✔ Apa Si Agenda 7K Di Sekolah Dasar ?

 Kalau guru SD niscaya tahu kegiatan ini ✔ Apa Si Program 7K di SD ?

Gurune.net - Kalau guru SD niscaya tahu kegiatan ini. Tulisan 7K yang tercetak tebal dan besar dibaner berisi kegiatan ini menjadi pajangan wajib di sekolah - sekolah khususnya SD di Indonesia. 

Tapi apakah semua tahu wacana kegiatan ini.
Apa si kegiatan 7K, dan penerapanya bagaimana di Sekolah Dasar?

Kadang sepele ya, tapi penting. Disaat PKKS sering lho sob penilai menayakan dokumen 7K dan Budaya 5S di Sekolah Dasar. iya tidak?

Kali ini gurune akan mencoba membahas wacana kegiatan 7K di Sekolah Dasar.

Apa si isi kegiatan 7K? kegiatan ini dijabarkan dari K No 1 - 7 menyerupai ini sob. Keamanan, Kebersihan, Keimanan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kerapian dan Keindahan.

Kita bahas satu persatu yasob.

1. Keamanan

Maksudnya disini sekolah itu harus bebas dari gangguan keamanan yang bersumber dari dalam sekolah maupun dari luar sekolah. Maka faktor keamanan harus benar-benar diterapkan.

Jika lingkungan sekolah aman, maka kepercayaan walimurid untuk menitipkan anaknya akan tinggi. Makara faktor ini dinilai sangat penting.

Keamanan yakni faktor utama dan yang paling fundamental sob, aman disini antara lain Aman dalam lingkunganya, aman dari tindak kejahatan, Aman dalam bekerja ( Ks,guru dan karyawan ), siswa bebas dan merasa aman dalam mengeluarkan pendapatnya, dan keamanan lainya yang berada di lingkungan sekolah. 

Pentingnya keamanan maka kegiatan 7K yang fundamental ini harus terpenuhi sebagai kebutuhan dasar di Sekolah.

2. Kebersihan

Kebersihan yakni cerminan dari diri, dan faktor terciptanya kesehatan. Jika kegiatan kedua ini dijalankan maka akan tercipta lingkungan yang higienis dan berdampak pada kesehatan lingkungan sekolah.

dan penerapanya antara lain. Sekolah harus bebas dari sampah, debu, dan penentu kebersihan lainya, kelas yang higienis dan nyaman sangat penting sebagi daerah utama belum dewasa belajar.

Jika semua sudah dijalankan dengan melibatkan seluruh warga sekolah untuk menerapkan kegiatan ini maka akan tercipta suasana nyaman, higienis dan sehat.

3. Keimanan

Iman yakni kebutuhan dasar seseorang kepada apa yang di yakinkan. Keimanan dalam aliran islam berarti percaya kepada Allah SWT. Keimanan dalam beragama berlaku untuk seluruh agama yang ada di Indonesia. 

Jika keimanan dijalankan maka akan tercipta kerukunan beragama di lingkungan sekolah. 

Penerapanya disekolah yakni dalam hal beribadah kalau untuk muslim di tekannkan pada adaptasi sholat dhuha, dhuhur berjamaah, Zakat fitrah, kurban dan lainya. Begitupula untuk agama lain sesuai perintahnya masing-masing.

4. Kekeluargaan

Kekeluargaan yakni dasar dari adanya persatuan yang lebih luas. Kekeluargaan yakni suatu korelasi akrab diantara warga sekolah yang merupakan kebutuhan penting semoga tercipta suasana rukun dan tenang antar warga sekolah.

Adapun penerapanya di sekolah antara lain :
Menjenguk warga sekolah yang sedang sakit, saling memberi proteksi sesama teman, saling membantu kalau ada sahabat yang kesulitan dalam hal tertentu, saling mengayomi sesama warga sekolah dan bagi guru sanggup menjadi orangtua disekolahan dengan perilaku pengayomanya.

5. Kerindangan

Kerindangan disini yakni suasan lingkungan sekolah yang nyaman dan sejuk dengan aneka macam penanataan lingkungan yang asri

penataan taman dan pepohonan dengan rapi menimbulkan sekolah terasa menjadi rindang dan nyaman.

Faktor semoga suasana menjadi indah dilihat sangatlah penting sebagai faktor kenyamanan hidup dilingkungan sekolah.

6. Kerapian

Faktor dari kegiatan keenam berupa kerapian sangat diharapkan untuk kenyaman dan menjadi penentu kedisiplinan dasar.

Rapi dalam berpakaian siswa sesuai aturan, penataan kelas yang rapi, dan semua kemudahan sekolah di seting dengan rapih menimbulkan sesuatu hal akan tertata dan terlihat indah.

Maka kerapian sangat penting dan sangat pas dijadikan kegiatan dalam kegiatan 7K.

7. Keindahan

Keindahan yakni meliputi dari 6 kegiatan diatasnya.

pelaksanaanya dengan membuat kebersihan,keamanan, keimanan dan kenyaman didalam lingkungan sekolah.

Jika ke enam kegiatan diatas tercapai maka akan tercipta keindahan.

Kenyamanan penghuninya akan tercapai.

Suasana belajar, dan bekerja didalamnya akan menjadi maksimal.

Itulah Program 7K yang selayaknya benar-benar harus dijalankan di SD di seluruh Indonesia.

Jika kegiatan ini berhasil dilaksanakan maka akan tercipta suasana sekolah yang aman dan menjadi rintisan sekolah ramah anak dan ramah lingkungan.


Belum ada Komentar untuk "✔ Apa Si Agenda 7K Di Sekolah Dasar ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel