✔ 10+ Peluang Perjuangan Peternakan Yang Menjanjikan 2020

Usaha Peternakan 2020, Purwomp.com - Peluang perjuangan peternakan yang di geluti oleh sebagian orang banyak sekali. Usaha peternakan ini kalau di geluti dengan baik maka akan menghasilkan laba yang besar. Usaha peternakan ini akan selalu diminati oleh sebagian orang. Karena semua orang akan butuh baik itu daging maupun telur dari setiap peternakan itu.

source : pixabay.com

Jika kita melihat pasar maka akan melihat banyak orang berjualan hasil dari peternakan. Mulai dari daging, telur ataupun susu, yang akan selalu di butuhkan oleh setiap orang dalam memenuhi kebutuhan protein tubuhnya.

Namun dalam menjalankan perjuangan peternakan ini tidak begitu mudah. Kita perlu mencari info informasi terlebih dahulu cara cara beternak yang baik. Mulai dari pembibitan hingga pemanenan serta cara mengatasi aneka macam penyakit.

Bukan hanya itu saja dalam menjalankan perjuangan peternakan, kita juga membutuhkan modal yang besar. Modal modal itu akan kita gunakan dalam pembuatan kandang, bibit dan kuliner untuk ternak kita nantinya. Semua itu akan terbayarkan semua kalau perjuangan peternakan yang kita lakukan berhasil.

Demi keberhasilan dalam menjalankan perjuangan peternakan ini kita perlu yang namanya ketekunan, keuletan, kerajinan serta kebersihan yang harus kita jaga. Jika itu semua tidak kita lakukan hingga kapanpun tidak akan berhasil.

Berikut yaitu jenis perjuangan peternakan yang ada di sekitar kita dan sesuaikan minat dan kemampuan anda :

1. Peternakan Ayam

Semua orang di belahan dunia ini tahu yang namanya ayam. Sebab binatang unggas satu ini di belahan dunia manapun ada. Usaha yang sering di lakukan masyarakat pada jenis unggas satu ini terbagi menjadi dua yakni peternakan ayam pedaging dan petelur.

1.a. Peternakan Ayam Pedaging

Usaha jenis ini juga di bagi menjadi dua yakni semi intensif dan intensif, artinya sanggup dilakukan dengan cara pembesaran secara diumbar dan secara dikandang.

Di pedesaan banyak masyarakat yang memelihara ayam untuk diambil dagingnya dalam pemeliharaannya hanya dengan diumbar diluar sangkar dan makanannya pun seadanya. Artinya ayam itu mencari makan dengan sendiri ataupun di beri pakan pada waktu pagi dan sore hari menjelang malam.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Bagi Pemula

1.b. Peternakan Ayam Petelur

Untuk perjuangan ayam petelur, tentunya yang diambil cuma telurnya saja. Untuk perjuangan jenis ini kita membutuhkan modal yang cukup besar yakni untuk pembuatan kandang. Kandang sendiri harus secara baterai artinya dalam satu sangkar hanya sanggup diisi dengan satu ayam saja. Bisa juga kita gunakan sangkar koloni artinya dalam satu sangkar banyak ayam dijadikan satu sangkar (kurang efektif).

Kalau ingin perjuangan jenis ayam petelur sanggup memakai 2 jenis ayam yakni ayam horn dan ayam arab. Kedua jenis ayam ini sudah di khususkan untuk diambil telurnya saja. Untuk jenis yang lainnya diambil dagingnya.

Jika anda berkeinginan perjuangan beternak ayam mulailah mencari info informasi baik itu secara online maupun secara pribadi bertanya kepada ahlinya. Agar perjuangan yang akan kita lakukan berhasil.

2. Peternakan Bebek

Usaha peternakan angsa juga menyerupai perjuangan peternakan ayam yaitu terbagi menjadi 2 jenis. Peternakan angsa pedaging dan peternakan angsa petelur. Sama halnya menyerupai beternak pada ayam sanggup di sangkar dan juga diumbar.

2.a. Peternakan Bebek Pedaging

Dalam memelihara angsa pedaging ini yang diambil hanya dagingnya saja. Dalam pemeliharaannya pun cukup singkat yakni sekitar 3 bulan sudah sanggup diambil dagingnya. Untuk perjuangan jenis pedaging ini cukup menjanjikan laba yang besar. Sebab kita sanggup menekan biaya pakan dengan cara meliarkan angsa ke sawah yang sudah dipanen.

Nah, dengan begitu angsa sanggup mencari makan disawah berupa sisa sisa padi yang tercecer, makan cacing, makan keong, dan binatang binatang kecil lainnya. Sehingga dengan begitu untuk biaya pakan sanggup seirit mungkin.

2.b. Peternakan Bebek Petelur

Beda halnya dengan angsa pedaging, angsa petelur kita cukup banyak mengeluarkan modal biaya pakan. Karena kita membutuhkan pertolongan pakan angsa dari kecil hingga bertelur cukup usang yakni sekitar 6 bulan hingga 7 bulan.

Sebelum angsa mulai masa bertelur untuk menekan biaya pakan juga sanggup dilakukan menyerupai diatas yaitu meliarkan angsa disawah ataupun sungai. Akan tetapi sehabis angsa mulai bertelur dalam pertolongan pakan haruslah cukup. Jika pertolongan pakan kurang maka angsa akan lambat dalam bertelur.

3. Beternak Kelinci

Untuk ketika ini undangan akan daging kelinci cukup besar, dikarenakan para pedagang sate kelinci sudah cukup banyak maka dari itu beternak kelinci cukup menjanjikan. Kita sanggup memulai beternak kelinci dengan modal kecil yakni dengan memelihara sepasang terlebih dahulu. Setelah berjalannya waktu dan dirasa sudah cukup mumpuni dalam beternak sanggup menambah lebih banyak lagi indukan.

Baca Juga : Langkah Langkah Beternak Kelinci

Dari olahan kelinci bukan hanya sate saja banyak yang sudah menciptakan aneka macam jenis olahan dari daging kelinci menyerupai sosis, rica rica, abon, nugget dan masih banyak lagi lainnya. Jika kelinci kita sudah banyak kita juga sanggup menciptakan aneka macam olahan itu sendiri dan akan menerima laba yang lebih besar lagi.

4. Pembesaran Ikan Lele

Ikan lele sudah menjadi sajian kuliner direstoran dan warung makan pinggir jalan. Usaha satu ini juga cukup menjanjikan keuntungannya. Besarnya undangan pasar ikan lele perjuangan ini berpeluang di tahun ini.

Banyak orang mencari ikan ini alasannya yaitu kecilnya kolesterol serta kondusif dikonsumsi. Dalam perjuangan pembesaran ikan lele tidak perlu membutuhkan modal yang besar dan sudah sanggup menjalankan perjuangan ini. Waktu yang diharapkan pun cukup singkat dari menebar benih hingga panen yakni 2 bulan hingga 3 bulan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo

                     Cara Budidaya Ikan Gurame

5. Pembesaran Ikan Patin

Sama halnya ikan lele, ikan patin pun juga banyak undangan pasar. Ikan ini juga sudah menghiasi aneka macam sajian di restoran juga warung warung makan. Warung yang sering kita jumpai ada sajian ikan patin yakni rumah makan padang.

Banyaknya rumah makan padang yang ada di Indonesia ini mengakibatkan undangan ikan patin cukup besar. Maka dari itu perjuangan pembesaran ikan patin ini tidak ada ruginya. Akan tetapi untuk pembesaran ikan patin kita membutuhkan waktu yang cukup usang ykani sekitar 7 hingga 8 bulan. Walaupun usang harga dari ikan patin ini cukup besar per kilogramnya.

Itulah beberapa perjuangan peternakan yang sanggup kita lakukan sebagai perjuangan utama atau perjuangan sampingan. Semoga postingan ini sanggup menjadi ide bagi anda yang mencari peluang perjuangan berdasarkan minat dan kemampuan anda.

Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "✔ 10+ Peluang Perjuangan Peternakan Yang Menjanjikan 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel