Cara Unduh/Download Data Akseptor Un Siswa Sd/Smp/Sma/Smk Tahun Pemikiran 2018/2019 Pada Laman Http://Pdun.Data.Kemdikbud.Go.Id/


Informasi terkini bahwa data Calon Peserta Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2018/2019 sudah sanggup anda unduh melalui laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/. Jika anda bertugas sebagai operator sekolah baik itu tingkat SD/SMP/SMA maupun SMK, terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait dengan data Calon Peserta UN tahun 2019. Hal pertama yakni memastikan entrian data siswa benar-benar valid sesuai dengan dokumen yang ada. Hal selanjutnya yakni memastikan bahwa calon akseptor UN tahun 2019 mempunyai NISN. 
Operator hendaknya melaksanakan cross check  terhadap data dapodiknya guna memastikan memastikan kebenaran data dari data Calon Peserta UN tersebut sehingga dibutuhkan tidak terdapat kesalahan biodata calon akseptor UN tahun 2019. Jika di jumpai kesalahan, maka lakukanlah verifikasi dan validasi data akseptor didik melalui laman vervalpd secepatnya.
Setelah anda sudah memastikan kebenaran data akseptor Ujian Nasional, langkah berikutnya yakni melaksanakan unduhan data calon akseptor UN. Ada dua format file yang disajikan dimenu unduhan pada laman tersebut, yaitu berupa file berekstensi .dz dan file yang berekstensi .xls. File yang berexstensi .dz dipakai untuk base data dalam upload data pada laman Bio UN online ( Untuk Jenjang SD; laman bio UN disini, Untuk Jenjang SMP; laman bio UN disini, Untuk Jenjang SMA; laman Bio UN disinisedangkan file yang berekstensi .xls dipakai sebagai base data sekolah yang nantinya diserahkan kepada dinas setempat. Lalu bagaimanakah cara memakai sajian unduhan calon akseptor yang ada pada laman PDUN tersebut? Berikut kami share informasinya buat anda. 
  • Langkah pertama, Silahkan anda kunjungi laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ kemudian login dengan memakai user dan pasword dapodik atau anda sanggup login dengan memakai user alternatif berupa arahan pendaftaran dapodik. Berikut kami contohkan langkah login dengan memakai gambar:

Gambar login laman PDUN

Sebelum beranjak pada langkah yang kedua, kami akan menjelaskan sederetan fungsi sajian yang tampil di halaman muka laman PDUN diantaranya adalah 
        • Menu Beranda; Menu beranda menampilkan informasi pengguna berupa identitas diri pengguna (operator sekolah). Tampilan sajian sanggup dilihat pada gambar berikut ini

Gambar tampilan beranda yang menampilkan informasi pengguna

        • Menu Calon Peserta UN; Menu ini menampilkan data calon akseptor UN berupa nama, kebutuhan khusus, jenis kelamin, NISN, daerah lahir, tanggal lahir, alamat, agama, nama orangtua dan lain-lain. Untuk melaksanakan pencarian siswa, pada laman ini telah disediakan tiga pilihan tampilan, 1. Tampilan semua PD, 2. Tampilan PD mempunyai NISN, dan 3. Tampilan PD yang tidak mempunyai NISN. Anda dapatt memakai salah satu dari ketiga sajian pencarian yang sudah disediakan. Berikut yakni pola fitur pencarian siswa berupa filter PD menurut NISN:


        • Menu logout; merupakan sajian yang dipergunakan oleh user atau pengguna untuk keluar aplikasi.
  • Langkah yang kedua yakni silahkan pilih dan klik sajian calon akseptor UN. Lalu pilih dan klik sub tab sajian calon akseptor UN atau CPUN ke excel. 
Penjelasan:
Pada sajian calon akseptor UN, ditampilkan sejumlah sub tab sajian yang terletak disebelah kanan. Sub tab sajian tersebut yakni sebagai berikut:
    • Sub tab Menu Pengaturan kursi; Menu ini menyajikan informasi berupa Pengaturan bangku untuk siswa kelas final baik itu SD, SMP, SMA/SMK. Sub tab sajian ini sangat bereran dalam mengaktifkan sub tab sajian unduhan baik data akseptor maupun gosip acara. Olehkarenanya, sebelum anda melaksanakan unduhan data calon akseptor atau gosip acara, ada baiknya anda melaksanakan pengaturan bangku terlebih dahulu. Caranya cukup mudah; silahkan anda klik sub tab sajian Pengaturan no Kursi, kemudian klik pilihan angka berupa nama urut rombel. sesudah selesai kemudian klik simpan. Berikut yakni pola gambar sajian pengaturan bangku yang terdapat pada laman PDUN

Gambar pengaturan kursi
    • Sub tab Menu Unduh file Peserta UN. Sub tab ini menyajikan data berekstensikan dz. Makara saat anda melaksanakan pilihan terhadap sub tab mnu ini, anda akan menjumpai hasil unduhan yang berekstensikan dz. Sebagai pola hasil unduhan, perhatikan gambar berikut:


gambar pola hasil unduh file calon akseptor UN
    • Sub tab sajian unduh CPUN ke excel. Sub tab ini menyajikan data berekstensikan xls. Makara saat anda melaksanakan pilihan terhadap sub tab mnu ini, anda akan menjumpai hasil unduhan yang berekstensikan xls. Sebagai pola hasil unduhan, perhatikan gambar berikut:


Gambar hasil Unduh CPUN ke excel
  • Langkah yang terakhir simpan semua file hasil unduhan pada direktori yang kondusif dan gampang diingat. Kumpulkan dalam satu folder, sehingga nanti sanggup kita manfaatkan dalam rangka upload data melalui laman Bio UN pada masing-masing jenjang. Jangan lupa lakukan pencetakan gosip acara. Langkahnya silahkan klik dan pilih sub tab sajian unduh gosip acara. Berikut yakni pola gambar hasil kita mengunduh gosip program di sub tab unduh gosip acara:
 
contoh gosip acara

Demikianlah informasi mengenai cara unduh/download data akseptor UN Siswa SD/SMP/SMA dan Sekolah Menengah kejuruan tahun aliran 2018/2019 pada laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/. Semoga bermanfaat buat semua.



Belum ada Komentar untuk "Cara Unduh/Download Data Akseptor Un Siswa Sd/Smp/Sma/Smk Tahun Pemikiran 2018/2019 Pada Laman Http://Pdun.Data.Kemdikbud.Go.Id/"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel