✔ Menciptakan Media Pembelajaran Lebih Menarik Gunakan Software Ini !



Gurune.net - Sering ga sob, lihat anak didik kita merasa bosan dengan pembelajaran dikelas yang hanya itu-itu saja? Tahu kan maksudnya itu - itu saja..? ya benar anak didik kita akan cepat bosan dikelas jikalau guru dalam mengajar kurang memaksimalkan media pembelajaran atau kalau tidak sudah memakai media pembelajaran tapi jenisnya tidak menarik dan cenderung membosankan bagi anak. Selayaknya kita menjadi seorang guru harus memikirkan ini sob, mengapa? supaya apa yang guru sampaikan akan diterima dengan bahagia hati oleh siswanya. Iya tidak sob?

#Media Pembelajaran Sebetulnya apa si?

Media Pembelajaran Adalah alat bantu proses pembelajaran pada dasarnya itu sob. Kalau dijabarkan secara lengkap akan panjang dan lebat juga tinggi sob hehe...Karena ada ( Arti Media Pembelajaran berdasarkan para ahli, berdasar undang undang dan lainya ) panjang deh. Tapi pada dasarnya mirip yang sudah dijabarkan gurune di atas yaitu " Alat bantu proses berguru mengajar " dah itu saja simpel dipahami. 

#Tujuan Pembuatan Media Pembelajaran ?

yang terang tujuan pembuatan media pembelajaran untuk siswa yakni untuk memperlihatkan pengalaman berguru yang bervariasi sehingga sanggup merangsang siswa untuk berguru dengan serius dan utamanya menyenangkan. Itu saja bersama-sama secara singkat tujuan dibuatnya media pembelajaran


#Apasi Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran ?

 Fungsi media pembelajaran antara lain :
  • Menarik dan mengarahkan siswa untuk berkonsentrasi
  • Memperlancar untuk mengingat informasi dan pesan yang disampaikan

Manfaat adanya media pembelajaran antara lain :
  • Memotivasi berguru siswa
  • Memperjelas penyajian pesan
  • Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu dan masih banyak lagi sob hehe

#Jenis - jenis Media Pembelajaran

Apasi jenis - jenis media pembelajaran untuk memudahkan siswa melahap isi pelajaran dengan asyik dan menyenangkan :

Teks,Media Audio, Media Visual, Media Proyeksi Gerak, Benda - benda tiruan atau miniatur, dan Manusia itu sendiri juga bisa sob. 

#Apa saja media pembelajaran yang sanggup digunakan dalam proses pembelajaran ?


Dalam buku Arief, dkk yang berjudul Media Pendidikan (Arief Sadiman, dkk, 2009:28) disebutkan beberapa jenis media yang lazim digunakan dalam proses pembelajaran, yaitu sebagai berikut sob :

# A. Media Visual
Seperti halnya media yang lain, media visual berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke peserta pesan Sob. Adapun kategori Media Visual apa saja si sebetulnya:


a. Gambar atau foto
Kita sering memakai gambar atau foto sebagai media pembelajaran lantaran gambar merupakan bahasa yang umum yang sanggup dimengerti dan dinikmati dimana saja oleh siapa saja. 

b. Sketsa
Sketsa selain sanggup menarik perhatian peserta atau siswa juga sanggup menghindari verbalisme dan sanggup memperjelas penyampaian pesan.

c. Diagram
Berfungsi sebagai penyederhana sesuatu yang kompleks sehingga sanggup memperjelas penyajian pesan. 

d. Bagan/Chart
Bagan atau chart berfungsi untuk menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit jikalau hanya disampaikan secara tertulis atau verbal secara visual. Bagan juga bisa memperlihatkan ringkasan butir-butir penting dari suatu presentasi. Dalam denah biasanya kita menjumpai jenis media visual lain mirip gambar, diagram, atau lambang-lambang verbal.

e. Grafik
Disusun berdasarkan prinsip matematik dan memakai data-data komparatif, grafik merupakan gambar sederhana yang memakai titik-titik, garis atau simbol-simbol verbal yang berfungsi untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti, mengambarkan perkembangan atau perbandingan sesuatu objek atau kejadian yang saling berafiliasi secara singkat dan jelas.

f. Kartun
Suatu gambar interpretatif yang memakai simbol-simbol untuk memberikan suatu pesan secara cepat dan ringkas atau suatu perilaku terhadap orang, situasi atau kejadian-kejadian tertentu. 

g. Poster
Poster sanggup dibentuk di atas kertas, kain, batang kayu, seng dan sebagainya. Poster tidak saja penting untuk memberikan pesan atau kesan tertentu akan tetapi bisa pula untuk mensugesti dan memotivasi tingkah laris orang yang melihatnya.

h. Peta dan Globe
Berfungsi untuk menyajikan data-data yang berafiliasi dengan lokasi suatu tempat baik berupa keadaan alam, hasil bumi, hasil tambang atau lain sebagainya. 

i. Papan planel
Papan berlapis kain planel ini sanggup berisi gambar atau aksara yang sanggup ditempel dan dilepas sesuai kebutuhan, gambar atau aksara tadi sanggup menempel pada kain planel lantaran di potongan bawahnya dilapisi kertas amplas. 

j. Papan Buletin.
Papan ini tidak dilapisi oleh kain planel, tetapi pribadi ditempeli gambar atau tulisan. Papan ini berfungsi untuk memberitahukan kejadian dalam waktu tertentu.

# B. Media Audio
Media audio yakni jenis media yang berafiliasi dengan indera pendengaran. jenis media yang sanggup digolongkan ke dalam media audio yakni sebagai berikut:

a. Radio
Media ini sanggup merangsang partisipasi aktif dari pendengar. Siaran radio sangat cocok untuk mengajarkan musik dan bahasa. 

b. Alat perekam magnetik
Alat perekam magnetik atau tape recorder adalah salah satu media yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam penyampaian keakuratan sebuah informasi. 

Wah Pembukaanya panjang ya sob pada dasarnya disini sob hehehe...ok deh, kita akan membahas untuk " Membuat Media pembelajaran Lebih Menarik Gunakan Software ini " saja sob.

# 1. Adobe Photoshop


Software yang satu ini bersama-sama sudah tidak abnormal lagi untuk yang terbiasa utak - atik foto, Bagi teman guru yang belum kenal gurune sarankan segera berkenalan deh, download softwarenya cari trialnya hehehe bila perlu beli lisensinya ( yang ini hanya saran saja ) hehehe..Sebab software ini berbayar. Mengapa gurune rekomendasikan di artikel gurune kali ini, lantaran fiturnya sob yang lengkap. Memungkinkan kita bisa edit foto dengan simpel dan menarik tentunya ( fungsi secara umum ) lantaran fungsi software ini sangat banyak sob boleh silahkan dicari referensinya jangan malas buka di google deh. Lha bagaimana caranya memanfaatkan software ini untuk bisa mengolah foto menjadi media pembelajaran cari saja disini tutorial sederhana nya

# 2. Adobe Premier


Software yang satu ini fungsinya untuk mengolah pembuatan vidio sob. Kita bisa merekam vidio wacana apa saja yang akan dijadikan bahan kita olah deh di Adobe Premier maka jadilah vidio pembelajaran menarik. Bisa juga di gunakan untuk menciptakan film pendek untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak dan bermain peran. Cara penggunaanya bisa lihat lengkap disini

# 6. Ms. Power Point


Sotware yang sangat umum menyerupai makanan ini yakni makanan pokok. Software yang satu ini sudah dilengkapi dengan menyebarkan fungsi untuk teks,vidio,audio,grafik, chart dan lainya lengkap deh dan simpel digunakan. Walau simpel bersama-sama kita bisa mengolah menjadi lebih keren untuk media pembelajaran supaya siswa lebih tertarik pada dasarnya kita kreatif menggunakanya.

 Itu sob ada enam software yang perlu teman coba untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik. Itu hanya sebagian saja kalau diulas akan berbagai tentunya. Tapi pada dasarnya apapun softwarenya utamanya ada pada kreativitas kita sob.

Semoga bermanfaat artikel ini sob. Jika dinilai bermanfaat boleh di share kosob silahkan.

Belum ada Komentar untuk "✔ Menciptakan Media Pembelajaran Lebih Menarik Gunakan Software Ini !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel