✔ Acara Pkb Yang Rutin Setiap Tahun, Berikut Daftarnya


         Menurut Undang-undang Nomor 14 ihwal guru dan Dosen, guru merupakan sebuah profesi yang dituntut mempunyai kualifikasi pendidikan minimal sarjana dan mempunyai empat kompetensi, yaitu Pedagogik, pribadi, profesional, dan sosial. Untuk menunjang keempat kompetensi tersebut, maka pemerintah melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
PKB harus dilakukan oleh semua guru, baik PNS ataupun Non-PNS, sebab PKB tidak hanya bicara ihwal angka kredit, tapi jauh dibalik itu terkandung tujuan yang sangat mulia, yaitu untuk meningkatkan atau memperbaiki proses dan hasil berguru siswa. Untuk itu, hendaknya guru melakukan PKB sebagai sebuah kebiasaan, sehingga suatu dikala akan menjadi sebuah budaya.
Berbagai cara sanggup kita lakukan untuk mengembangkan kompetensi kita sebagai seorang guru, menyerupai melakukan penelitian tindakan kelas, mengembangkan media pembelajaran, menulis buku, mengikuti diklat, dan lain-lain.
Untuk melakukan PKB, guru harus mempunyai inisiatif dan aktif mencari informasi. Karena banyak ada kegiatan dari pemerintah yang sanggup diikuti. Sebagian besar kegiatan yang dilaksanakan Dirjen GTK, melalui beberapa tubuh di bawahnya, menyerupai kesharlindung Dikdas dan seluruh PPPPTK yaitu gratis dan mendapat fasilitas serta uang saku. Tentu tidak gampang untuk sanggup lolos dan mendapat pembinaan gratis tersebut. Namun yang terpenting yaitu kemauan. Mau belajar, mau berbagi, dan mau kerja keras.
Berdasarkan beberapa pengalaman kegiatan yang telah saya ikuti bersama teman-teman dari Bali, maka ada beberapa kegiatan yang biasanya rutin dilaksanakan setiap tahunnya.


Tabel Kegiatan PKB Rutin Setiap Tahun
No.
Nama Kegiatan
Penyelenggara
Syarat Peserta
waktu
Keterangan
1.
Sayembara Bahan Ajar
Badan Bahasa Kementerin Pendidikan Nasional
Umum
Pengumuman Naskah lolos Bulan Mei2018
Naskah menyesuaikan dengan tema
2.
Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Dikdas
Kesharlindung Dikdas
Guru SD dan Sekolah Menengah Pertama yang mempunyai NUPTK

Batas Pengiriman naskah Bulan Juni
Buat akun di kesharlindungdikdas.id
3.
Seminar Nasional
Kesharlindung Dikdas
Guru SD dan Sekolah Menengah Pertama yang mempunyai NUPTK
Seminar 1: Mei
(biasa bertahap)
Buat akun di kesharlindungdikdas.id
4.
Olimpiade Nasional Inovasi Pendidikan (ONIP)  Matematika
PPPPTK Matematika
Semua Guru Matematika termasuk Guru SD
Juli-Oktober
Tidak perlu NUPTK
5.
Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SenDiMat)
PPPPTK Matematika
Semua Guru Matematika termasuk Guru SD
Juli-Nopember
Tidak perlu NUPTK
6.
Lomba Penelitian Ilmiah Guru (LPIG)
HMJ Fisika undiksha
Semua Guru
Juli-September
Tidak perlu NUPTK

            Itulah beberapa kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun, sehingga naskahnya sanggup disiapkan dari awal tahun. Adapun langkah-langkah untuk mengawalinya adalah:
1     1. Mengidentifikasi problem yang terjadi terhadap hasil berguru siswa di kelas
       2. Mengidentifikasi penyebab masalah
3     3. Mencarikan solusi melalui penemuan yang dianggapkan tepat, baik media (pengembangan) atau               model (PTK)
4     4. Melakukan perencanaan yang baik, pelaksanaan dan laporan
5     5. Karya siap dipublikasikan

Selain itu, kita juga sanggup membiasakan menulis mulai dari hal-hal kecil, menyerupai menciptakan puisi. Banyak event lomba puisi yang sanggup kita ikuti, termasuk oleh siswa.
         Demikian yang sanggup saya sampaikan, biar bermanfaat. Guru mulia sebab karya. Karya yang dimaksud yaitu siswa kita, yang kita didik melalui aneka macam penemuan hingga menjadi berkhasiat bagi nusa dan bangsa. Inovasi itu kita laporkan sebagai bentuk santunan pemikiran dalam dunia pendidikan.

Salam Edukasi.

Belum ada Komentar untuk "✔ Acara Pkb Yang Rutin Setiap Tahun, Berikut Daftarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel