✔ Cara Budidaya Ikan Gurame Di Bak Beton

Budidaya ikan Gurami - purwomp - Seperti ikan mas, ikan gurame banyak mengandung zat makanan yang mempunyai kegunaan bagi badan kita. Gurame mempunyai rasa yang yummy serta dagingnya yang empuk namun harus tetap hati-hati dengan duri-durinya yang banyak disaat makan. Gurame banyak dibudidayakan di kawasan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera barat.

Budidaya ikan gurame sanggup dilakukan gotong royong dengan ikan jenis lain asal jangan dengan ikan predator menyerupai lele, gabus, dan lain-lain. Hal ini dilakukan lantaran memelihara ikan gurame memerlukan waktu yang usang dan untuk menekan biaya dalam budidaya ikan gurame. Namun, kita sanggup memelihara gurame dalam bak sendiri atau terpisah.


Dalam pemeliharaan ikan gurame kita sanggup budidaya ikan gurame di bak beton, budidaya gurame di bak tanah, sanggup pula budidaya ikan gurame bak terpal. Yang terpenting yaitu dimana ikan tersebut betah dipelihara.


Untuk pemeliharaan induk ikan gurame haruslah dari materi yang tidak keras, semoga ikan gurame tidak terluka. Dan dasar bak jangan terlalu banyak berlumpur, kalau banyak lumpur nanti disaat induk gurame bertelur, telurnya akan terbungkus oleh lumpur. Serta dalam pemeliharaa induk gurame lebih baik erat dengan rumah. Hal ini mempunyai kegunaan untuk memudahkan pengawasan kolam.

Maka dari itu enakan budidaya ikan gurame di bak beton, lantaran bak sanggup kita awasi dan airnya pun akan tetap bening dan sangat disukai oleh ikan gurame. Air dalam bak sekurang-kurangnya tingginya 50 cm dari dasar kolam. Lebih baik lagi kalau air dalam bak selalu sanggup berganti atau mengalir hal ini akan menciptakan ikan gurame cepat besar kalau memelihara cuma untuk pembesaran saja.

Gurame jantan yang sudah berumur kurang lebih 3 tahun beratnya sanggup mencapai 1 kg bahkan sanggup lebih. Yang jantan mempunyai ciri dahinya bertombol dan berwarna kekuning-kuningan. Untuk yang gurame betina mempunyai ciri siripnya berwarna kehitam-hitaman.

Untuk mendapat induk gurame yang baik kalau sudah berumur 4 - 5 tahun dan telah mempunyai berat kurang lebih 2 kg. Untuk yang betina perutnya sudah membesar dan juga di belakang sirip dadanya juga membesar.. Sedangkan untuk gurame jantan kedua rusuk potongan belakang ikan membentuk sudut tumpul.

Pada waktu pembiakan sudah datang air dalam bak harus mempunyai ketinggian 40 cm dari permukaan dasar kolam. Dalam pemijahan kita harus hati-hati dalam melepaskan indukan ikan gurame.

Ikan gurame jantan akan menciptakan sarang yang sudah kita sediakan pada bak yakni ijuk. Dalam pembuatan sarang gurame jantan memerlukan waktu 30 hari dibawah permukaan air. Setelah itu 2 hari kemudian induk ikan gurame betina akan bertelur dan lamanya bertelur sekitar 2 hingga 3 hari. Telur yang dihasilkan sanggup mencapai 1000 hingga 3000 butir telur. Tidak menyerupai ikan-ikan lainnya yang perlu waktu 24 jam telur tersebut menetas, ikan gurame memerlukan waktu 10 hari telurnya menetas.

Setelah berumur 3 bulan anakan gurame harus dipindah ke bak pembesaran. Dalam pengambilan anakan ikan gurame waktu yang sempurna yaitu di pagi hari, lantaran pagi hari udaranya masih belum panas. Sehingga akan menciptakan benih-benih ikan gurame tidak praktis stres dan mati.

Setelah berumur 10 hari di bak pembesaran ikan gurame sanggup diberikan makan berupa dedaunan. Daun yang sanggup diberikan yaitu daun pepaya, keladi, singkong, genjer, kangkung, ubi jalar, dan daun labu. Jika daun mempunyai getah alangkah baiknya di layukan terlebih dahulu semoga getahnya kering.. Setelah berumur 2 ahad ikan gurame anakan sanggup diberi makanan komplemen berupa rayap, pelet, kroto dan lain sebagainya.

Ikan gurame merupakan ikan yang mahal harganya. Ikan gurame sanggup dijadikan sampingan untuk menambah penghasilan keluarga. Sebab pemeliharaan ikan gurame sangat praktis dan dalam penjualannya pun juga mudah. Dan juga kalau kita tidak punya lauk, ikan gurame sanggup kita masak sesuai selera kita.

Demikian Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Beton yang sanggup saya sampaikan. Yang terpenting dalam budidaya ikan gurame bak beton yaitu airnya selalu dijaga ketinggiannya. Semoga informasi ini mempunyai kegunaan dan sanggup menambah wawasan kita dalam budidaya ikan gurame.



Artikel Terkait :

budidaya ikan gurami
budidaya ikan gurame
budidaya ikan gurame di bak terpal
budidaya ikan gurame di bak tanah
budidaya ikan gurame bak terpal
budidaya ikan gurame di bak beton
budidaya ikan gurami bak beton
budidaya ikan gurame rumahan
budidaya ikan gurame di aquarium
budidaya ikan gurame dalam ember
budidaya ikan gurame pdf
budidaya ikan gurami pdf
budidaya ikan gurame di bak terpal untuk pemula
budidaya ikan gurame bak terpal bulat

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Budidaya Ikan Gurame Di Bak Beton"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel