✔ Apa Itu Cat Dalam Seleksi Cpns?


Seleksi manajemen telah dilalui para penerima seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Kini saatnya masuk dalam tahap seleksi kompetensi dasar (SKD). Sudah tahukah Anda SKD dilaksanakan dengan memakai sistem Computer Assisted Test (CAT)? Bahkan untuk tahap selanjutnya yakni seleksi kompetensi bidang (SKB), pemerintah juga menerapkan sistem tersebut. Apa saja yang perlu diketahui pelamar terkait sistem CAT?

Dulu, seleksi CPNS identik dengan kolusi dan kecurangan. Namun kini sudah tidak ada lagi. Pemerintah menjamin seleksi CPNS lebih kompetitif, adil, obyektif, transparan, dan bebas dari KKN. Berkat tes dengan sistem CAT ini, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam perekrutan CPNS meningkat alasannya yakni tidak ada lagi celah untuk "titip-menitip".

CAT merupakan tes dalam seleksi CPNS berbasis komputer, dimana nilai sanggup dimonitor eksklusif oleh masyarakat umum ketika penerima mengerjakan soal atau usai tes. Dengan hadirnya CAT semenjak tahun 2013, diharapkan negara mendapatkan sumber daya insan yang profesional. CAT yakni suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang dipakai untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang dipakai dalam seleksi CPNS. Tujuannya untuk memperoleh ASN yang profesional, mempunyai nilai dasar, dan watak profesi dalam melaksanakan kiprah pelayanan publik, kiprah pemerintahan, dan kiprah pembangunan.

Tak hanya gugusan umum, sistem CAT juga diterapkan untuk gugusan khusus. Formasi khusus antara lain Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat “Dengan Pujian”/Cumlaude, diaspora, penyandang disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, dan tenaga pengamanan siber (cyber security).

Saat berada di ruang tes, setiap penerima akan mendapatkan soal yang berbeda dengan penerima lainnya meskipun meja bersebelahan. Walaupun hanya sedikit yang mengawasi, namun tersedia juga monitor CCTV yang ada di ruang pengawas. Masing-masing penerima sanggup diawasi dengan baik.

Bahkan sebelum masuk ruang tes, setiap penerima akan melalui investigasi badan. Peserta hanya diperbolehkan membawa KTP dan kartu tes ke dalam ruangan tes. Jika kedapatan ada yang membawa barang-barang selain yang dizinkan, akan diminta untuk dimasukan dalam tas yang sudah dititipkan petugas.

Selama proses tes, pengantar atau orang lain sanggup melihat hasil secara real time melalui layar monitor yang disediakan di luar ruangan tes. Saat tes ini, para penerima diberikan waktu 90 menit, kecuali pelamar pada gugusan penyandang disabilitas khususnya penyandang disabilitas sensorik netra. Jika waktu telah habis, soal akan tertutup secara otomatis dan nilai akan eksklusif terpampang.

Selama 90 menit, penerima diberi sebanyak 100 soal SKD. Soal tersebut terbagi menjadi tiga kelompok, yakni 30 tes wawasan kebangsaan (TWK), 35 soal tes intelegensi umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP).

Selain mempersiapkan diri dengan belajar, pelamar harus mengetahui terlebih dahulu “medannya”, salah satunya dengan mengenali tampilan sistem CAT tersebut. Tak kalah penting, dibutuhkan seni manajemen dalam menjawab soal.

Salah satu CPNS 2018 Kementerian Pariwisata, Denisa Ruvianty, memberikan tips mengerjakan soal dengan sistem CAT. Menurutnya, mendahulukan soal yang dianggap gampang akan lebih memaksimalkan pengerjaan SKD. "Dahulukan mengerjakan soal TWK dan TKP, lantaran soal TIU membutuhkan waktu yang lebih usang untuk menghitung-hitung," ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo telah mendapatkan naskah soal SKD untuk tes CPNS 2019 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Soal SKD telah disiapkan oleh tim konsorsium perguruan tinggi tinggi dan dikordinasikan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud. Penyusunan soal SKD 2019 diawali dengan proses penilaian soal dan kisi-kisi soal tahun 2018.

Pelaksanaan SKD akan dimulai pada 27 Januari 2020 sampai 28 Februari 2020. Berdasarkan data dari SSCASN BKN tercatat sejumlah 4.197.218 calon penerima telah melaksanakan pendaftaran, dan sebanyak 3.364.897 telah lolos verifikasi administrasi. Pada proses pengadaan CPNS tahun 2019 ini terdapat 154.029 formasi, yang terdiri dari instansi sentra sebanyak 37.584 gugusan dan instansi tempat sebanyak 116.445 formasi.
Sumber : https://www.menpan.go.id

Belum ada Komentar untuk "✔ Apa Itu Cat Dalam Seleksi Cpns?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel