✔ Cara Menulis Laporan Ptk Cuilan Iv
Pada kepingan IV laporan penelitian tindakan kelas penulis melaporkan hasil dan pembahasan penelitian hal yang perlu dijelaskan adalah deskripsi kondisi awal, deskripsi hasil penelitian per siklus dan pembahasan tiap siklus . Berikut ini susunan dari kepingan IV:
A. Deskripsi Kondisi Awal
B. Deskripsi Hasil Siklus I
1. Perencanaan Tindakan
2. Pelaksanaan Tindakan
3. Hasil Pengamatan
4. Refleksi
C. Deskripsi Hasil Siklus II ( ibarat siklus I)
1. Perencanaan Tindakan
2. Pelaksanaan Tindakan
3. Hasil Pengamatan
4. Refleksi
D. Deskripsi Hasil Siklus III dst, ibarat siklus 1
E. Pembahasan / diskusi
F. Hasil Penelitian (secara empirik)
Penjelasan :
A. Deskripsi Kondisi awal
A. Deskripsi Kondisi awal
- Dideskripsikan semua hasil pengamatan dari kondisi awal
- Deskripsi sanggup disajikan pula dalam bentuk tabel/ daftar, maupun dalam bentuk grafik/ diagram\
- Tabel : seberapa besar kompetensi yang rendah= 26, tinggi = 79, rata-rata berapa = 51 ,
kemudian dilanjutkan dengan menciptakan grafik.
- Bentuk data yakni gambar diberi komentar atau keterangan foto, dalam gambar diberi keterangan ibarat nampak dalam gambar ada yang ngantuk atau pasif
B. Deskripsi Hasil Siklus I
- Dideskripsikan mengenai perencanaan siklus pertama, mencakup apersepsi, acara inti,
dan penutup.
- Dideskripsikan pelaksanaan tindakan pada siklus I, apa tindakan yang dilakukan, siapa yang
melaksanakan tindakan, dengan memakai apa tindakan biar berlangsung dsb. Bila
memungkinkan sanggup dimuat foto acara dikala pelaksanaan tindakan berlangsung.
- Dideskripsikan Hasil pengamatan/ observasi pada siklus I, hasil pengamatan sanggup berupa
hasil pengamatan proses pembelajaran maupun nilai ulangan harian.
- Hasil pengamatan sanggup disajikan dalam bentuk narasi, tabel, maupun gambar
- Dideskripsikan hasil Refleksi siklus I
1. Perencanaan Tindakan
- Apa pendahuluan/ pembukaan/ apersepsinya (membentuk kel besar= difoto).
- Dideskripsikan acara inti dalam perencanaan tindakan.
- Dideskripsikan acara apa yang dilakukan pada penutup
2. Pelaksanaan Tindakan
- Pelaksanaan apersepsi/ pembuka
- Pelaksanaan Inti dalam pengumpulan data, sanggup dilampirkan foto acara saat
pelaksanaan tindakan berlangsung = proses diceritakan apa adanya.
- Pelaksanaan penutup, contohnya diakhiri dengan ulangan harian/ tes.
- Pelaksanaan pada umumnya tidak menyimpang jauh dengan perencanaan
3. Hasil Pengamatan
- Dideskripsikan hasil pengamatan yang diperoleh pada siklus I
- Hasil pengamatan sanggup berupa pengamatan pada hasil pembelajaran maupun pengamatan
pada proses pembelajaran
- Hasil pengamatan pada hasil pembelajaran pada umumnya berbentuk nilai (nilai ulangan harian)
- Hasil pengamatan pada proses pembelajaran sanggup berupa nilai/angka maupun bukan.
- Hasil pengamatan ditulis apa adanya, belum ada refleksi maupun kesimpulan
- Dapat disajikan dalam bentuk daftar atau tabel, maupun dalam bentuk grafik/ diagram
- Hasil pengamatan secara lengkap disajikan dalam lampiran ( hasil pengamatan dan proses
diklat). Rendah berapa, tinggi berapa, rata-rata berapa, frekuensi tabel rentangan 0-5, 6-9 dst
- Dibuat histogram dari frekuensi
- Mencari rata-rata memakai rumus, ada ket.
- Tabel sanggup dimasukkan tapi perlu diberi keterangan dengan penggunaan yang berbeda
4. Refleksi
- Refleksi didasarkan pada hasil observasi
- Sudah diperoleh kesimpulan sementara
- Dapat juga membandingkan antara kondisi awal dengan hasil yang diperoleh pada
siklus I (dpt memilih gemuk dan tidak)
- Analisis deskriptif komparatif, dan deskriptif kualitatif kedua-duanya perlu ada namun
stressing hasil atau proses yang didahulukan tergantung judul
- Yang direfleksikan proses dan juga hasil
- Dideskripsikan mengenai perencanaan siklus pertama, mencakup apersepsi, acara inti,
dan penutup.
- Dideskripsikan pelaksanaan tindakan pada siklus I, apa tindakan yang dilakukan, siapa yang
melaksanakan tindakan, dengan memakai apa tindakan biar berlangsung dsb. Bila
memungkinkan sanggup dimuat foto acara dikala pelaksanaan tindakan berlangsung.
- Dideskripsikan Hasil pengamatan/ observasi pada siklus I, hasil pengamatan sanggup berupa
hasil pengamatan proses pembelajaran maupun nilai ulangan harian.
- Hasil pengamatan sanggup disajikan dalam bentuk narasi, tabel, maupun gambar
- Dideskripsikan hasil Refleksi siklus I
1. Perencanaan Tindakan
- Apa pendahuluan/ pembukaan/ apersepsinya (membentuk kel besar= difoto).
- Dideskripsikan acara inti dalam perencanaan tindakan.
- Dideskripsikan acara apa yang dilakukan pada penutup
2. Pelaksanaan Tindakan
- Pelaksanaan apersepsi/ pembuka
- Pelaksanaan Inti dalam pengumpulan data, sanggup dilampirkan foto acara saat
pelaksanaan tindakan berlangsung = proses diceritakan apa adanya.
- Pelaksanaan penutup, contohnya diakhiri dengan ulangan harian/ tes.
- Pelaksanaan pada umumnya tidak menyimpang jauh dengan perencanaan
3. Hasil Pengamatan
- Dideskripsikan hasil pengamatan yang diperoleh pada siklus I
- Hasil pengamatan sanggup berupa pengamatan pada hasil pembelajaran maupun pengamatan
pada proses pembelajaran
- Hasil pengamatan pada hasil pembelajaran pada umumnya berbentuk nilai (nilai ulangan harian)
- Hasil pengamatan pada proses pembelajaran sanggup berupa nilai/angka maupun bukan.
- Hasil pengamatan ditulis apa adanya, belum ada refleksi maupun kesimpulan
- Dapat disajikan dalam bentuk daftar atau tabel, maupun dalam bentuk grafik/ diagram
- Hasil pengamatan secara lengkap disajikan dalam lampiran ( hasil pengamatan dan proses
diklat). Rendah berapa, tinggi berapa, rata-rata berapa, frekuensi tabel rentangan 0-5, 6-9 dst
- Dibuat histogram dari frekuensi
- Mencari rata-rata memakai rumus, ada ket.
- Tabel sanggup dimasukkan tapi perlu diberi keterangan dengan penggunaan yang berbeda
4. Refleksi
- Refleksi didasarkan pada hasil observasi
- Sudah diperoleh kesimpulan sementara
- Dapat juga membandingkan antara kondisi awal dengan hasil yang diperoleh pada
siklus I (dpt memilih gemuk dan tidak)
- Analisis deskriptif komparatif, dan deskriptif kualitatif kedua-duanya perlu ada namun
stressing hasil atau proses yang didahulukan tergantung judul
- Yang direfleksikan proses dan juga hasil
Tindakan | Hasil | Proses |
Misal: Membentuk kelompok kecil dan kelompok Besar | Kondisi awal, nilai rendah =… , tinggi= , rata-rata=… . Kondisi siklus 1, nilai rendah = … tinggi =…. Refleksi : dilihat dari data awal dan siklus 1, terjadi perubahan sebanyak …. Poin ….% di tabelkan | Kond. Awal = 15 orang tidak serius. Kond. 1 = 5 orang yang tidak serius Refleksi : tinggal 5 orang dari 20 orang yang tidak serius belajar, terjadi penurunan sebanyak 15 point |
C. Deskripsi Hasil Siklus 2
- Berisi perencanaan tindakan pada siklus 2, pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan, dan
hasil refleksi
- Langkahnya ibarat pada siklus
- Dapat membandingkan hasil siklus kedua dengan hasil siklus pertama
- Berisi perencanaan tindakan pada siklus 2, pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan, dan
hasil refleksi
- Langkahnya ibarat pada siklus
- Dapat membandingkan hasil siklus kedua dengan hasil siklus pertama
D. Deskripsi Hasil Siklus 3
- Seperti deskripsi hasil siklus I maupun siklus 2
- Bila banyaknya siklus hanya 2 siklus, deskripsi hasil siklus 3 ini tidak perlu.
- Bila banyaknya siklus lebih dari 3 siklus, maka dilanjutkan ibarat siklus I dan 2
- Seperti deskripsi hasil siklus I maupun siklus 2
- Bila banyaknya siklus hanya 2 siklus, deskripsi hasil siklus 3 ini tidak perlu.
- Bila banyaknya siklus lebih dari 3 siklus, maka dilanjutkan ibarat siklus I dan 2
E. Pembahasan/ diskusi
- Dapat dibahas mengenai pelaksanaan tindakan kondisi awal, siklus I dan
siklus –siklus selanjutnya.
- Dibahas hasil observasi/ pengamatan kondisi awal, siklus I dan siklus -siklus selanjutnya.
- Dibahas hasil refleksi siklus I dan siklus-siklus selanjutnta.
- Dapat dibahas mengenai pelaksanaan tindakan kondisi awal, siklus I dan
siklus –siklus selanjutnya.
- Dibahas hasil observasi/ pengamatan kondisi awal, siklus I dan siklus -siklus selanjutnya.
- Dibahas hasil refleksi siklus I dan siklus-siklus selanjutnta.
Tindakan | Hasil | Proses |
Kel. Awal Kel. Besar dan kel. Kecil | Simpulannya bergotong-royong perubahan dari awal ke siklus 2 (berdasar empirik) | Membandingkan awal dan selesai atau siklus 2 |
F. Hasil Penelitian
- Hasil penelitian pada kepingan IV ini intinya merupakan hasil penelitian yang diperoleh
melalui kebenaran empirik. ( Kebenaran secara teoretik berupa hipotesis pada kepingan II ).
- Secara teotetik kebenaran diperoleh dari pengembangan kajian teori, kerangka berpikir
dan finalnya pengajuan hipotesis.
- Secara empirik kebenaran diperoleh dari hasil analisis data yang diperoleh dari kepingan III dan
bab IV, sehingga hasil penelitian pada kepingan IV ini merupakan kebenaran secara empirik.
Apabila dibandingkan halaman tiap bab, maka kepingan IV yang lebih banyak jumlah halamannya sebab sipeneliti menjelaskan proses dan hasil penelitian secara rinci.
- Hasil penelitian pada kepingan IV ini intinya merupakan hasil penelitian yang diperoleh
melalui kebenaran empirik. ( Kebenaran secara teoretik berupa hipotesis pada kepingan II ).
- Secara teotetik kebenaran diperoleh dari pengembangan kajian teori, kerangka berpikir
dan finalnya pengajuan hipotesis.
- Secara empirik kebenaran diperoleh dari hasil analisis data yang diperoleh dari kepingan III dan
bab IV, sehingga hasil penelitian pada kepingan IV ini merupakan kebenaran secara empirik.
Apabila dibandingkan halaman tiap bab, maka kepingan IV yang lebih banyak jumlah halamannya sebab sipeneliti menjelaskan proses dan hasil penelitian secara rinci.
Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Menulis Laporan Ptk Cuilan Iv"
Posting Komentar