✔ Alasan Mengapa Pupil Mata Kucing Berbentuk Lurus Vertikal

Alasan Mengapa Pupil Mata Kucing Berbentuk Lurus Vertikal ✔ Alasan Mengapa Pupil Mata Kucing Berbentuk Lurus Vertikal
sumber - sains komapas

Gurune.net - Pernahkah teman bertanya-tanya mengapa pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal ibarat seakan mempunyai mata yang menyeramkan? Sebuah studi terbaru menjelaskan alasannya yakni secara ilmiah. Bentuk pupil tersebut dikatakan berkaitan pada cara berburu yang menjadi ciri khas kucing dan juga beberapa predator lainnya.

Mata Pada Hewan Predator

Pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal ini tidak hanya dimiliki oleh kucing namun juga umum di antara pemangsa terutama karnivora nokturnal yang menyerang mangsanya di malam hari. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian gres yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances namun sanggup kau baca ulasannya di www.anekahewan.com.

Kemungkinan besar alasan dari bentuk pupil ini yakni untuk mengukur secara akurat dan tajam jarak dengan mangsa termasuk jarak lompatan dalam menerkam mangsanya. Dalam penelitian terbaru tersebut tidak hanya menjawab pertanyaan mengapa bentuk pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal namun juga beberapa bentuk lainnya.

Mata Pada Hewan Mangsa

Pupil berbentuk persegi panjang horisontal, ibarat yang dimiliki oleh kambing dan domba, dianggap sanggup membantu hewan-hewan yang menjadi mangsa ini memindai cakrawala guna mencari predator. Bentuk pupil ini berlawanan dengan fungsi pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal yang dimilki para predator.

Pupil berbentuk persegi panjang horisontal ini dimiliki oleh mangsa yang fungsinya menganalisa medan saat berlari dari bahaya. Selain dua bentuk pupil mata tersebut ternyata masih ada bentuk pupil lainnya ibarat pupil melingkar cenderung ditemukan pada predator tinggi dan aktif yang terjaga di siang hari, apakah anda tahu siapakah itu?

Penelitian Bentuk Pupil Mata Makhluk Hidup

Penelitian bahwa pemangsa cenderung mempunyai pupil lurus vertikal ibarat pupil mata kucing berbentuk lurus dan pupil binatang mangsa yang horisontal dimulai semenjak 1940-an meski tidak dicari perbedaannya. Hal tersebut dijelaskan oleh Martin Banks yang merupakan seorang peneliti di University of California, Berkeley. 

Untuk mengetahui kebenaran di balik bentuk pupil mata kucing berbentuk lurus dan juga bentuk pupil mata lainnya, Banks dan timnya mengumpulkan database dari 214 spesies binatang yang hidup di darat. Bentuk pupil masing-masing spesies diteliti dengan keterkaitan kebiasaan mencari makan baik dalam acara siang atau malam hari.

Namun, penelitian Banks tidak sanggup menjelaskan dan memastikan fungsi pupil mata berbentuk bulat yang ada pada beberapa spesies binatang juga manusia. Banks hanya menyimpulkan bahwa pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal untuk binatang pemburu sedangkan pupil horizontal dimiliki oleh mangsa yang melarikan diri dari serangan. 

Para peneliti kini ingin mempelajari interaksi antara retina dan pupil, terutama di mata dengan bentuk pupil horizontal. Banyak binatang dengan pupil horisontal mempunyai retina "smear", kata Banks, dengan kepadatan yang lebih tinggi dari reseptor cahaya dalam garis horizontal yang melintasi retina.

Sebaliknya, insan mempunyai tempat melingkar yang disebut fovea yang sangat padat. Hak tersebut yang tidak memungkinkan kita untuk melihat dalam gelap ibarat pada predator nokturnal yang berburu di malam hariseperti pada pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal. Temukan fakta menarik lainnya di www.anekahewan.com.

Bentuk Pupil Lainnya

Tim peneliti juga ingin meneliti bentuk pupil mata yang lebih aneh. Beberapa kadal, misalnya, mempunyai pupil yang menyempit ibarat menjadi tiga atau empat lubang jarum yang ditumpuk secara vertikal. Cephalopoda ibarat cumi-cumi ini juga mempunyai pupil mata yang benar-benar aneh, pupilnya ibarat berbentuk karakter "W".  

Bahkan beberapa cumi -cumi mempunyai pupil yang berbentuk ibarat bulan sabit. Makara pupil mata kucing berbentuk lurus vertikal ini bukanlah satu-satunya jenis pupil yang gila bagi kita. "Ada banyak yang sangat gila di luar sana," tambah Banks. Unik ya? 

Itulah ulasan tentang Alasan Mengapa Pupil Mata Kucing Berbentuk Lurus Vertikal.

Belum ada Komentar untuk "✔ Alasan Mengapa Pupil Mata Kucing Berbentuk Lurus Vertikal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel