan tersebut, menempati posisi sembilan dalam Indeks Pendidikan UNESCO. Tahun 2013 silam tercatat hanya 1,3% murid sekolah yang gagal merampungkan pendidikan.
2. Brunei Darussalam
Dengan nilai Indeks Pendidikan alias EDI sebesar 0,692, Brunei Darussalam menempati posisi 30 di dunia dan nomer dua di Asia Tenggara. Tidak mengherankan, pasalnya pemerintah Brunei menanggung semua biaya pendidikan. Termasuk ongkos penginapan, makanan, buku dan transportasi.
3. Malaysia
Dengan tingkat literasi penduduk bakir balig cukup akal yang mencapai 94%, tidak heran kalau Malaysia bisa membukukan skor 0,671 di Indeks Pendidikan UNDP. Negeri jiran itu menempati posisi 62 dalam daftar pendidikan terbaik di dunia dan ketiga di ASEAN.
4. Thailand
Thailand ialah salah satu negara ASEAN yang mempunyai anggaran pendidikan tertinggi, yakni 7,6% dari Produk Domestik Brutto. Saat ini negeri gajah putih itu menempati posisi 89 di dunia dengan skor EDI sebesar 0.608.
5. Indonesia
Saat ini Indonesia berada di posisi 108 di dunia dengan skor 0,603. Secara umum kualitas pendidikan di tanah air berada di bawah Palestina, Samoa dan Mongolia. Hanya sebanyak 44% penduduk merampungkan pendidikan menengah. Sementara 11% murid gagal merampungkan pendidikan alias keluar dari sekolah.
6. Filipina
Tingkat kegagalan murid merampungkan sekolah di FIlipina termasuk yang tertinggi di dunia, yakni 24,2%. Tidak heran kalau Filipina dikala ini menempati posisi 117 di dunia dengan skor 0,610. Namun begitu sebanyak 64% penduduk setidaknya merampungkan pendidikan menengah.
7. Vietnam
Vietnam yang berada di posisi 121 mempunyai kualitas pendidikan yang lebih rendah ketimbang Irak dan Suriah. Saat ini Vietnam mencatat skor EDI 0,513 dan tingkat literasi penduduk bakir balig cukup akal sebesar 93,5%.
Untuk bisa menjadi nomor satu di ASEAN perlu ada upaya-upaya dari pemerintah. Termasuk memperbaiki perilaku-perilaku yang tidak baik di dalam dunia pendidikan.

Belum ada Komentar untuk "✔ Peringkat 7 Besar Pendidikan Negara Asean"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel