✔ Manajemen Guru Dalam Pembelajaran
Kesuksesan seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sangat dipengaruhi sistem manajemen yang lengkap, mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil berguru akseptor didik harus didokumenkan secara baik, lengkap sesuai dengan fungsinya. Sistem manajemen yang baik, menjadi bukti bahwa guru melaksanakan tugasnya dan menjadi materi untuk pengusulan naik pangkat /peningkatan karir guru. Adapun manajemen yang harus dilengkapi guru dalam pelaksanaan kiprah dan manajemen yang sanggup dipakai untuk kenaikan pangkat/karirnya ialah sebagai berikut:
A. Buku I, terdiri:
1. Visi, Misi, Tujuan Sekolah
2. Kalender Pendidikan
3. Rincian Minggu Efektif
4. Jadwal Mengajar
5. Analisis KI-KD dan Tujuan Mata Pelajaran
6. Program Tahunan
7. Program Semester
8. Silabus
9. RPP sesuai jumlah KD
10. Daftar KKM
B. Buku II, terdiri:
1. Agenda/Jurnal Guru
2. Daftar Hadir Siswa
3. Daftar Nilai
4. Instrumen Penilaian Sikap
5. Kumpulan soal UH, MID dan Sementer
6. Kisi-kisi Soal MID dan Semester
7. Analisi Ulangan Harian
8. Program Remidi dan Pengayaan
9. Analisis butir soal
10. Bank soal
C. Buku III, terdiri:
1. Bahan Ajar
2. Buku Pegangan Guru
3. Daftar KKO
4. Standar Isi
5. Standar Kompetensi Lulusan
6. Standar Proses
7. Standar Penilaian
8. Pedoman Penyusunan RPP
9. Pedoman Penilaian
10. Pedoman penyusunan soal HOTS
11. Pedoman Pelaksanaan Literasi
D. Buku IV, terdiri:
1. Permen RB & PAN nomor 16 Tahun 2009
2. Perber Mendiknas & Kepala BKN No. 03/V/PB/2010 & NO. 14 Thn 2010.
3. Buku 1 : Pedoman PKB
4. Buku 2 : Pedoman PKG
5. Buku 3 :Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010
6. Buku 4 : Pedoman PKB dan Angka kreditnya
7. Buku 5 : Pedoman Penilaian PKB
8. Kode etik guru
9. Ikrar guru
E. Buku V, terdiri:
1. SKP yang disusun setiap awal tahun
2. Hasil Penilaian PK Guru
3. Penilaian Prestasi Kerja (PPK)
4. PAK Tahunan
A. Buku I, terdiri:
1. Visi, Misi, Tujuan Sekolah
2. Kalender Pendidikan
3. Rincian Minggu Efektif
4. Jadwal Mengajar
5. Analisis KI-KD dan Tujuan Mata Pelajaran
6. Program Tahunan
7. Program Semester
8. Silabus
9. RPP sesuai jumlah KD
10. Daftar KKM
B. Buku II, terdiri:
1. Agenda/Jurnal Guru
2. Daftar Hadir Siswa
3. Daftar Nilai
4. Instrumen Penilaian Sikap
5. Kumpulan soal UH, MID dan Sementer
6. Kisi-kisi Soal MID dan Semester
7. Analisi Ulangan Harian
8. Program Remidi dan Pengayaan
9. Analisis butir soal
10. Bank soal
C. Buku III, terdiri:
1. Bahan Ajar
2. Buku Pegangan Guru
3. Daftar KKO
4. Standar Isi
5. Standar Kompetensi Lulusan
6. Standar Proses
7. Standar Penilaian
8. Pedoman Penyusunan RPP
9. Pedoman Penilaian
10. Pedoman penyusunan soal HOTS
11. Pedoman Pelaksanaan Literasi
D. Buku IV, terdiri:
1. Permen RB & PAN nomor 16 Tahun 2009
2. Perber Mendiknas & Kepala BKN No. 03/V/PB/2010 & NO. 14 Thn 2010.
3. Buku 1 : Pedoman PKB
4. Buku 2 : Pedoman PKG
5. Buku 3 :Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010
6. Buku 4 : Pedoman PKB dan Angka kreditnya
7. Buku 5 : Pedoman Penilaian PKB
8. Kode etik guru
9. Ikrar guru
E. Buku V, terdiri:
1. SKP yang disusun setiap awal tahun
2. Hasil Penilaian PK Guru
3. Penilaian Prestasi Kerja (PPK)
4. PAK Tahunan
Baca juga: Model Pembelajaran Quantum Teaching
Buku I berkaitan dengan perencanaan pembelajara dimana perencanaan yang disusun harus mengacu kepada visi, misi dan tujuan sekolah. Misalnya bila visi sekolah mempunyai kata kunci cerdas atau kreatif maka guru harus merencanakan proses pembelajaran untuk menimbulkan akseptor didiknya cerdas dan kreatif, tentunya guru yang baik akan berusaha mencari model-model /metode pembelajaran, menentukan media yang sanggup menjadikan peserta didiknya cerdas dan kreatif . Guru yang baik akan menyusun perencanaan mulai dari jadwal tahunan, semester, silabus dan menyusun RPP secara cermat bukan sekedar copy paste.
Buku II dipakai sebagai alat dalam mengefektifkan proses pembelajaran dan evaluasi serta menjadi bukti penting bahwa guru telah melaksanakan tugasnya dan tanggungjawabnya sesuai dengan hukum yang berlaku.
Buku III, berfungsi sebagai pedoman dalam menyusun perencanaan, melaksanakan pembelajaran, dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil berguru akseptor didik. Maka sebelum menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran diwajibkan untuk memahami standar , pedoman dan hukum yang berlaku.
Buku IV menjadi pedoman dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan , peningkatan karir dan pangkat guru. Diharapkan guru sanggup mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dalam pengusulan naik pangkatnya.
Buku V, Guru sebagai ASN berkewajiban menyusun sasaran kerja yang akan dilakukan dalam kurun satu tahun melalui persetujuan kepala sekolah dan diakhir tahun akan dinilai kepala sekolah melalui evaluasi kinerja guru hasil final dari evaluasi tersebut akan menghasilkan evaluasi prestasi kerja dan PAK tahunan yang akan dipakai guru untuk naik pangkat.
Dengan melengkapi manajemen menyerupai di uraikan di atas, maka guru akan sukses dalam kenaikan pangkat , layak disertifikasi dan peningkatan mutu pendidikan. Semoga.
Belum ada Komentar untuk "✔ Manajemen Guru Dalam Pembelajaran"
Posting Komentar