✔ Pengertian Dongeng Fiksi, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Contohnya

Gambar Latar Tempat Sebuah Cerita Fiksi (www.dosenpendidikan.com)

Cerita fiksi ialah kisah yang berupa rekaan atau khayalan penulis. Isi kisah sanggup murni berasal dari khayalan penulis, dan sanggup juga menurut fakta. Cerita fiksi yang dikarang menurut fakta diperoleh dari aneka macam pengalaman, baik pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain. Kemudian, pengalaman tersebut diolah menjadi materi kisah yang menarik. 

Ciri-ciri kisah fiksi: 
  1. merupakan kisah rekaan atau kisah positif yang diolah oleh pengarang. 
  2. bertujuan untuk menghibur dengan menceritakan suatu peristiwa. 
  3. disajikan dalam alur cerita. 
  4. menggunakan bahasa yang komunikastif. 
  5. menggunakan bahasa tidak baku. 
Ada aneka macam jenis kisah fiksi, di antaranya sebagai berikut. 
1. Cerita rakyat merupakan kisah yang berasal dari masyarakat dan berkembang dalam masyarakat pada masa lampau dan menjadi ciri khas di setiap bangsa. Pada umumnya kisah rakyat mengisahkan wacana suatu insiden di suatu tempat atau asal seruan suatu tempat. Tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam kisah rakyat umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia, dan dewa.  Jenis kisah rakyat antara lain: kisah jenaka, mite, fabel, legenda, dan saga. 
  • Cerita jenaka ialah kisah pendek berisi kebodohan atau kebijaksanaan seseorang dan menimbulkan senyum atau tawa bagi pembaca atau pendengar. Contoh: Pak Pandir, Pak Belalang, dan Lebai Malang. 
  • Mite ialah kisah berafiliasi dengan iman suatu benda, insiden gaib, alam gaib, atau yang dipercayai memiliki kekuatan gaib, ibarat dewa, peri, dan Tuhan. 
  • Fabel ialah kisah dengan tokoh-tokoh hewan yang diceritakan hidup dan bermasyarakat ibarat manusia. Contoh: Kancil dengan Buaya dan Burung Bangau. 
  • Legenda ialah kisah usang mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah, insiden alam, asal-usul suatu benda, atau insiden di suatu tempat atau daerah. Contoh: Terjadinya Gunung Tangkuban Perahu dan 
  • Saga ialah kisah usang yang mengandung unsur sejarah, contohnya kepahlawanan. Contoh: Calon Arang dan Lutung Kasarung. 

2. Cerpen ialah kisah fiksi yang memaparkan kisah ataupun kisah wacana kehidupan insan melalui goresan pena pendek. Cerpen sanggup tamat dibaca dalam sekali duduk. Contoh: cerpen-cerpen anak pada majalah atau surat kabar. 

3. Novel adalah kisah fiksi yang panjang dan mengandung rangkaian kisah kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak setiap tokoh. Contoh: Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.
Sumber: Buku Guru Kelas IV 2017.
                www.dosenpendidikan.com

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Dongeng Fiksi, Ciri-Ciri, Jenis, Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel