✔ Materi Konduktor Dan Isolator : Materi Dan Kunci Jawaban

- Bahan Konduktor dan Isolator : Materi dan Kunci Jawaban. Pada Sub Tema 3 Tema 6 Buku Siswa Kelas V Semester 2 Terdapat materi Pengaruh Kalor Terhadap kehidupan. Untuk pembelajaran 1 sendiri ada sebuah materi bacaan berjudul " Bahan Konduktor dan Isolator ". Dalam Bacaan tersebut ada beberapa hal gres yang bisa menambah pengetahuan siswa terkait penghambat panas dan penghantar panas, dalam bacaan tersebut di uraikan arti isolator, konduktor, semikonduktor dan teladan materi - materi kategori tersebut. Sebagai kiprah atau latihan dalam pembelajaran 1 ini terbagi menjadi ayo membaca, ayo menulis, ayo mengamati dan ayo renungkan. Untuk lebih jelasnya wacana pembelajaran 1, mari kita berguru bersama wacana materi " Bahan Konduktor dan Isolator, gurune juga akan berikan teladan tanggapan setiap kiprah pada materi ini.

Baca Juga : Perpindahan Kalor secara Radiasi


 Terdapat materi Pengaruh Kalor Terhadap kehidupan ✔ Bahan Konduktor dan Isolator : Materi dan Kunci Jawaban

Masih ingatkah kau mengenai perpindahan panas atau kalor dengan cara konduksi? Perpindahan panas dengan cara ini, memerlukan zat mediator yang membantunya mengalirkan panas dari sumber panas ke benda yang lain. Ingatlah bahwa panas mengalir dari daerah yang panas menuju daerah yang lebih dingin. Ada mediator panas yang sanggup menghantarkan panas dengan baik, ada yang tidak. 


Ayo Membaca 

Lani menentukan benda yang terbuat dari materi kayu untuk mengaduk kuah panas, alasannya ialah ia tidak ingin tangannya kepanasan. Di sekitar kita, terdapat banyak bahan  yang sanggup menghantarkan panas dengan baik dan ada juga yang tidak menghantarkan panas dengan baik. Bacalah bacaan berikut ini dengan saksama! Salah satu sumber bacaan berikut ini berasal dari buku elektronik, 


yaitu buku yang dimuat secara digital. Untuk melihat isinya, diharapkan jaringan internet dan alat elektronik ibarat telepon genggam atau komputer pribadi. Oleh karenanya, buku elektronik menjadi salah satu media elektronik yang juga sering dipakai oleh masyarakat modern.


Bahan Konduktor dan Isolator

Di sekitarmu terdapat banyak benda dengan banyak sekali macam bahan.  Pemilihan materi didasarkan pada sifat yang dimiliki materi tersebut.  Misalnya, benda yang sanggup menghantarkan panas dan benda yang tidak sanggup menghantarkan panas. Ada benda yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas dengan baik. Ada pula benda yang tidak sanggup menghantarkan panas. Bahan yang sanggup menghantarkan panas dengan baik disebut dengan konduktor. Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas disebut dengan isolator. Sedangkan ada materi yang sedikit sanggup menghantarkan panas yang disebut dengan materi semikonduktor. 


 Terdapat materi Pengaruh Kalor Terhadap kehidupan ✔ Bahan Konduktor dan Isolator : Materi dan Kunci Jawaban
Bahan Konduktor dan Isolator
Bahan konduktor yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari, biasanya terbuat dari materi logam. Panci, wajan penggorengan, dan beberapa peralatan masak di dapur terbuat dari logam. Jenis logam yang paling sering dipakai un tuk menciptakan alat-alat tersebut antara lain besi, aluminium, dan tembaga. 

Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas disebut isolator.  Beberapa materi yang termasuk sebagai isolator, antara lain ialah kayu, kain, dan plastik. Penggunaan bahan-bahan ini banyak sekali dijumpai di sekitar kita.

Penggunaan materi konduktor dan isolator, sanggup diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat. Perhatikanlah gambar di bawah ini!  

 Terdapat materi Pengaruh Kalor Terhadap kehidupan ✔ Bahan Konduktor dan Isolator : Materi dan Kunci Jawaban


Panci yang biasa dipakai untuk memanaskan air ini terdiri atas materi yang berbeda. Ada materi yang berfungsi sebagai konduktor, ada yang berfungsi sebagai isolator. Pada gambar tersebut, terlihat bahwa penggunaan materi isolator mempunyai kegunaan untuk mencegah panas dari sumber panas dialirkan ke pengguna panci.  Aliran panas berhenti pada materi isolator alasannya ialah materi tersebut, tidak sanggup mengalirkan panas secara konduksi dari sumber panas. Sehingga, penggunaan materi isolator terutama untuk melindungi pemakai alat supaya tidak kepanasan dan sanggup memakai alat tersebut sebagaimana mestinya.


Sumber : Buku Siswa Kelas V SD/MI Hal 137-138


Ayo Menulis


Perhatikan dengan saksama bacaan di atas, dan kau akan menemukan beberapa kata yang dicetak miring. Tuliskan kata-kata tersebut di dalam tabel berikut, kemudian carilah artinya dengan memakai kamus.  Buatlah paling sedikit dua kalimat dengan memakai kata-kata tersebut dengan memakai kalimat lengkap dan kata yang baku.


Contoh Kunci Jawaban ( arti dan kalimat dari bacaan " Bahan Konduktor dan Isolator )  :


Bahan = Bahan adalah barang yang dibutuhkan untuk menciptakan sesuatu - Kalimat dari kata bahan ( Logam merupakan materi konduktor yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari - hari )

Menghantarkan = Menghantarkan berarti meneruskan.- Kalimat dari kata menghantarkan ( Kayu ialah teladan benda yang sulit menghantarkan panas )

Konduktor = Konduktor berarti materi yang sanggup menghantarkan panas dengan baik - Kalimat dari kata konduktor ( Bahan dasar dari panci termasuk dalam kategori materi konduktor  )

Isolator = Isolator berarti Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas - Kalimat dari kata isolator ( Kayu pada gagang sorok termasuk isolator yang berfungsi meredam panas dari logam pada sorok )

Semi Konduktor = Semikonduktor berarti bahan yang sedikit sanggup menghantarkan panas - Kalimat dari materi semikonduktor ( pada rangkaian elektronik banyak banyak dipakai materi semikonduktor )

Alat = Alat berarti benda yang dipakai untuk mempermudah pekerjaan - Kalimat dari kata alat ( Di dapur banyak ditemui alat memasak dengan materi konduktor )


Hal-hal penting dari bacaan " Bahan Konduktor dan Isolator


Paragraf ( Satu ) - Berdasarkan sifat yang dimiliki bahan, sifat materi dibagi menjadi tiga yaitu ( konduktor, isolator dan semikonduktor )

Paragraf ( dua ) - Bahan Konduktor yang sering dipakai dalam kehidupan sehari - hari, biasanya terbuat dari materi logam ibarat besi, alumunium dan tembaga

Paragraf ( tiga ) - Bahan yang tidak sanggup menghantarkan panas disebut isolator.

Paragraf ( empat ) - Penggunaan materi konduktor dan isolator, sanggup diterapkan secara bersamaan pada sebuah alat.

Dengan memakai hal-hal penting yang kau tuliskan dalam bentuk kalimat di atas, kau sanggup juga menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan.  Gunakan diagram  untuk menjelaskannya. 


Contoh diagram pokok pikiran setiap paragraf dari bacaan " Bahan Konduktor dan Isolator "



 Terdapat materi Pengaruh Kalor Terhadap kehidupan ✔ Bahan Konduktor dan Isolator : Materi dan Kunci Jawaban
diagram pokok pikiran ( bacaan Bahan konduktor dan isolator )

Ayo Mengamati

Berdasarkan bacaan di atas, kau tahu bahwa banyak benda di sekitar kita yang mempunyai kemampuan menghantarkan panas yang berbeda. 

Bagaimana cara untuk mengetahui kemampuan menghantar sebuah benda? Berikut ini ialah aktivitas yang sanggup kita lakukan untuk memeriksa kemampuan menghantarkan panas pada materi yang berbeda-beda.  

Lakukanlah aktivitas ini di dalam kelompok. Siapkan alat dan materi yang diperlukan, kemudian ikutilah langkah kegiatannya. Amati dan catat setiap perubahan yang terjadi. 

Alat dan bahan: 


  1. Batang besi yang panjangnya lebih kurang 50 cm. 
  2. Batang tembaga panjang lebih kurang 50 cm. 
  3. Sumpit bambu yang ujungnya diikat dengan karet gelang.
  4. Sumpit dari materi plastik, ujungnya diikat dengan karet gelang. 
  5. Bahan kain untuk memegang benda panas 
  6. Lilin. 
  7. Korek api.


Langkah-langkah kegiatan: 


 Terdapat materi Pengaruh Kalor Terhadap kehidupan ✔ Bahan Konduktor dan Isolator : Materi dan Kunci Jawaban

Jawablah pertanyaan berikut ini menurut aktivitas di atas. 


Kunci tanggapan percobaan kemampuan menghantarkan panas


1. Apakah yang terjadi pada ketika kau memegang batang besi dan tembaga dengan memakai sumpit yang terbuat dari bambu? 

jawaban : batang besi dan tembaga yang dipegang dengan sumpit bambu tidak terasa panas

2. Mengapa demikian?

jawaban : alasannya ialah batang sumpit bambu merupakan materi isolator

3. Apakah yang terjadi pada ketika kau memegang batang besi dan tembaga dengan memakai sumpit dari materi plastik? 

jawaban : tidak terasa panas

4. Mengapa demikian?

jawaban : alasannya ialah sumpit dari materi plastik juga merupakan materi isolator ( sulit menghantarkan panas )

5. Apakah yang terjadi pada ketika kau memegang batang besi dan tembaga dengan memakai materi kain? 

jawaban : tidak merasa panas

6. Mengapa demikian?

jawaban : alasannya ialah kain juga merupakan materi isolator ( sulit menghantarkan panas )

jawaban : alasannya ialah kain juga merupakan materi isolator

7. Pada percobaan di atas, materi manakah yang berfungsi sebagai konduktor?

jawaban : pada percobaan diatas yang dijadikan sebagai konduktor ialah batang tembaga

8. Pada percobaan di atas, materi manakah yang berfungsi sebagai isolator?

jawaban : isolator dari percobaan diatas yaitu sumpit bambu, sumpit plastik dan kain

9. Sebutkanlah paling sedikit 3 materi lain yang berfungsi sebagai isolator!

jawaban : styrofoam, karet, plastik



10. Tuliskanlah kesimpulan yang kau dapatkan dari aktivitas percobaan di atas.

jawaban :


 Terdapat materi Pengaruh Kalor Terhadap kehidupan ✔ Bahan Konduktor dan Isolator : Materi dan Kunci Jawaban
kesimpulan
Demikian pembahasan materi " bahankonduktor dan isolator ', yang merupakan materi sub tema 3 , tema 6 kelas V semester 2. Materi dan teladan kunci tanggapan pada pembahasan yang telah gurune uraikan disini semoga bermanfaat.

share ke guru maupun walimurid kelas v lainya.

#materikelasvsdmi
#kelasvsd
#kelasvmi


Belum ada Komentar untuk "✔ Materi Konduktor Dan Isolator : Materi Dan Kunci Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel