✔ Cara Menulis Laporan Ptk Potongan Ii
Pada Bab II (kajian Pustaka) dalam laporan PTK atau Perguruan Tinggi Swasta , terdiri dari beberapa sub pecahan yaitu kajian teori yang tergambar di judul penelitian, Penelitian yang relevan, Kerangka kopseptual dan Hipotesis Tindakan.
Kebenaran berdasarkan metode ilmiah sanggup berupa kebenaran berdasarkan teori dan kebenaran berdasarkan empirik. Kajian teori sebagai dasar untuk mencari, kebenaran berdasarkan teori/ buku referensi atau buku rujukan. Merupakan klarifikasi sementara terhadap gejala yang menjadi obyek permasalahan .
Dalam penulisan pecahan II ini, masih banyak penulis/peneliti yang menuliskan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan problem yang akan ditingkatkan dan solusi yang akan dilakukan .
Tulislah konsep yang bekerjasama dengan problem yang dibahas.Dalam penelitian tindakan, problem yang dibahas bekerjsama telah tergambar dalam judul misalnya judul penelitian “Upaya meningkatkan hasil mencar ilmu Matematika Siswa melalui Pendekatan Problem Basic Learning di SMAN X. “ maka yang harus dijabarkan dalam pecahan II adalah:
1) uraian yang bekerjasama dengan masalah
2) uraian yang bekerjasama dengan tindakan
Contoh yang bekerjasama dengan problem sesuai judul di atas :
Dalam menulis pecahan II kajian pustaka ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
A. Hasil Belajar Matematika Siswa
1. Pengertian hasil belajar
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil mencar ilmu siswa
3. Hasil mencar ilmu matematika ; dan sebagainya
Yang bekerjasama dengan tindakan yang akan dilakukan:
B. Konsep pendekatan problem based learning
1. Pengertian pendekatan problem based learning
2. Sejarah perkembangan pendekatan problem based learning
3. Tujuan pendekatan problem based learning
4. Ciri-ciri pendekatan problem based learning
5. Keunggulan dan kekurangan pendekatan problem based learning
6. Langkah-langkah pendekatan problem based learning
Hal-hal di atas dibahas atau diuraikan pada pecahan II dengan cara membaca lliteratur, buku, jurnal , kamus, atau hasil penelitian terdahulu. Untuk menggali gosip lebih mendalam sanggup menggunakan konsep 5 W + 1 H yaitu:
What? (apa ?); Who ? (Siapa); When? (kapan?); Where ? (dimana), Why ? (mengapa) dan How (bagaimana)
Teori-teori yang diambil harus relevan
Relevan dengan:
(1) permasalahan dilihat dari isinya, dan
(2) variabel yang diteliti dilihat dari judul/sub judul yang ditulis pada kajian teori. Diambil dari teori-teori yang terbaru.
C. Penelitian yang relevan
Penelitian yang relevan yakni penelitian yang sudah pernah diteliti oleh orang lain, namun relevan dengan permasalahan dan variabel yang kita diteliti. Hal ini penting dicantumkan oleh sipeneliti sebagai sebuah kejujuran keilmuan dan berkhasiat untuk menghindari duplikasi. Penelitian relevan yang dimaksud yakni penelitian yang pernah dilakukan oleh orang lain maupun oleh peneliti sendiri. Cantumkan nama sipeneliti , tahun, judul, kota terbit dan penerbit.
D. Kerangka Konseptual
Kerangka konseptual yakni alur pikir atau referensi pikir kita dalam melakukan penelitian. Ada tiga hal yang dibahas dalam aktivitas ini yaitu, aktivitas awal, tindakan yang dilakukan, dan kondisi akhir.
Dengan adanya referensi berpikir untuk memudahkan memilih datanya ada berapa, ibarat referensi berdi atas data yang dikumpulkan ada 3,
Data 1 = pada siklus awal
Data 2 = pada siklus 1
Data 3 = pada siklus 2
Alur pikir biasanya disertai dengan skema atau skema sehingga orang lain gampang memahami penelitian itu dimulai dari mana dan balasannya apa yang diperoleh atau ditemukan.
E. Hipotesis Tindakan
Berisi hipotesis tindakan , bukan hipotesis statistik maupun hipotesis penelitian.
Merupakan jawaban sementara berdasarkan pada kajian teori dan kerangka berpikir. Menjawab rumusan problem yang diajukan , merupakan hipotesis tindakan bukan hipotesis penelitian
BACA : CARA MENULIS MAKALAH TINJAUAN ILMIAH/BEST PRACTICE
Contoh dari rumusan problem pada Bab I.
Apakah Pendekatan Problem Based Learning sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu Matematika Isiswa … di SMAN X…. “
Maka sebagai jawaban sementara (hipotesis) tindakan tersebut sanggup ditulis:
Dengan menerapkan Pendekatan problem based learning sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu Matematika siswa … di SMAN X….
Atau
Hasil mencar ilmu matematika siswa … sanggup ditingkatkan dengan pendekatan proplem basic learning di SMAN X ….
Apakah Pendekatan Problem Based Learning sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu Matematika Isiswa … di SMAN X…. “
Maka sebagai jawaban sementara (hipotesis) tindakan tersebut sanggup ditulis:
Dengan menerapkan Pendekatan problem based learning sanggup meningkatkan hasil mencar ilmu Matematika siswa … di SMAN X….
Atau
Hasil mencar ilmu matematika siswa … sanggup ditingkatkan dengan pendekatan proplem basic learning di SMAN X ….
Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Menulis Laporan Ptk Potongan Ii "
Posting Komentar