✔ Metode Training Guru Dengan Mengoptimalkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (Mgmp)
Terkait peningkatan kompetensi guru, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Supriano menerapkan metode pembinaan guru yang memakai metode MGMP. Metode ini masih memakai Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), tetapi beda dari cara pelaksanaan.
Skema pembinaan terdahulu yakni guru-guru dikumpulkan dan diberi paparan teoretis bersifat searah. Setelah itu, mereka kembali ke sekolah masing-masing tanpa ada pengawasan lanjutan mengenai penerapan dan keberhasilan bahan hasil pelatihan.
Pelatihan yang gres memakai pendekatan berbasis problem di zonasi masing-masing. Pada pertemuan pertama guru mendiskusikan problem yang dialami dan mencari jalan keluar. Berdasarkan jalan keluar itu, mereka menciptakan rencana pelaksanaan pemelajaran untuk mata pelajaran yang diampu dan eksklusif diterapkan di sekolah. Di pertemuan berikutnya mereka membahas penilaian mingguan dari penerapan tersebut. “Setelah tiga minggu, guru-guru mengevaluasi bila metode itu harus diperbaiki atau malah diganti. Setiap pertemuan harus bersifat produktif sekaligus evaluatif,” ujar Supriano.
DESAIN PROGRAM GURU DALAM ZONASI
Skema pembinaan terdahulu yakni guru-guru dikumpulkan dan diberi paparan teoretis bersifat searah. Setelah itu, mereka kembali ke sekolah masing-masing tanpa ada pengawasan lanjutan mengenai penerapan dan keberhasilan bahan hasil pelatihan.
Pelatihan yang gres memakai pendekatan berbasis problem di zonasi masing-masing. Pada pertemuan pertama guru mendiskusikan problem yang dialami dan mencari jalan keluar. Berdasarkan jalan keluar itu, mereka menciptakan rencana pelaksanaan pembelajaran untuk mata pelajaran yang diampu dan eksklusif diterapkan di sekolah. Di pertemuan berikutnya mereka membahas penilaian mingguan dari penerapan tersebut.
Di MGMP, guru akan mendapat hasil analisa terhadap capaian skor Ujian Nasional dari akseptor didik. Guru bisa melihat pada soal nomor berapa para akseptor didik mengalami kesulitan, lalu ia ambil materinya dengan melihat unit pembelajarannya.
Di situlah dengan MGMP yang dilaksanakan dengan sistem in, on, in, on yang setara dengan 82 jam pelajaran atau terakui dengan 2 kredit. Harapannya dengan pendekatan MGMP bisa menjadi solusi para guru untuk meningkatkan mutu, kompetensinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran.
DESAIN AKTIVITAS GURU DI ZONASI
Bimbingan teknis pelatih nasional, bimbingan teknis calon guru inti terus dilakukan dalam rangka membekali kepada para fasilitator, para guru inti ihwal kemampuan untuk mengelola atau melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi kepada para guru.
MGMP dilaksanakan dengan sistem in, on, in, on yang setara dengan 82 jam pelajaran atau terakui dengan 2 kredit. Harapannya dengan pendekatan MGMP bisa menjadi solusi para guru untuk meningkatkan mutu, kompetensinya dalam melakukan aktivitas pembelajaran.
ALUR PEMBELAJARAN DI ZONASI
Belum ada Komentar untuk "✔ Metode Training Guru Dengan Mengoptimalkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (Mgmp)"
Posting Komentar