✔ 20 Tips Menjadi Guru Mahir Dalam Pembelajaran K.13

1. Ubah Paradigma Anda , pembelajaran bukan wacana apa yang saya ajarkan hari ini  akan tetapi bagaimana cara saya biar penerima didik  mau dan sanggup berguru hari ini. 

2.Yakinkan diri anda , bahwa semua penerima didik sanggup mencapai kompetensi dan mereka semua ialah anak yang baik.


3.Fasilitasi biar terjadi komununikasi multi arah dan bukan satu arah, biar hal ini terjadi gunakanlah model-model pembelajaran seperti, PBL, PjBL, Discovery/Inquiri Learning dan model CoperativeLearning yang disandingkan dengan pendekatan saintifik.


4.Doronglah  para penerima didik anda melihat permasalahan dari bebagai aspek atau multi dimensi


5.Memberikanlah  kesempatan kepada  penerima didik untuk menganalisis informasi dan data yang telah dimiliki. 


6.Tularkan emosi positif dan perilaku optimis didepan penerima didik 


7. Doronglah   peserta didik untuk mencari informasi dan data yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi. 


8.Doronglah  para penerima didik membuatkan banyak sekali alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi. 


9.Doronglah  penerima didik Anda  untuk mengevaluasi banyak sekali alternatif dan memilih alternatif yang tebaik. 


10.Berikan kesempatan kepada  penerima didik Anda  untuk merumuskan solusi. 


11.Bantulah penerima didik Anda  untuk menyusun MIND MAPPING (sistematika pengetahuan dalam otaknya dalam gambar, diagram, simbol, persamaan) dari apa yang gres saja dipelajari. 


12.Bimbinglah penerima didik Anda  berguru dengan cara mereka sendiri sebab sering anak penerima didik bukan tidak mau berguru akan tetapi penerima didik belum menemukan cara berguru yang sesuai.


13.Tampillah bersemangat dan menarik dihadapan penerima didik Anda , bukan hanya pakaian saja akan tetapi kepribadian yang menarik biar penerima didik tertarik dengan pembelajaran yang anda sajikan 


14.Hindari banyak menandakan bahan dengan panjang lebar, tetapi tuntun mereka untuk mengeksplorasi dan mengkonstruksi pengetahuan.


15.Jangan mengucapkan perkataan yang mempunyai makna merendahkan, melecehkan atau menghina penerima didik. 


16.Jangan mengritik apa yang penerima didik sampaikan, apakah tanggapan atau pernyataan namun galilah alasan mengapa mereka berkata demikian.


17.Jangan memperlihatkan tanggapan eksklusif pada apa yang ditanyakan akan tetapi berikan kesempatan kepada penerima didik lain untuk memberi tanggabannya.


18.Jangan memotong pembicaraan penerima didik Anda , tapi terimalah  dan beri perhatian kepada apa yang dibicarakan.

19.Ingatlah bahwa konsentrasi penerima didik yang sanggup bertahan 20-30 menit, untuk itu lakukan variasi dalam acara berguru setiap 20-30 menit.

20.Pelajari dan pahamilah tingkahlaku dan gaya berguru masing-masing penerima didik 


Baca Juga: Memahami Penugasan Terstruktur dan Tidak Terstruktur 

Coba dan terapkanlah maka Anda kan benar-benar menjadi  guru ahli yang disukai penerima didik Anda !


Belum ada Komentar untuk "✔ 20 Tips Menjadi Guru Mahir Dalam Pembelajaran K.13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel