Cara Mengisi Peta Koordinat Siswa Pada Dapodik 2019


Melengkapi postingan kami terkait dengan cara Mengatasi An Eror Occured: Over_Querry_Limit" Pada Pencarian Peta Koordinat Peserta Didik di Dapodik Versi 2019 bahwa selain kita memakai google map sebagai langkah akternatif dalam mengatasi An Eror Occured: Over_Querry_Limit", kita Juga sanggup memakai aplikasi yang akan kami jelaskan pada postingan berikut ini.
Sebelumnya bila anda berkenan, silahkan baca: Cara Mengatasi An Eror Occured: Over_Querry_Limit" Pada Pencarian Peta Koordinat Peserta Didik di Dapodik Versi 2019

Postingan kali ini ialah Cara Mengisi Peta Koordinat Siswa Pada Dapodik 2019. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Dapodik versi 2019 ini mempunyai banyak sekali fitur perbaikan serta pembaharuan. Salah satu fitur perbaikan dan pembaharuan ialah penambahan sajian pengisian kelengkapan identitas GTK serta akseptor bimbing yang mengharuskan entri data titik koordinat berupa titik lintang dan titik bujur. 
Dan permasalahan yang timbul ialah seringnya eror di ketika kita buka peta koordinat pada dapodik. Hal ini disebabkan adanya pembatasan kanal Google Map API yang disediakan oleh layanan Google. Dan sebagai solusinya sudah kami jelaskan pada postingan berikut:
Cara Mengatasi An Eror Occured: Over_Querry_Limit" Pada Pencarian Peta Koordinat Peserta Didik di Dapodik Versi 2019
Selain solusi diatas, terdapat solusi lain yang mungkin sanggup dijadikan sebagai alternatif untuk entri data peta koordinat akseptor didik. Solusi tersebut ialah dengan memakai aplikasi Dapo Browser. Aplikasi ini merupakan aplikasi browser berbasis chromium yang digabungkan dengan google maps dan pastinya terhubung dengan dapodik. Aplikasi ini juga menerapkan sistem copy paste titik koordinat dari google map ke aplikasi. Dan ini juga menempuh sistem MANUAL. 
Hal yang perlu diperhatikan sebelum menginstal aplikasi ialah sebagai berikut:
  • Sebelum memakai aplikasi ini supaya sanggup dipakai harus sudah terinstall driver psqlodbc beserta Netframework 4.0. Adapun Aplikasinya psqlodbc sanggup anda unduh pada tautan berikut ini: [unduhan]. Bagi anda yang belum mempunyai aplikasi netframework 4.0, anda sanggup unduh pada tautan berikut ini 
  • Silahkan unduh aplikasi dapodik browser pada tautan berikut ini
  • Pastikan sebelum memakai aplikasi ini WAJIB terlebih dulu melaksanakan sinkronisasi Dapodik untuk antisipasi terjadinya kesalahan sistem
Cara Kerja Aplikasi tersebut ialah sebagai berikut:
  • Langkah pertama ialah tutup browser yang anda gunakan untuk aplikasi Dapodik 2019 dan aplikasi lainnya
  • Langkah berikutnya ialah silahkan anda buka aplikasi DapoBrowser 2019 (saat pertama kali memakai akan muncul notifikasi, tunggu 30 detik gres klik OK)
  • Langkah yang ketiga ialah silahkan anda klik tombol Dapodik dan login ibarat biasa memakai aplikasi Dapodik. Untuk cara cepat memasukkan email sanggup menekan tombol keyboard Ctr+U
  • Langkah yang keempat ialah pada Validasi lokal, silahkan anda cek terlebih dulu nama-nama akseptor bimbing yang masih kosong belum terisi lintang bujur (ada warning)
  • Langkah berikutnya ialah silahkan anda buka sajian Peserta Didik kemudian Ubah pada akseptor bimbing yang mau diisi/diubah data koordinatnya dengan mengarahkan ke isian lintang dan bujur. Jangan lupa kosongkan terlebih dulu untuk data yang ada.
  • Langkah yang keenam ialah Klik tombol Maps dan cari pada nama yang ingin diubah/diisi data koordinatnya. Ubah tampilan google maps model satelit dan tunggu hingga google maps menemukan lokasi yang paling terdekat. Jika tidak sesuai tinggal arahkan ke titik koordinat daerah tinggal akseptor didik. Klik pada titik daerah tinggal akseptor bimbing agar lintang bujur menyesuaikan.
  • Langkah yang ketujuh ialah Klik tombol Dapodik, kemudian pada isian lintang tekan Ctrl+L dan pada isian bujur tinggal tekan tombol Ctrl+B
  • Dan langkah yang terakhir ialah silahkan anda klik Simpan kemudian tutup dan ulangi terus hingga selesai dari langkah nomor 3 hingga nomor 8.
Demikianlah isu mengenai cara mengisi peta koordinat siswa pada dapodik 2019. Pastinya langkah ini ialah langkah alternatif bagi anda yang masih menemukan hambatan susahnya menemukan peta koordinat siswa pada aplikasi dapodik.  Kami berharap isu ini berkhasiat bagi semua.
Sumber (Yotube: https://youtu.be/EShzdWn2M5A)

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengisi Peta Koordinat Siswa Pada Dapodik 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel