✔ Cara Berkembang Biak Binatang Dan Contohnya

Perkembangbiakkan Hewan, - Seperti halnya makhluk lain, binatang juga berkembangbiak untuk melestarikan keturunannya. Hewan dalam berkembang biak di bedakan menjadi 3 cara yaitu berkembang biak secara Vivipar, ovipar, dan Ovovivipar.

Dari ketiga jenis atau cara binatang berkembang biak di atas sanggup di uraikan sebagai berikut :

1. Berkembang Biak Vivipar

Vivipar ialah binatang yang cara berkembang biaknya dengan melahirkan atau beranak. Cara perkembangbiakkan binatang ini biasanya terjadi pada binatang mamalia atau binatang yang menyusui. Perkembangbiakkan ini di lakukan dengan cara pembuahan sel jantan terhadap sel telur betina dan terjadi di dalam tubuh. Dari cara tersebut akan menghasilkan spesies gres dari jenisnya yang akan di lahirkan dari induknya.

Induk akan mengandung anaknya dalam beberapa waktu kalau sudah saatnya nanti gres di lahirkan atau keluar dari perut sang induk. Di dalam kandungan, anak tersebut menerima asupan masakan dari dari induknya untuk membentuk penyempurnaan tubuhnya.

Ciri dari binatang mamalia ialah mempunyai daun telinga, dan mempunyai punting susu. Dan teladan binatang yang berkembang biak dengan Vivivpar ialah sebagai berikut Sapi, Kambing, Kucing, Kelinci, Kuda, Harimau, Kerbau dan lain lain.

2. Berkembang Biak Ovipar

Ovipar ialah binatang yang berkembang biak dengan cara bertelur. Pembuahan pada binatang ovipar terjadi di dalam badan (internal) dan pembuahan di luar badan (external). Contoh binatang yang berkembang biak dengan ovipar ialah ayam, bebek, itik, burung, ikan dan serangga.


Pada perkembang biakkan Ovipar terjadi perbedaan pembuahan dan cara merawat telurnya pada hewan-hewan tertentu. Berikut ialah perbedaan cara perkembangbiakkan ovipar tersebut :

a. Ikan dan Amphibi

Walaupun sama sama tergolong ovipar, ikan dan amphibi beda dengan unggas cara mengerami telurnya. Untuk ikan dan amfibi tidak mengerami telur menyerupai nggas sampai menetas. Telur ikan dan amfibi akan menetas dengan sendirinya tanpa di erami oleh induknya. Sedangkan pembuahan pada ikan dan amfibi terjadi di luar atau external.

Yang di maksud pembuahan external ialah sehabis telur di keluarkan dari perut induk betina barulah sang jantan mengeluarkan spermanya untuk membuahi telur telur tersebut. Maka hal ini di sebut dengan pembuahan luar atau external.

b. Unggas

Unggas merupakan binatang yang termasuk jenis burung alasannya ialah dengan ciri yakni mempunyai sayap, bulu, paruh, dan berkaki dua. Perkembangbiakkan unggas dengan cara ovipar atau bertelur. Hewan yang cara perkembang biakkkannnya dengan cara bertelur menyerupai ayam, bebek, dan burung. Hewan unggas mengerami telurnya sampai menetas. Ayam dan burung dalam mengerami telurnya selama 21 hari. Perkembangbiakkan ini terjadi di dalam badan atau internal.

3. Berkembang Biak Ovovivipar

Ovovivipar ialah binatang yang berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak. Maksudnya embrio pada binatang ini tumbuh di dalam telur akan tetapi telur tersebut berada pada badan sang induk. Lalu sehabis telur tersebut menetas di dalam badan induknya, barulah anak tersebut di keluarkan dari dalam badan induknya. Contoh binatang yang berkembang biak dengan cara ovovivivpar ialah ikan hiu, ikan pari, buaya, kadal dan kuda laut.



Artikel Terkait :

berkembang biak hewan
cara berkembang biak hewan
cara berkembang biak binatang dan contohnya
cara berkembang biak binatang dan tumbuhan
berkembang biak binatang ayam
berkembang biak binatang dan tumbuhan
berkembang biak binatang kucing
berkembang biak binatang secara vegetatif
cara berkembang biak binatang anoa
cara berkembang biak binatang ovipar

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Berkembang Biak Binatang Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel