✔ Jenis Jenis Semut Rangrang Penghasil Kroto

Jenis Jenis Semut Rangrang Penghasil Kroto


Dalam bahasa jawa Semut Rangrang di sebut juga dengan Semut Angkrang merupakan semut yang sangat mempunyai kegunaan bagi petani buah. Semut ini sanggup dimanfaatkan sebagai penanggulang hama flora atau ulat yang mengganggu tanaman.

Selain semut rangrang di manfaatkan oleh petani untuk menjaga tanamannya, rangrang juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau pakan burung berkicau. Namun yang diambil sebagai pakan bukan semutnya tetapi telurnya yang disebut dengan kroto.

Menurut penelitian semut rangrang ini semula ada 15 spesies, namun adanya perkembangan jaman yang 13 sudah punah dari bumi ini. Ternyata semutpun juga sanggup punah ya? aku pun juga tidak tau penyebab kepunahannya kenapa...

Semut rangrang hidup berkoloni menyerupai semut semut yang lainnya, bahkan koloni semut rangrang sangatlah tinggi di banding binatang koloni lainnya. semut rangrang mempunyai koloni yang tinggi populasinya dalam sarang yang di buatnya pada daun yang elok itu.

Semut rangrang juga mempunyai sifat yang teritorial atau galak ketika sarangnya didekati binatang lain atau manusia. Mereka akan menyerang secara bahu-membahu kepada binatang atau insan yang mendekati sarangnya atau yang akan mengambil sarangnya.

Yang akan aku bahas bukan krotonya yang dimanfaatkan insan sebagai pakan burung berkicau namun disini aku akan menjelaskan jenis-jenis semut rangrang. Apa saja jenis-jenisnya silahkan simak uraian yang di bawah ini:

1. Ratu Semut

Ratu Semut merupakan pemimpin dari koloni semut rangrang. Dalam setiap koloni semut rangrang sudah dipastikan mempunyai ratu semut. Ratu semut ini yang menghasilkan telur yang disebut kroto tersebut.

Adapaun ciri-ciri dari ratu semut rangrang tersebut sebagai berikut:

- Memiliki warna hijau atau kecoklatan pada tubuhnya
- Berukuran sekitar 20-25 mm
- Memiliki perut yang besar
- Memiliki sayap ketika belum kawin
- Selalu berada pada sarang yangmasih gres atau daun yang masih muda

2. Semut Rangrang Jantan

Semut rangrang jantan mempunyai masa hidup yang relatif sangat singkat yakni cuma ahad masa hidupnya. Mengapa demikian? Sebab kiprah dari semut rangrang jantan cuma membuahi ratu semut rangrang. Semut rangrang jantan mempunyai ciri badannya berwarna hitam dan bertubuh sangat kecil.

3. Semut Rangrang Pekerja

Semut rangrang pekerja ini menyerupai dari koloni serangga-serangga pada umumnya yang sering kita jumpai. Tugas mereka cuma merawat telur atau kroto semut rangrang yang ada dalam sarang.

Ciri-ciri semut rangrang pekerja ialah sebagai berikut:

- Memiliki warna orange pada tubuhnya
- mempunyai ukuran tubuh sekitar 5-6 mm
- Semut pekerja merupakan semut rangrang yang mandul
- Semut rangrang pekerja ini hidupnya selalu di dalam sarangnya

4. Semut Rangrang Prajurit

Semut rangrang prajurit memrupakan semut yang mempunyai kiprah yang sangat vital yakni menjaga sarang dari predator lainnya. Semut rangrang prajurit ini sangat banyak jumlahnya dibanding jenis semut rangrang lainnya. Semut rangrang prajurit ini juga bertugas membangun sarang baru. Mereka mmiliki rahang yang berpengaruh dan kaki yang berpengaruh pula.

Demikianlah yang sanggup aku sampaikan Jenis Jenis Semut Rangrang Penghasil Kroto. Semoga artikel sanggup membantu kalian untuk mengetahui semut rangrang lebih jauh lagi.

Belum ada Komentar untuk "✔ Jenis Jenis Semut Rangrang Penghasil Kroto"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel