✔ Sampah Bahan Dan Kunci Balasan Buku Siswa Kelas V Tema 2 Sub Tema 3 Pembelajaran 3

Agar masyarakatnya sadar dengan kebersihan lingkungan, terutama problem sampah, Kelurahan Babakanpasar mengajak warganya dalam Gerakan Pungut Sampah (GPS).

Lurah Babakanpasar Rokib Alhudry menyatakan, GPS ini merupakan agenda Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor pada tahun 2016. Program ini bertujuan biar Kota Bogor terbebas dari sampah. 

Karena problem sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat. “Sampah ini bukan hanya tanggung jawab pihak kelurahan atau orang per orang, tapi tanggung jawab bersama kita semua,” jelasnya.

Rokib berharap ke depannya warga Babakanpasar lebih peduli lagi dengan sampah yang selama ini selalu awut-awutan sehingga wilayah Babakanpasar terbebas dari sampah.


Agar masyarakatnya sadar dengan kebersihan lingkungan ✔  Sampah  Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas V Tema 2 Sub Tema 3 Pembelajaran 3
lingkungan higienis tanpa sampah - sumber allfreedownload

“Kalau sampah ini sudah tertata dengan baik, selain indah dipandang, maka warga masyarakat pun akan terhindar dari penyakit,” pungkasnya.

Ayo Menulis !

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut menurut bacaan “Kelurahan Babakanpasar Luncurkan Gerakan Pungut Sampah” di atas. 



  1. Di mana lokasi kawasan pada info tersebut?
  2. Apa problem yang dihadapi?
  3. Bagaimana penyelesaian yang diambil oleh pemerintah kota tersebut?
  4. Mengapa semua masyarakat bertanggung jawab atas problem sampah?
  5. Apa manfaatnya kalau problem sampah sanggup teratasi dengan baik?

Jawaban.

  1. lokasi kawasan pada info tersebut ada di Kelurahan Babakanpasar 
  2. masalah yang dihadapi yaitu kebersihan lingkungan, terutama problem sampah.
  3. mengajak warganya dalam Gerakan Pungut Sampah (GPS).
  4. Karena problem sampah merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat
  5. Kalau sampah ini sudah tertata dengan baik, selain indah dipandang, maka warga masyarakat pun akan terhindar dari penyakit.

Ayo Berdiskusi !
Apa yang terjadi kalau masyarakat tidak mau bertanggung jawab atas problem sampah? 


Jika masyarakat tidak mau bertanggung jawab atas problem sampah, maka lingkungan di sekitar mereka akan penuh sesak dengan sampah yang berserakan, efek dari sampah yang tidak dikelola dengan benar akan menjadikan lingkungan menjadi kumuh, kotor dan yang paling berbahaya yaitu menjadikan munculnya banyak penyakit yang disebabkan oleh sampah.

Sampah yang menumpuk sanggup mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan organ pernapasan. 

Tahukah kau ada orang yang acara sehariharinya yaitu mengumpulkan sampah yang sanggup diolah kembali? Ya, betul. Kita biasa menyebutnya pemulung. Para pemulung mengumpulkan botol-botol plastik, koran bekas, majalah bekas, dan benda-benda lain yang sanggup diolah lagi. Benda-benda itu disetorkan kepada orang-orang yang sanggup mengolahnya menjadi benda-benda lain yang berguna. 

Berikut ini beberapa gambar benda hasil daur ulang sampah.








  1. Apa pendapatmu mengenai pekerjaan sebagai pemulung? 
  2. Apa pendapatmu mengenai perjuangan pembuatan benda-benda daur ulang? 
  3. Bagaimana cara menghargai jasa para pemulung? 
  4. Bagaimana cara menghargai perjuangan menciptakan benda-benda daur ulang?

Jawab :


  1. Pekerjaan Pemulung yaitu pekerjaan yang halal, Walau kotor, pekerjaan ini sangat lebih terhormat dari sekedar meminta-minta.
  2. Pembuatan benda-benda daur ulang menjadi salah satu solusi kreatif mengatasi problem sampah di sekitar kita, serta sanggup meningkatkan pendapatan warga.
  3. Ikut memilah sampah di rumah, antara sampah organik dan plastik salah satu perjuangan membantu meringankan kiprah pemulung, membantu pemulung dengan cara tersebut merupakan bentuk penghargaan terhadap pemulung.
  4. Ikut menggunakan benda-benda hasil daur ulang dengan cara membelinya.


Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi Orang Lain

Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan orang lain. Keterlibatan orang lain sanggup dilihat dari acara produksi, distribusi, dan konsumsi. Pada acara produksi, orang yang terlibat yaitu tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar acara produksi. Tenaga kerja akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau honor dari produsen. Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau masyarakat oleh distributor. Dari acara penyaluran barang tersebut, distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor yaitu agen, pedagang besar, dan pedagang eceran.

Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh dari produsen secara eksklusif atau melalui mediator (distributor). Ketiga pelaku kegiatan ekonomi tersebut akan saling berafiliasi membentuk arus diagram ekonomi. Coba temukan kiprah produsen, distributor, dan konsumen dalam perekonomian Indonesia. Selanjutnya, bahaslah bersama teman dan gurumu di kelas!

Setiap pelaku acara ekonomi mempunyai kiprah masing-masing yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, insan berperan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, insan akan berafiliasi atau berinteraksi dengan insan lain. Sebagai makhluk ekonomi, insan akan melaksanakan acara ekonomi dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun makhluk ekonomi, insan hendaknya mempunyai budpekerti moral. Dengan budpekerti moral, insan sanggup menghargai setiap acara ekonomi yang dilakukan oleh orang lain.

 Amatilah pakaian yang kau kenakan! Bagaimana berlangsungnya proses produksi pakaian? Proses menghasilkan pakaian membutuhkan waktu yang lama. Untuk menciptakan pakaian produsen pakaian membutuhkan materi baku berupa kain dan benang. Kain sanggup diperoleh dari perusahaan pemintalan benang. Bahan baku benang berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan flora kapas. Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Kemudian benang ditenun di pabrik tenun sampai menjadi kain. Selanjutnya, kain sanggup dibentuk pakaian oleh penjahit. Begitulah proses panjang produksi pakaian. Banyak pihak yang terlibat dalam proses produksi ini. Ada petani flora kapas, pekerja pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Begitu panjangnya proses produksi ini hendaknya kita perlu menghargai acara perjuangan ekonomi orang lain.



Apa kesannya kalau kita tidak menghargai acara orang lain dalam perjuangan ekonomi?

jika para pelaku perjuangan ekonomi tidak kita hargai jasa - jasanya maka akan berdampak pada putusnya rangkaian acara ekonomi. Sebagai referensi penghargaan kita terhadap petani adalah, membeli gabah atau beras dari hasil panen mereka secara langsung.

Belum ada Komentar untuk "✔ Sampah Bahan Dan Kunci Balasan Buku Siswa Kelas V Tema 2 Sub Tema 3 Pembelajaran 3"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel