✔ Pembelajaran Kelas V Sd/Mi - Tema 1, Sub Tema 1, Pembelajaran 1 ( K-13 Revisi Terbaru )

 jadi nanti teman buat Rencana Pelaksanaan Pembelajaranya dalam satu hari ✔ Pembelajaran Kelas V SD/MI - Tema 1, Sub Tema 1, Pembelajaran 1 ( K-13 Revisi Terbaru )


Gurune.net - Ok sob, kali ini gurune akan bercerita ni, pengalaman mengajar di Kelas V SD...


Tema 1, Sub Tema 1, Pembelajaran 1...wah serba satu ya sob..

Ok kita akan bahas deh di PB 1 ini....

PB1 ini berlangsung dalam satu hari yasob, jadi nanti teman buat Rencana Pelaksanaan Pembelajaranya dalam satu hari...

Apa si materinya ?

Sub Tema 1 Kelas V K-13 Revisi materinya wacana "Alat Gerak Hewan" sob...

Oya sebelum mulai pembelajaran teman buat RPP dan media pembelajaranya ya sob, kalau belum ada RPP KELAS V sanggup download dulu deh DISINI

Ok kita lanjut sob..



Pada Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaranya ini sob 

1. Dengan membaca teks wacana organ gerak binatang dan manusia, siswa sanggup menyebutkan alat gerak binatang dan insan secara benar. 

2. Dengan kegiatan membaca, siswa sanggup menentukan wangsit pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat. 

3. Dengan menulis, siswa sanggup membuatkan wangsit pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut. 

4. Dengan berdiskusi, siswa sanggup menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan wangsit pokok bacaan secara percaya diri.

ada 4 tujuan pembelajaran di PB 1 Sob 

ingat setiap teman mengawali dalam pembelajaran tujuan pembelajaran tolong di sampaikan ya, bila perlu di tulis di slide power point atau di white board, atau black board...

Apa saja media, alat bantu dan sumber berguru yang dipakai dalam PB 1 ?

Buku, teks bacaan organ gerak binatang dan manusia, gambar wacana organ gerak binatang dan manusia

silahkan teman searching aja, di buku siswa juga sudah ada kok sob....oya dah punya buku guru dan siswa??

Apakah sekolah teman sudah membelikan,kalau belum sanggup download dulu deh DISINI

Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran 

Pada awal pembelajaran, teman selaku guru  sanggup mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari. 

Siswa yang teman bimbing disuruh untuk mengamati gambar dan percakapan wacana organ gerak binatang dan manusia. 

tu yang ada dibawah sob....


GN-01 - Materi KlS V - Tema1-Alat Gerah Manusia

Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.



Catatan: 

Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi. 

Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berkhasiat melalui konsep pelaporan tertulis. 

Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan obrolan interaktif.

Ok kita lanjut sob...

Pada awal pembelajaran sehabis melaksanakan penyesuaian berdoa dan presensi biasakan juga menyanyikan lagu wajib ya sob.....

Tujuanya biar anak -anak kita tau lah akan lagu - lagu wajib / Nasional yang sudah jarang di dengar...

Setelah selesai, sebelum masuk materi akan sangat anggun tu sob untuk mengaitkan pembelajaran dengan menampilkan vidio unik, motivasi dan lainya sanggup ko teman cari di internet..

setelah masuk pembelajaran pada PB satu ada sub materi yaitu ayo membaca sob....

Ni materi yang ada pada buku siswa sob....

Organ Gerak Manusia dan Hewan 

Salah satu ciri dari makhluk hidup yaitu bergerak. Secara umum, gerak sanggup diartikan berpindah daerah atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bab dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bab tubuhnya. Gerak pada insan dan binatang memakai organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berkhasiat untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya. Organ gerak pada binatang dan insan mempunyai kesamaan. Alat-alat gerak yang dipakai pada insan dan binatang ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melaksanakan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.
Tulang disebut alat gerak pasif alasannya tulang tidak sanggup bergerak dengan sendirinya. Tanpa adanya alat gerak aktif yang memengaruhi tulang, maka tulang-tulang pada insan dan binatang akan membisu dan tidak sanggup membentuk alat pergerakan yang sesungguhnya. Walaupun merupakan alat gerak pasif, akan tetapi tulang mempunyai peranan yang besar dalam sistem gerak insan dan hewan. Otot disebut alat gerak aktif alasannya otot mempunyai suatu senyawa kimia yang membuatnhya sanggup bergerak. Pada ketika otot yang melekat pada tulang bergerak, otot tersebut akan membuat tulang bergerak.

Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.

Alternatif kegiatan membaca ini sob: 

a. Guru menunjukkan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati. 

b. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak. 

c. Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa. 

Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan wangsit pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.

Apa si wangsit pokok paragraf ?

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama.

Kalimat utama yang memuat wangsit pokok ini sanggup berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di final paragraf. 


Contohnya ada di atas tu sob, nanti paham wacana wangsit pokok..

Ok kita lanjut dalam pembelajaran...

Selanjutnya siswa teman diarahkan masuk ke Ayo berlatih...

disini siswa disuruh mencari wangsit pokok ada pada paragraf ke 2 hingga ke 5 dan kalimat pengembangnya...


tu kolom ayo berlatih siswanya sob , 
ada ko di buku siswa sobat,....

Alternatif balasan ni tuk ayo membaca yang ada di BG kelas V

Paragraf 2: Gerak pada insan dan binatang memakai organ gerak tersusun dalam sistem gerak. 

Paragraf 3: Organ gerak insan dan binatang mempunyai kesamaan yakni tulang dan otot. 

Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif. 

Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.



Kegiatan berikutnya yaitu ayo menulis sob...


Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi wacana pengertian, fungsi, dan cara menentukan wangsit pokok bacaan.

Alternatif Pelaksanaan Diskusi 

1. Guru membuat suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal. 

2. Guru menunjukkan kesempatan kepada siswa untuk menentukan para petugas diskusi, menyerupai pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. 

Sementara belum dewasa yang lain bertindak sebagai penerima diskusi. Pembawa program bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa program juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta. 

4. Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi ketika diskusi berlangsung, menyerupai pendapat-pendapat yang disampaikan oleh penerima diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi. 

5. Setiap penerima diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara. 

6. Setelah siswa menunjukkan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan. 

7. Masing-masing siswa menulis balasan sesuai pertanyaan pada buku siswa menurut hasil diskusi 

Alternatif Jawaban 

- Ide Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf. 

- Fungsi Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf. 

- Cara menetukan wangsit pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut wangsit pokok/pikiran utama.

rubriknya ni sob :

Kegiatan berikutnya yaitu ayo berdiskusi sob

Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara berdikari siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.

Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat-pendapat tersebut. 

Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh penerima diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran. 

Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil. 

Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan menunjukkan tanggapan


Penilaian Teknik Penilaiann pada PB 1 yaitu ini sob: 

1. Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin 

2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis 

3. Penilaian Keterampilan: uji unjuk kerja

Lampiranya :






Dah ya sob.. mungkin itu dulu sob....tentang pembelajaran kelas V kurikulum 2013, Tema 1, sub tema 1, pembelajaran 1

Belum ada Komentar untuk "✔ Pembelajaran Kelas V Sd/Mi - Tema 1, Sub Tema 1, Pembelajaran 1 ( K-13 Revisi Terbaru )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel