✔ Pakan Alternatif Lele Pengganti Pelet

purwomp - Saat ini pakan pelet untuk lele semakin hari semakin mahal harganya. Bagi peternak lele pemula hal ini mereka keluhkan soal harga pakan jadi atau pelet. Kita sanggup memperlihatkan pakan alternatif lele untuk manggantikan pakan pelet yang mahal harganya tersebut.

Disekitar kita tolong-menolong ada banyak pakan alternatif  lele berprotein tinggi dan sangat disukai lele. Sebab ikan lele yakni ikan yang memakan apa saja, kita beri sisa dapurpun di makan. Nah, niscaya kalian bertanya-tanya pakan alternatif untuk lele itu apa saja? simak ulasan berikut ini :


1. Kepala ikan asin

Penjual ikan asin di pasar biasanya banyak sisa-sisa kepala yang tidak terjual, hal itu sanggup kita manfaatkan untuk pakan lele. Soal harga kepala ikan asin biasanya murah kadang kita tidak disuruh beli atau diberikan begitu saja. Ikan asin mempunyai protein tinggi yang sangat diharapkan oleh pertumbuhan ikan lele.

2. Bekicot

Disekitar rumah kita kalau ekspresi dominan penghujan datang bekicot ini banyak kita jumpai. Untuk itu kita sanggup manfaatkan bekicot sebagai pakan alternatif lele. Bekicot juga mempunyai protein yang tinggi, hal ini manis untuk perkembangan lele biar cepat besar.

3. Keong

Keong ternyata juga manis untuk pakan alternatif lele. Hewan ini sangatlah simpel kita jumpai disawah-sawah yang banyak airnya bahkan di sungai-sungai pun juga banyak kita jumapai. Keong juga mempunyai protein yang tinggi dan sangat manis untuk diberikan ke ikan lele.

4. Cacing

Cacing juga sanggup kita jadikan sebagai pakan alternatif bagi lele. Cara mencari cacing pun relatif gampang. Saat ekspresi dominan hujan datang dikebun-kebun banyak cacing yang berkembang biak, hal ini sanggup kita manfaatkan untuk diberikan ke lele.

Cara mendapat cacing dengan simpel yakni dengan cara kita mencampur sabun dengan air. Kemudian adonan air dan sabun tersebut kita tuangkan ke gundukan kotoran cacing dan tunggu sebentar cacing tersebut akan muncul ke permukaan tanah dengan sendirinya.

5. Ayam 

Ayam yang mati di peternakan ayam sanggup kita manfaatkan untuk pakan alternatif lele. Pada peternakan ayam biasanya setiap hari ada ayam mati dari pada dibuang sanggup kita minta untuk pakan lele. caranya sebelum diberikan ke lele yakni ayam yang mati tadi dibakar atau direbus biar bakteri dan penyakit yang terbawa ayam tersebut mati sehingga kondusif untuk diberikan ke ikan lele.

6. Nasi 

Sisa nasi yang kita makan sanggup juga dijadikan pakan alternatif untuk ikan lele. Namun jangan memperlihatkan nasi yang sudah basi, kalau diberikan sanggup menciptakan air kolam terkontaminasi sehingga sanggup mengakibatkan kematian pada ikan lele.

7. Dedaunan

Dedaunan juga sangat disukai oleh ikan lele sehingga hal ini sanggup kita manfaatkan untuk pakan alternatif disaat harga pakan pelet lele mahal. Daun yang biasa diberikan ke ikan lele yakni kangkung, Azola, daun pepaya, bayam dan daun ketela pohon.

Demikianlah ke-tujuh Pakan Alternatif Lele Pengganti Pelet yang sanggup aku bagikan ke pengunjung blog saya. Semoga dengan postingan ini bermanfaat dan sanggup menambah wawasan kita biar tidak selalu tergantung dengan pakan buatan pabrik. Sehingga kita sanggup memanfaatkan materi makan disekitar kita untuk dijadikan pakan alternatif buat ikan lele yang kita ternak.



Artikel Terkait :

pakan alternatif lele
pakan alternatif lele dari ampas tahu
pakan alternatif lele protein tinggi
pakan alternatif lele dari dedak
pakan alternatif lele ampas tahu
pakan alternatif lele bioflok
pakan alternatif lele dari kotoran kambing
pakan alternatif lele kecil
pakan alternatif lele selain pelet
pakan alternatif lele tanpa pelet
pakan alternatif lele umur 1 bulan

Belum ada Komentar untuk "✔ Pakan Alternatif Lele Pengganti Pelet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel