✔ Cara Menulis Modul Pelajaran
Modul ialah salah satu publikasi ilmiah yang sanggup dinilai angka kreditnya. Modul sanggup di susun persemester atau pertahun. Modul yang disusun untuk 1 tahun nilai angka kreditnya 1,5 dan yang disusun dalam satu semester angka kreditnya 0,5.
Menurut Suharjono (1995), modul merupakan materi yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembaca dibutuhkan sanggup menyerap sendiri materi tersebut, dengan tujuan sebagai materi pembelajaran berdikari siswa.
Dalam buku 4 & 5 PKB yang dikeluarkan Kemendikbud tahun 2019 bahwa modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya sanggup menyerap materi tersebut dan melaksanakan aktifitas pembelajaran mandiri .
Sebuah modul merupakan upaya untuk membelajarkan pesertra didik secara individual /mandiri dalam rangka meningkatkan kemampuan menguasai satu unit pelajaran sebelum pindah ke unit yang lainnya. Dengan demikian cara menulis modul pelajaran yang baik 1) memutuskan tujuan modul apakah diperuntukkan untuk akseptor didik berguru secara individual? 2) dari segi materi akan lebih cocok materinya berupa materi mekanisme atau praktikum, 3) pahami struktur modul (seperti di kepingan bawah goresan pena ini), dan 4) menetapkan unit pelajaran yang di tulis dan rencanakan tugas-tugas yang harus dikerjakan akseptor didik, tes formatif beserta kuncinya.
Sebuah modul merupakan upaya untuk membelajarkan pesertra didik secara individual /mandiri dalam rangka meningkatkan kemampuan menguasai satu unit pelajaran sebelum pindah ke unit yang lainnya. Dengan demikian cara menulis modul pelajaran yang baik 1) memutuskan tujuan modul apakah diperuntukkan untuk akseptor didik berguru secara individual? 2) dari segi materi akan lebih cocok materinya berupa materi mekanisme atau praktikum, 3) pahami struktur modul (seperti di kepingan bawah goresan pena ini), dan 4) menetapkan unit pelajaran yang di tulis dan rencanakan tugas-tugas yang harus dikerjakan akseptor didik, tes formatif beserta kuncinya.
Selanjutnya berdasarkan Panduan Operasional Penulisan Modul, Universitas Terbuka, format modul ialah sistematika penyajian materi dan proses belajar mata kuliah yang isinya meliputi tinjauan mata kuliah, sajian materi masing-masing modul, daftar kata-kata sulit, dan daftar pustaka. Sajian materi modul meliputi Pendahuluan, Kegiatan Belajar (KB), Rampungan tes formatif setiap KB, dan Kunci tanggapan tes formatif.
Ciri khas modul ialah tersedianya banyak sekali petunjuk yang lengkap dan rinci, biar akseptor didik bisa menggunakan modul dalam membelajarkan diri mereka sendiri termasuk soal latihan dan kunci tanggapan latihan
Dari uraian di atas terlihat bahwa modul berbeda dengan diktat, alasannya ialah modul berisi materi dimana siswa digiring untuk sanggup berguru secara mandiri. Materi pelajaran pada suatu modul, disusun dan disajikan sedemikian rupa biar akseptor didik secara berdikari sanggup memahami materi yang disajikan. Sejara umum modul pelajaran terdiri dari:
1. Petunjuk siswa,
2. Isi materi bahasan (uraian dan contoh),
3. Lembar kerja siswa,
4. Evaluasi,
5. Kunci tanggapan evaluasi, dan
Dari uraian di atas sanggup diartikan bahwa modul pelajaran terdiri seperangkat buku yang didalamnya berisi petunjuk siswa, isi materi bahasan, lembar kerja siswa, evaluasi/tesformatif, dan buku pegangan tutor (apabila ada).
Ciri lain dari modul ialah waktu penyelesaian berguru satu modul biasanya antara 1-3 minggu. Umumnya satu modul menyajikan satu topik materi bahasan yang merupakan satu unit kegiatan pembelajaran tertentu. Adapun cara menulis modul mengikuti kerangka isi modul berikut ini.
Contoh Susunan Modul Pelajaran
BAGIAN AWAL/PEMBUKA Halaman Cover Halaman Judul Lembar Pengesahan kepala sekolah Kata Pengantar Daftar Isi Deskripsi Singkat materi Tujuan Pembelajaran KEGIATAN BELAJAR 1 Judul kegiatan belajar Petunjuk untuk siswa Uraian materi Latihan / Tugas Rangkuman KEGIATAN BELAJAR 2 Judul kegiatan belajar Petunjuk untuk siswa Uraian materi Latihan / Tugas Rangkuman KEGIATAN BELAJAR 3 dst. PENUTUP Tes Formatif Kunci Jawaban Umpan balik dan Tindakan lanjut Daftar Pustaka Lampiran Surat Keterangan dari kepala perpustakaan bahwa telah didokumentasikan di perpustakaan sekolah |
Umumnya modul tidak menggunakan istilah kepingan akan tetapi kegiatan berguru 1, 2 dst. Disarankan kepada guru apabila menulis modul sebagai salah satu karya dalam publikasi ilmiah hendaknya mengikuti kaidah yang telah dimuat pada buku 5 PKB.
Contoh Penulisan Modul Dalam Pelajaran Matematika dengan mater persamaan kuadrat
PENDAHULUAN
A. Dekripsi Materi
uraian secara singkat materi (pokok-pokok materi) yang akan dibahas dalam modul ini serta kegunaannya ...(lanjutkan)
B. Tujuan Belajar
1. Peserta didik sanggup Mengenal bentuk-bentuk persamaan kuadrat, akar-akar dari suatu persamaan kuadrat.
2. Peserta didik sanggup memilih akar-kar persamaan kuadrat dengan cara menfaktorkan.
3. Dan seterusnya
1. Peserta didik sanggup Mengenal bentuk-bentuk persamaan kuadrat, akar-akar dari suatu persamaan kuadrat.
2. Peserta didik sanggup memilih akar-kar persamaan kuadrat dengan cara menfaktorkan.
3. Dan seterusnya
D. Petunjuk Belajar
(uraikan cara/kegiatan berguru yang harus dilakukan oleh siswa untuk mempe-lajari materi ini)
- Bacalah pendahuluan modul ini sehingga kalian benar-benar memahami isi, kegunaan, kompetensi / kemampuan yang akan dicapai, dan cara mempelajari materi ini !
- ...................................................................................................
- Apabila kalian kesulitan memahami konsep yang harus dipahami dari modul ini, cobalah diskusi dengan sobat kelompok berguru kalian, atau kepada orang lain yang kalian anggap tahu !
- ................................................................................................................
|
Bentuk-bentuk persamaan kuadrat
Tujuan:
Setelah mempelajari materi ini dibutuhkan siswa memliki kemampuan untuk:
1. Menuliskan bentuk umum persamaan kuadrat
2. Mengidentifikasi bentuk-bentuk yang termasuk persamaan kuadrat.....................................................
3............................................................................................
3............................................................................................
A. Bentuk umum persamaan kuadrat
...........................................................................................
...........................................................................................
B. Akar-akar persamaan kudrat
............................................................................................
.............................................................................................
C. Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan cara menfaktorkan
................................................................................................
.................................................................................................
Tugas:
1. Lakukan identifikasi terhadap persamaan berikut, tuliskan mana saja yang termasuk persamaan kuadrat
a. xy + x =2
b. x2 + 2x = 5
c.x2 -16 = 0
d. x(x + 2 ) = 0
e. x-3 = 6-3x
f. x2 – 3x + 2 =0
2. ....................................
Latihan: (Soal-soal)
(pilihan ganda, isian singkat, uraian/essay)
(pilihan ganda, isian singkat, uraian/essay)
|
Jumlah , Selisih Dan Hasil Kali Akar-Akar Persamaan Kuadrat
( Sama denganKegiatan Belajar 1)
Tujuan : ....
Uraian Materi: .....
Tugas (jika ada): ....
Latihan: ....
Rangkuman
(uraian singkat intisari materi dari kegiatan berguru (KB) 1, 2, dan .... )
Tes formatif
(soal dari KB 1,,2, 3, dan ... :pilihan ganda, isian singkat, essay)
Kunci tanggapan tes formatif
Refleksi dan tindak lanjut
Dari uraian dan pola di atas kiranya para guru memahami cara menulis modul pelajaran yang sanggup memperlancar proses pembelajaran di sekolah.
Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Menulis Modul Pelajaran"
Posting Komentar