✔ Pola Soal Skb Cpns 2020 Guru Kelas Sd

Contoh Soal SKB CPNS 2020 Guru Kelas SD, Purwomp.com - Soal dibawah merupakan soal lanjutan dari Contoh Soal SKB Guru Kelas PGSD CPNS 2020. Untuk mempersiapkan diri sehabis lulus ujian SKD dan yang memenuhi Passing Grade ialah berguru Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).


Dan perlu diketahui jikalau pada ujian SKB ini harus benar benar sanggup melihat waktu alasannya ialah soal di SKB kebanyakan soal dongeng yang menggambarkan profesi yang kita pilih. Pada tes ini juga harus memperhitungkan juga nilai kita pada SKD terdahulu, jikalau nilai SKD kita kecil maka nilai SKB harus lebih besar dari lawan lawan kita.

Untuk menyiapkan diri dengan baik maka berguru mengerjakan soal soal SKB merupakan hal yang bagus. Agar dalam menghaapi ujian selanjutnya sanggup mengerjakan dengan baik dan mendapat nilai yang manis atau yang di inginkan. Serta sanggup lulus di perekrutan CPNS tahun 2019 2020 ini sehingga menjadi PNS yang berguna.

DownloadContoh Soal SKB CPNS 2020 Guru Kelas SD
               
                  > Contoh Soal SKB CPNS 2020 Guru Kelas SD Jilid 2

Contoh Soal SKB CPNS 2020 Guru Kelas SD


51. Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....

A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.

JAWABAN : A

52. Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...

A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak

JAWABAN : C

53. Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang tiba membayang
( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...

A. Batang usiaku sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan

JAWABAN : A

54. Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau. Mereka ialah burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan Burung Gereja.

Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.

Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang sanggup dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.

Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman- temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia kemudian berjalan ke tepi hutan. Di daerah Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka meratapi kesombongannya.

Amanat yang sanggup kita petik dari dongeng tersebut ialah ...

A. Kita dilarang menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita dilarang memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.

JAWABAN : A

55. Perhatikan cuplikan obrolan berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi kiprah kalian sanggup sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline   : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”
Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya lapang dada saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari balasan ulangan
kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu? ( usang Aline dan Chelsea termangu )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan kiprah karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”

Karakter Bu Guru dalam drama di atas ialah ...

A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana

JAWABAN : B

56. Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...

A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368

JAWABAN : B

57. Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1, jikalau f (a) = 10,
hitunglah nilai a yang mungkin.

A. a = 3 atau a = -3
B. a = -3 atau a = 3
C. a = -3 atau a = -3
D. a = 3 atau a = 3

JAWABAN : B

58. Nilai x yang memenuhi sistem persamaan ¹/𝑥 + ¹/𝑦 = 10 dan ⁵/𝑥 - ²/𝑦 = 26, ialah ....

A. -²/₃
B. -¹/₆
C. ¹/₇
D. ¹/₂

JAWABAN : C

59. Harga 2 koper dan 5 tas ialah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas ialah Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas ialah ...

A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00

JAWABAN : B

60. Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut ialah ...

A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12

JAWABAN : B

61. Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000.
Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?

A. Rp. 30.000
B. Rp. 32.000
C. Rp. 40.000
D. Rp. 50.000

JAWABAN : D

62.


JIka besar sudut a ialah 70 derajat maka besar sudut e ialah ... derajat

A. 90
B. 100
C. 110
D. 120

JAWABAN : C

63. Perhatikan sifat-sifat bangkit datar berikut !

1) mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3) mempunyai sudut siku-siku
4) mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5) mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang ialah ....

A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)

JAWABAN : D

64. Hasil pencerminan terhadap garis x dari bangkit di bawah ini ialah ....



A.

B.

C.

D.

JAWABAN : B

65. Novi mengendarai kendaraan beroda empat dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai kendaraan beroda empat dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora ialah 125 km dan mereka berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?

A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30

JAWABAN : B

66. Data nilai siswa kelas VI berturut turut ialah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data tersebut berapakah mediannya?

A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5

JAWABAN : C

67. Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang hingga di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik pada terminal?

A. 17
B. 15
C. 13
D. 11

JAWABAN : A

68. Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut ialah 12 m. Berapakah kelilingnya?

A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m

JAWABAN : D

69. Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut ialah 110 dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut ialah ....

A. 308
B. 318
C. 326
D. 344

JAWABAN : B

70. ⁴/₃𝑎 x 𝑎𝑏/₂ = ....

A. 2b/3
B. b/3
C. 2b/3a
D. 4b/3

JAWABAN : A

71. Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Geometri
Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!

A. 2048 C. 2047
B. 2049 D. 2046

JAWABAN : A

72. Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi pengukuran Sebuah kolam mandi diisi air mulai pukul 07.20 hingga dengan pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam kolam mandi tersebut?

A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter

JAWABAN : A

73. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Statistika Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa ialah 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan ialah ....

A. 9,10
B. b. 8,10
C. 7,10
D. 6,10

JAWABAN : B

74. Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika Dari pernyataan berikut ini, manakah yang merupakan ingkaran dari pernyataan Jakarta Ibukota RI.

A. Jakarta bukan ibukota RI
B. Jakarta ialah ibukota RI
C. Benar bahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benar bahwa Jakarta bukan Ibu kota dari RI

JAWABAN : A

75. Menentukan alat peraga dalam pembelajaran bilangan Bu Ani ingin mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 ihwal nilai daerah suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat dipakai Bu Ani dalam
Pembelajaran tersebut adalah...

A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku

JAWABAN : B

76. Mengklasifikasikan alat peraga dalam pembelajaran Geometri dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan meter.Alat peraga yang sebaiknya dipakai supaya pembelajaran menarik adalah...

A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis

JAWABAN : A

77. Menentukan alat ukur dalam pembelajaran geometri dan pengukuran Ketidak pastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita memakai mistar atau penggaris, maka ketidak pastiannya ialah sama dengan....
A. 0,05 cm C. 0,1 cm
B. 0,01 cm D. 1 cm

JAWABAN : A

78. Memecahkan Pembelajaran IPS SD (diberikan kasus dalam pembelajaran, penerima sanggup menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut Bu,fitri ialah guru SD Negeri 2 Sukamakmur ,mengajar di kelas Beliau memperlihatkan pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak – anak berbaris di depan kelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangan dan telinga.Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anak diajak berdoa dan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum memperlihatkan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yang tidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangkit tidur ku terus mandi,tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan daerah tidurku.
Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri adalah...

A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak – anak hanya membisu saja dikala diberi pertanyaan dalam pembelajaran lantaran guru kurang memotivasi anak
D. Guru memperlihatkan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran

JAWABAN : C

79. Menegaskan Fokus utama kajian pembelajaran IPS diSD (diberikan kasus pola Hari selasa, dikala pelajaran IPS pak Sunarto akan memperlihatkan materi pada anak- anak ihwal silsilah keluarga. Waktu pelajaran ialah 2 x 35 menit. Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan pertanyaan pada para siswa untuk mengawali pelajaran.
“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?”
“ iya pak, punya.” Jawab semua siswa srentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja yang dirumah kalian yang masuk dalam anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan skema dan foto silsilah keluarga. Anak- anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri klarifikasi dengan memperlihatkan pertanyaan pada siswa
“ apakah kalian sudah mengerti semua ihwal silsilah keluarga yang sudah bapak jelaskan,,?” Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang terang atau bingung, anak- anak boleh bertanya ”
“ tidak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memperlihatkan kiprah kepada siswa biar dikerjakan sendiri- sendiri. Pak Sunarto yakin, niscaya nilai anak- anak memuaskan lantaran anak- anak berhasil menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama dengan kiprah yang di jelaskan pak Sunarto, hanya saja diganti nama- nama pada skema silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan sehabis di koreksi ternyata jadinya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapat nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak Sunarto, kecuali.....

A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan penugasan
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah memberikan tujuan pembelajaran

JAWABAN : D

80. Membedakan pengertian IPS dan Ilmu social
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?

A. Ilmu-Ilmu sosial memutuskan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial memutuskan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial ialah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.

JAWABAN : D

81. Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD
Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .

A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu, Sistem Sosial dan Budaya, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu

JAWABAN : B

82. Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD
Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?

A. Menolong siswa untuk menyebarkan bakatnya
B. Membantu siswa dalam memilih impian yang ingin diraihnya di masa mendatang
C. Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk berekspresi lingkungan masyarakat
D. Memberikan kepada Siswa pengetahuan ihwal pengalaman insan dalam kehidupan ber masyarakat pada masa lalu, kini dan masa akan datang

JAWABAN : D

83. Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa
Bagi siswa mempelajari sejarah mempunyai beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .

A. Membangun kesadaran penerima didik ihwal pentingnya waktu dan daerah yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
B. Menumbuhkan pemahaman penerima didik terhadap landasan perilaku yang akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis penerima didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan penerima didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau

JAWABAN : B

84. Mengurutkan perkembangan sejarah di Indonesia
Bagaimana keadaan Indonesia sehabis adanya perjanjian KMB?

A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia

JAWABAN : C

85. Menjelaskan korelasi pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikan soal kasus)
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial mempunyai kaitan dan pemberian kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang memakai teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering dipakai sejarawan, kecuali. . .

A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti

JAWABAN : D

86) Menemukan makna Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari
Eko ialah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaimana sebaiknya perilaku Eko?

A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar lantaran Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully lantaran Rully bukan sahabat dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka lantaran mereka semua pandai
D. Eko bersedia berkelompok dengan siapapun lantaran semua ialah teman

JAWABAN : D

87. Menggali pengalaman butir-butir Pancasila
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan perilaku dan suasana kekeluargaan dan kegotong royongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .

A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima

JAWABAN : D

88. Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan kasus salah satu suku bangsa di Indonesia)
Bangsa Indonesia mempunyai ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing- masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional.
Berikut ciri-ciri salah satu suku yang ada di pulau Jawa :
- Tidak di perkenankan memakai kendaraan untuk sarana transportasi
- Tidak di perkenankan memakai bantalan kaki
- Larangan memakai alat elektronik
- Pintu rumah harus menghadap utara/selatan
Suku tersebut adalah. . .

A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak

JAWABAN : C

89. Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus)
Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah.
Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia ialah . . .

A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan

JAWABAN : A

90. Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD
Pada pembelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan gampang diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus dipakai pak Ridwan?

A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio

JAWABAN : A

91. Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan tersebut ialah manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...

A. Sejarah sanggup memperlihatkan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah sanggup dipakai sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah sanggup dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah sanggup mengetahui kejadian masa lampau

JAWABAN : B

92. Apakah persamaan korelasi antara sejarah dengan antropologi..

A. Menempatkan insan sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B. Keduanya memperlihatkan proses yang meliputi keterlibatan para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya

JAWABAN : A

93. Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal Ika dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang- Undang Negara nomor..

A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009

JAWABAN : C

94. Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa potensi yang belum dimanfaatkan lantaran banyak sekali keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi sumber daya yang ada yaitu...

A. Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing
B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa materi mentah
C. Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapat pembelajaran dan pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih

JAWABAN : C

95. Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Dimana keduanya mempunyai manfaat dan tujuan yang sama yaitu...

A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D. Sebagai sumber kekayaan alam

JAWABAN : A

96. Dibawah ini yang bukan termasuk tanda-tanda alam biotik yaitu...

A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi

JAWABAN : D

97. Metamorfosis ialah suatu proses perkembangan biologi pada binatang yang melibatkan perubahan penampilan fisik sehabis kelahiran atau penetasan. Dibawah ini ialah pola serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...

A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut

JAWABAN : A

98. Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu, bernapas menggunakan...

A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit

JAWABAN : C

99. Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya ialah dengan melaksanakan reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...

A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan

JAWABAN : B

100. Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah berair dan sampah kering. Hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...

A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka

JAWABAN : B

Demikian Contoh Soal SKB CPNS 2020 Guru Kelas SD yang sanggup kami bagikan semoga bermanfaat dan sanggup mendapat nilai yang diinginkan serta sanggup lulus CPNS tahun 2020 ini.

BACA JUGA : Contoh Soal SKB Guru Kelas PGSD CPNS 2020

Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Soal Skb Cpns 2020 Guru Kelas Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel