Download Pola Rpp 1 Lembar Menurut Surat Edaran Bernomor 14 Tahun 2019 Semua Jenjang


Download Contoh RPP 1 Lembar Berdasarkan Surat Edaran Bernomor 14 tahun 2019 Semua Jenjang _ Pada kesempatan kali ini, admin ingin mengembangkan informasi terkait Download Contoh RPP 1 Lembar Berdasarkan Surat Edaran Bernomor 14 tahun 2019. Contoh ini mungkin sanggup anda jadikan sebagai acuan untuk sanggup anda terapkan dalam pembuatan RPP tahun pelajaran 2020/2021. RPP ini disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembuatan RPP yang efektif, efisien serta berorientasi pada akseptor didik. 
Dengan dikeluarkannya surat edaran bernomor 14 tahun 2019, admin mencoba mencari acuan bagaimana sih bentuk bersama-sama RPP menurut edaran tersebut? Berikut ini yaitu Prediksi pola RPP 1 Lembar yang sesuai edaran No. 14 tahun 2019:
Versi Satu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN K13
Satuan Pendidikan : SD 169/IX MARGA MANUNGGAL JAYA
Kelas / Semester :  2 /1
Tema :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1) Pembelajaran ke:  1
Alokasi waktu :  1 Hari
Muatan Pelajaran : B. indonesia (3.1, 4.1), Matematika (3.1, 4.1), SBdP (3.2, 4.2)
Pelaksanaan : ……………………..
A.   TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks kisah perihal hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa sanggup menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks kisah tersebut dengan tepat.
  2. Dengan diberikan teks percakapan perihal hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa sanggup mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
  3. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup menyatakan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan 999 dengan benar.
  4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup membaca lambang bilangan hingga dengan 999 dengan tepat.
  5. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup membedakan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.
  6. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup menampilkan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN 
Kegiatan Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Menyanyikan  lagu  Garuda  Pancasila  atau  lagu  nasional  lainnya.  Guru  memberikan  penguatan  tentang  pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  4. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit bahan non pelajaran Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan acara literasi
Kegiatan Pendahuluan
Ayo Mengamati
  • Siswa menyimak teks kisah pada Buku Siswa yang dibacakan guru.
  • Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi pengutamaan pada kalimat yang memakai ungkapan. Contoh ungkapan pada teks tersebut yaitu oleh-oleh dan buah hati. Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)
Ayo Berlatih
  • Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
  • Siswa bersama dengan sobat di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.
  • Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat menurut teks kisah yang sudah dibacanya. (Creatiivity and Innovation)
Ayo Berlatih
  • Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah memakai gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, contohnya kancing baju atau stik es krim sanggup dipakai untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.
  • Siswa mengerjakan soal perihal bilangan cacah dengan tiga angka. Guru sanggup menambahkan soal latihan.
  • Siswa  membaca bilangan cacah hingga 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah hingga 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati yaitu teliti. Hasil pengamatan perilaku dituliskan di dalam jurnal. (Critical Thinking and Problem Formulation)
Kegiatan Bersama Orang Tua
  • Pemahaman mengenai bilangan cacah hingga 999 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang renta guru memantau pembelajaran 
  • Orang renta membantu siswa menyebut bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah.
Kegiatan Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil mencar ilmu hari ini
  2. Guru memperlihatkan penguatan dan kesimpulan
  3. Menyanyikan salah satu lagu kawasan untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  4. Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa.

C.   PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
    • Menjawab pertanyaan ekspresi perihal tata cara memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian Keterampilan

Kemudian, format versi satu ini sanggup anda unduh pada slide berikut ini:


Selanjutnya, kami juga menyajikan Contoh RPP 1 Lembar Berdasarkan Surat Edaran Bernomor 14 tahun 2019 versi yang lain.
versi dua

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan    : SDN 169/IX MARGA MANUNGGAL JAYA
Kelas / Semester         :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                   :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1) Pembelajaran ke :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari
A. TUJUAN
  1. Dengan diberikan teks kisah perihal hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa sanggup menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks kisah tersebut dengan tepat.
  2. Dengan  diberikan  teks  percakapan  tentang  hidup  rukun  yang  mengandung ungkapan,  siswa  dapat  mengucapkan  ungkapan  yang  terdapat  pada  teks percakapan tersebut dengan tepat.
  3. Dengan  diberikan  kumpulan  kubus  lebih  dari  100,  siswa  dapat  menyatakan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan 999 dengan benar.
  4. Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa sanggup membaca lambang bilangan hingga dengan 999 dengan tepat.
  5. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup membedakan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.
  6. Dengan diberikan lagu anak, siswa sanggup menampilkan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.
B. KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks kisah atau lagu yang menggambarkan perilaku hidup rukun
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam kisah atau lagu bawah umur dengan bahasa yang santun
Matematika
Menjelaskan makna bilangan cacah dan memilih lambangnya menurut nilai tempat dengan memakai model nyata serta cara membacanya
Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai tempat dengan memakai model konkret
SBdP
Mengenal elemen musik melalui lagu
Menirukan elemen musik melalui lagu
C. INDIKATOR
3.1.1 Membedakan ungkapan, ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks kisah atau lagu yang menggambarkan perilaku hidup rukun
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam kisah atau lagu bawah umur dengan bahasa yang santun
3.1.1 Memahami makna bilangan cacah.
3.1.2 Menyebutkan kumpulan objek dengan bilangan hingga dengan 999 dengan benar.
4.1.1 Membaca lambang bilangan hingga dengan 999 dengan tepat.
3.2.1  Mengetahui panjang pendek suara pada lagu anak
4.2.1 menampilkan panjang pendek suara pada lagu anak dengan tepat.
D. MATERI ESENSI
 Teks bacaan yang di dalamnya terdapat kalimat ungkapan.
 Cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
 Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.
 Berlatih menyatakan bilangan cacah memakai gambar alat peraga kubus.
 Pemahaman mengenai bilangan cacah hingga 999.
E. METODE
Pendekatan                : Scientific
Strategi                      : Cooperative Learning
Teknik                       : Example Non Example
Metode                      : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. MEDIA SUMBER BELAJAR
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013). Gambar kerukunan keluarga di rumah
Teks lagu “Peramah dan Sopan”
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
  • Salam dan do’a
  • Apersepsi
Kegiatan Inti
  • Guru menjelaskan sekitar bahan yang akan dijelaskan
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
  • Siswa mengamati media pembelajaran perihal bahan yang diajarkan
  • Guru mengajukan pertanyaan sekitar bahan yang diajarkan
  • Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan perihal bahan yang diajarkan
  • Siswa diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya
  • Guru berkeliling melihat dan membimbing perihal bahan yang didiskusikannya
  • Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
  • Guru memberi penguatan perihal tanggapan siswa perwakilan kelompok
  • Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan
Kegiatan Penutup
  • Guru bersama siswa menyimpulkan bahan pembelajaran hari ini
  • Melakukan refleksi/ tanya jawab, penugasan serta informasi bahan berikutnya
  • Berdo’a
H. PENILAIAN
Penilaian   Sikap   :   Observasi   selama   kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
  • Menjawab pertanyaan ekspresi perihal tata  cara memperkenalkan diri yang benar.
Penilaian Keterampilan

Selanjutnya, design lembar RPP versi ini sanggup anda lihat pada slide berikut ini:


Guna melengkapi postingan ini, kami melampirkan beberapa link unduhan pola RPP 1 Lembar semua Jenjang, diantaranya:
2. Download Contoh RPP 1 Lembar Jenjang Sekolah Menengah Pertama (akan diupdate segera)
3. Download Contoh RPP 1 Lembar Jenjang Sekolah Menengan Atas (akan diupdate segera)
4. Download Contoh RPP 1 Lembar Jenjang Sekolah Menengah kejuruan (akan diupdate segera)
Demikianlah informasi ini kami sampaikan, agar bermanfaat semua.

Belum ada Komentar untuk "Download Pola Rpp 1 Lembar Menurut Surat Edaran Bernomor 14 Tahun 2019 Semua Jenjang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel