✔ 20 Tips Menjadi Guru Mahir Dalam Pembelajaran K.13
1. Ubah Paradigma Anda , pembelajaran bukan wacana apa yang saya ajarkan hari ini akan tetapi bagaimana cara saya biar penerima didik mau dan sanggup berguru hari ini.
2.Yakinkan diri anda , bahwa semua penerima didik sanggup mencapai kompetensi dan mereka semua ialah anak yang baik.
3.Fasilitasi biar terjadi komununikasi multi arah dan bukan satu arah, biar hal ini terjadi gunakanlah model-model pembelajaran seperti, PBL, PjBL, Discovery/Inquiri Learning dan model CoperativeLearning yang disandingkan dengan pendekatan saintifik.
4.Doronglah para penerima didik anda melihat permasalahan dari bebagai aspek atau multi dimensi
5.Memberikanlah kesempatan kepada penerima didik untuk menganalisis informasi dan data yang telah dimiliki.
6.Tularkan emosi positif dan perilaku optimis didepan penerima didik
7. Doronglah peserta didik untuk mencari informasi dan data yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi.
8.Doronglah para penerima didik membuatkan banyak sekali alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi.
9.Doronglah penerima didik Anda untuk mengevaluasi banyak sekali alternatif dan memilih alternatif yang tebaik.
10.Berikan kesempatan kepada penerima didik Anda untuk merumuskan solusi.
11.Bantulah penerima didik Anda untuk menyusun MIND MAPPING (sistematika pengetahuan dalam otaknya dalam gambar, diagram, simbol, persamaan) dari apa yang gres saja dipelajari.
12.Bimbinglah penerima didik Anda berguru dengan cara mereka sendiri sebab sering anak penerima didik bukan tidak mau berguru akan tetapi penerima didik belum menemukan cara berguru yang sesuai.
13.Tampillah bersemangat dan menarik dihadapan penerima didik Anda , bukan hanya pakaian saja akan tetapi kepribadian yang menarik biar penerima didik tertarik dengan pembelajaran yang anda sajikan
14.Hindari banyak menandakan bahan dengan panjang lebar, tetapi tuntun mereka untuk mengeksplorasi dan mengkonstruksi pengetahuan.
15.Jangan mengucapkan perkataan yang mempunyai makna merendahkan, melecehkan atau menghina penerima didik.
16.Jangan mengritik apa yang penerima didik sampaikan, apakah tanggapan atau pernyataan namun galilah alasan mengapa mereka berkata demikian.
17.Jangan memperlihatkan tanggapan eksklusif pada apa yang ditanyakan akan tetapi berikan kesempatan kepada penerima didik lain untuk memberi tanggabannya.
18.Jangan memotong pembicaraan penerima didik Anda , tapi terimalah dan beri perhatian kepada apa yang dibicarakan.
19.Ingatlah bahwa konsentrasi penerima didik yang sanggup bertahan 20-30 menit, untuk itu lakukan variasi dalam acara berguru setiap 20-30 menit.
20.Pelajari dan pahamilah tingkahlaku dan gaya berguru masing-masing penerima didik
Baca Juga: Memahami Penugasan Terstruktur dan Tidak Terstruktur
Coba dan terapkanlah maka Anda kan benar-benar menjadi guru ahli yang disukai penerima didik Anda !
2.Yakinkan diri anda , bahwa semua penerima didik sanggup mencapai kompetensi dan mereka semua ialah anak yang baik.
3.Fasilitasi biar terjadi komununikasi multi arah dan bukan satu arah, biar hal ini terjadi gunakanlah model-model pembelajaran seperti, PBL, PjBL, Discovery/Inquiri Learning dan model CoperativeLearning yang disandingkan dengan pendekatan saintifik.
4.Doronglah para penerima didik anda melihat permasalahan dari bebagai aspek atau multi dimensi
5.Memberikanlah kesempatan kepada penerima didik untuk menganalisis informasi dan data yang telah dimiliki.
6.Tularkan emosi positif dan perilaku optimis didepan penerima didik
7. Doronglah peserta didik untuk mencari informasi dan data yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi.
8.Doronglah para penerima didik membuatkan banyak sekali alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi.
9.Doronglah penerima didik Anda untuk mengevaluasi banyak sekali alternatif dan memilih alternatif yang tebaik.
10.Berikan kesempatan kepada penerima didik Anda untuk merumuskan solusi.
11.Bantulah penerima didik Anda untuk menyusun MIND MAPPING (sistematika pengetahuan dalam otaknya dalam gambar, diagram, simbol, persamaan) dari apa yang gres saja dipelajari.
12.Bimbinglah penerima didik Anda berguru dengan cara mereka sendiri sebab sering anak penerima didik bukan tidak mau berguru akan tetapi penerima didik belum menemukan cara berguru yang sesuai.
13.Tampillah bersemangat dan menarik dihadapan penerima didik Anda , bukan hanya pakaian saja akan tetapi kepribadian yang menarik biar penerima didik tertarik dengan pembelajaran yang anda sajikan
14.Hindari banyak menandakan bahan dengan panjang lebar, tetapi tuntun mereka untuk mengeksplorasi dan mengkonstruksi pengetahuan.
15.Jangan mengucapkan perkataan yang mempunyai makna merendahkan, melecehkan atau menghina penerima didik.
16.Jangan mengritik apa yang penerima didik sampaikan, apakah tanggapan atau pernyataan namun galilah alasan mengapa mereka berkata demikian.
17.Jangan memperlihatkan tanggapan eksklusif pada apa yang ditanyakan akan tetapi berikan kesempatan kepada penerima didik lain untuk memberi tanggabannya.
18.Jangan memotong pembicaraan penerima didik Anda , tapi terimalah dan beri perhatian kepada apa yang dibicarakan.
19.Ingatlah bahwa konsentrasi penerima didik yang sanggup bertahan 20-30 menit, untuk itu lakukan variasi dalam acara berguru setiap 20-30 menit.
20.Pelajari dan pahamilah tingkahlaku dan gaya berguru masing-masing penerima didik
Baca Juga: Memahami Penugasan Terstruktur dan Tidak Terstruktur
Coba dan terapkanlah maka Anda kan benar-benar menjadi guru ahli yang disukai penerima didik Anda !
Belum ada Komentar untuk "✔ 20 Tips Menjadi Guru Mahir Dalam Pembelajaran K.13"
Posting Komentar