✔ Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020

 Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan  ✔ Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020

Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) menyelenggarakan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020. Karya Aplikasi yang boleh diikutkan dalam lomba ini ialah aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini merupakan rangkaian program Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 bertujuan untuk:
  1. memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berbagi materi berguru interaktif melalui perangkat mobile/handphone.
  2. memberikan motivasi kepada pelajar, guru, dan masyarakat akan pentingnya materi ajar/media pembelajaran berbasis mobile sebagai salah satu media pembelajaran alternatif.
  3. Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui materi ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
  4. Membentuk komunitas pengembang untuk memperkaya konten pendidikan di internet.
Dari lomba ini, diperlukan diperoleh 120 konten sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan untuk dijadikan materi asuh guna memperkaya konten-konten mobile edukasi di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 dibagi menjadi 4 kategori, yaitu:

  1. Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya
  2. Kategori Guru bertema mata pelajaran
  3. Kategori Umum bertema V-Lab, dan
  4. Kategori Umum bertema Game Edukasi.
Pelaksanaan aktivitas lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya, Grand Final/Penjurian dan Penyerahan hadiah.

Pendaftaran dan pengumpulan karya dilaksanakan pada 1 Maret 2020 hingga 31 Mei 2020 secara online melalui http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.

Langkah-Langkah Pendaftaran
  1. Kunjungi website http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba, kemudian mendaftar menjadi penerima lomba
  2. Akun user penerima ialah alamat email yang didaftarkan
  3. Peserta mendapat konfirmasi email yang didaftarkan
  4. Peserta diwajibkan: 1) Melengkapi biodata, 2) Mengupload identitas bukti diri (Kartu identitas dan foto diri), 3) Mengupload karya lomba yang diajukan beserta surat pernyataan orisinalitas karya, 4) Mengupload video demo karya lomba dengan durasi 30-60 detik (contoh video sanggup dilihat di web resmi lomba), 5) Upload icon (512 x 512 px) dan 3 screenshot karya (ukuran sesuai Smartphone), 6) Peserta menawarkan diskripsi atau sinopsis mengenai karya yang di upload
  5. Biodata, karya lomba, video demo, icon dan diskripsi sanggup di perbaharui dan diupload ulang hingga batas simpulan waktu pendaftaran.
Seleksi nominasi akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020 selama 14 hari. Seleksi nominasi dilakukan untuk menentukan 30 penerima per kategori dengan karya terbaik sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan, selanjutnya diakui sebagai kontributor konten. Kemudian dari 30 penerima tersebut akan diambil 10 besar sebagai finalis yang akan diundang untuk masuk ke babak Grand Final. Peserta yang maju ke babak Grand Final adalah:
  1. 10 penerima ketegori Pelajar
  2. 10 penerima kategori Guru
  3. 10 penerima kategori Umum V-lab
  4. 10 penerima kategori Umum Games Edukasi
Semua finalis akan dihubungi oleh panitia, baik mengunakan email maupun telepon untuk kesediaannya mengikuti program Grandfinal/Penjurian yang akan diadakan di Semarang.
Demikian yang sanggup kami bagikan wacana Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020, untuk isu lebih lengkap sanggup mengunjungi website https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.

Salam edukasi.

Belum ada Komentar untuk "✔ Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel