✔ Download Rpp Silabus Ki Dan Kd Ipa Kelas 7 Revisi 2017

Download RPP Silabus KI dan KD IPA Kelas  ✔ Download RPP Silabus KI dan KD IPA Kelas 7 Revisi 2017
Perangkat pembelajaran yang Admin bagikan pada kesempatan artikel ini ialah untuk Mata Pelajaran IPA pada jenjang SMP/MTs yang merupakan file Kurikulum 2013. Pada aktivitas pembelajaran di semester 1 ganjil dan 2 genap kita sebagai Guru tentunya harus mempunyai aneka macam perangkat pembelajaran. Dan Admin secara lengkap akan membagikan file untuk pembelajaran di kelas 7 VII ibarat RPP, SILABUS, Kompetensi inti ( KI ) dan Kompetensi Dasar ( KD ).

Fungsi dari hadirnya perangkat pembelajaran ialah semoga pembelajaran yang kita sajikan sanggup baik dan benar sesuai dengan ketuntuan terutama pada K13 revisi 2017 yang mengalami aneka macam perubahan sesuai dengan permendikbud. File yang Admin sajikan merupakan hasil revisi terbaru yang tentunya merupakan file yang harus digunakan.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan perangkat pembelajaran revisi tahun 2017 Bapak dan Ibu sanggup download file RPP, Silabus, KI dan KD pada link dibawah ini secara lengkap:

Perangkat Pembelajan IPA Semester 1

Link RPP IPA kelas 7 Kurrikulum 2013
Link Silabus IPA kelas 7 Kurrikulum 2013
Link KI KD IPA kelas 7 Kurrikulum 2013

Perangkat Pembelajan IPA Semester 2

Link RPP IPA kelas 7 Kurrikulum 2013
Link Silabus IPA kelas 7 Kurrikulum 2013
Link KI KD IPA kelas 7 Kurrikulum 2013

Perangkat Pembelajara RPP Silabus KI dan KD IPA Kelas 7 Revisi 2017

Berikut Admin gambarkan sekilas salah satu RPP IPA Kelas 7 :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah : Sekolah Menengah Pertama …
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : VII / Genap
Materi Pokok : Sistem Organisasi Kehidupan
Alokasi waktu :

A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
KI. 1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
KI. 2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
KI. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel hingga organisme dan komposisi utama penyusun sel.
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan

Indikator
3.6.1. Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
3.6.2. Menjelaskan wacana sistem.
3.6.3. Melakukan pengamatan sel dengan memakai mikroskop.
3.6.4. Melakukan pengamatan jaringan dengan memakai mikroskop.
3.6.5. Menjelaskan pengertian organ.
3.6.6. Membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ.
3.6.7. Menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.
3.6.8. Menyebutkan 3 pola sistem organ yang menyusun organisme.
3.6.9. Memiliki keterampilan berbicara di depan kelas melalui aktivitas presentasi hasil projek sel.

C. Tujuan Pembelajaran
3.6.1.1. Peserta didik sanggup menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
3.6.2.1. Peserta didik sanggup menjelaskan wacana sistem.
3.6.3.1. Peserta didik sanggup melaksanakan pengamatan sel dengan memakai mikroskop
3.6.4.1. Peserta didik sanggup melaksanakan pengamatan jaringan dengan memakai mikroskop.
3.6.5.1. Peserta didik sanggup menjelaskan pengertian organ.
3.6.6.1. Peserta didik sanggup membedakan antara jaringan, organ, dan sistem organ.
3.6.7.1. Peserta didik sanggup menjelaskan konsep sistem organ dan organisme.
3.6.8.1. Peserta didik sanggup menyebutkan 3 pola sistem organ yang menyusun organisme.
3.6.9.1. Peserta didik mempunyai keterampilan berbicara di depan kelas melalui aktivitas presentasi hasil projek sel.

D. Materi Pembelajaran
1 Konsep Organisasi Kehidupan
2 Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan
3 Praktikum: Mengamati Sel Tumbuhan dengan Mikroskop dan Membandingkan Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan
4 JaringanPraktikum
5 Organ
6 Sistem Organ, Organisme, dan Presentasi Projek Model Sel

E. Metode Pembelajaran

Pendekatan umum : scientific
Metode : discovery, diskusi dan presentasi


F. Media dan Bahan

Media : Buku, Papan Tulis dan LCD Proyektor
Bahan : Buku Paket dan LKS

G. Sumber Belajar

a. Buku Paket K13
b. Referensi dari Internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Pertama Konsep Organisasi Kehidupan (3 JP)

a. Kegiatan Pendahuluan
1. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi penerima didik tunjukkanlah posisi mereka di dalam kelas, kemudian keberadaan kelas mereka. Kemudian, mintalah penerima didik untuk menganalisis suatu bangunan sekolah yang terdiri atas ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, dan lain-lain, kiprah serta fungsi keberadaan ruangruang tersebut serta apa jadinya bila ruang tersebut tidak tersedia.
2.. Catatan: “Guru sanggup menyebarkan dengan hal-hal terkait yang menggambarkan adanya hierarki dan akrab dengan kehidupan penerima didik.”
3. Bimbing penerima didik untuk mengajukan pertanyaan terkait pengamatan terhadap ruang-ruang sekolah dan fungsinya.

b. Kegiatan Inti
1. Secara berkelompok, penerima didik melaksanakan Kegiatan 1.1 “Mengamati Bagian Tubuh Katak”, melaksanakan pengamatan belahan badan katak. Kemudian menuliskan hasil kerjanya (sesuai kreasi penerima didik), dan mendiskusikan hasilnya, serta mempresentasikannya. Doronglah penerima didik untuk tidak takut salah; yang penting mekanisme dilakukan dengan benar dan aman.
2. Elaborasi lebih lanjut ke keterampilan proses IPA (kaitkan dengan hasil aktivitas penerima didik), ialah observasi – inferensi – komunikasi serta manfaat berguru IPA bagi penerima didik
3. Catatan: “Untuk pengembangan lebih lanjut, guru sanggup memakai binatang perhiasan yang mungkin dan gampang didapat penerima didik. Dapat pula memakai awetan yang sudah jadi apabila di sekolah memiliki.”
4. Ingat: “Observasi ini hanya ingin mengenalkan bahwa makhluk hidup tersusun dari bagian-bagian, bukan mempelajari struktur hewan!.

c. Kegiatan Penutup
Guru melaksanakan pengecekan pemahaman dengan meminta siswa mengerjakan kiprah (lihat Ayo Latihan Subbab A). Pada simpulan pembelajaran mintalah siswa melaksanakan refleksi wacana apa yang dipelajari dan manfaatnya.

2. Pertemuan II dan III: Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan (2 JP) dan Praktikum (3JP)

a. Pendahuluan
1. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi penerima didik tunjukkanlah gambar sel (sperma, telur ayam, dan lain-lain), kemudian mintalah penerima didik memberikan idenya wacana “Apa yang dilihat?”
2. Mempersiapkan praktikum Kegiatan 1.2 “Mengamati Sel Tumbuhan dengan Mikroskop” dan praktikum Kegiatan 1.3 “Membandingkan Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan“

b. Inti
1. Guru menawarkan klarifikasi konsep sel dan kebanyakan sel membutuhkan alat bantu untuk mempelajarinya berupa mikroskop.
2. Secara berkelompok penerima didik diminta untuk menganalisis data pengamatan.
3. Peserta didik mendefinisikan konsep “sel”.
4. Peserta didik mempresentasikan temuannya.
5. Peserta didik menciptakan preparat dari daun Rhoeo discolordengan bimbingan guru.


6. Peserta didik mengambil sel epitel pipi insan (siswa sendiri) dengan bimbingan guru.
7. Peserta didik mengamati sel dari daunRhoeo discolordan sel epitel verbal memakai mikroskop.
8. Peserta didik memakai data hasil pengamatan, menganalisis, dan menyimpulkannya.
9. Peserta didik membandingkan sel flora dan sel hewan.
10. Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan dan diskusinya.

c. Penutup
1. Melakukan refleksi serta penugasan sanggup berdiri diatas kaki sendiri melalui penugasan sanggup berdiri diatas kaki sendiri pada Kegiatan 1.4 “Berpikir kritis”.
2. Penugasan kelompok berupa projek aktivitas 1.5 “Membuat Model Sel“.

3. Pertemuan IV : Jaringan (2JP) dan Praktikum (3JP)

a. Pendahuluan
1. Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi penerima didik tunjukkanlah gambar jaringan dan organ (daun dan bagianbagiannya), kemudian mintalah penerima didik memberikan idenya wacana “Apa yang dilihat?”
2. Guru memberikan tujuan pembelajaran.
3. Mempersiapkan praktikum pada Kegiatan 1.2 “Mengamati Sel Tumbuhan dengan Mikroskop “.

b. Inti
1. Secara berkelompok penerima didik diminta mengamati secara cermat gambar jaringan dan organ (daun dan bagianbagiannya).
2. Hasil pengamatan didiskusikan dan penerima didik menciptakan kesimpulan.
3. Peserta didik menciptakan kesimpulan wacana konsep jaringan, kemudian mempresentasikan karenanya di depan kelas
4. Peserta didik melaksanakan Kegiatan 1.6 “Mengamati Jaringan “. Kemudian menuliskan hasil kerjanya (sesuai kreasi penerima didik), dan mendiskusikan karenanya (terus tekankan observasi – inferensi – komunikasi). Doronglah penerima didik untuk tidak takut salah.

c. Penutup
Guru melaksanakan review bersama siswa dengan menjawab beberapa pertanyaan.

J. Penilaian
a. Teknik Penilaian
1. Penilaian Sikap
2. Penilaian Pengetahuan
3. Penilaian Keterampilan

b. Remidial
Bagi Peserta Didik yang belum mencapai KKM diberi remedial ialah mempelajari kembali materi yang belum dikuasai dengan bimbingan guru.
Setelah melaksanakan langkah-langkah praremedial, di antaranya analisis hasil diagnosis, menemukan penyebab kesulitan berguru dan topik-topik yang belum dikuasai, guru sanggup melaksanakan agenda remedial menurut pada rencana aktivitas yang telah ditetapkan.

c. Pengayaan
Bacalah isu di bawah ini dengan saksama!
Pada tumbuhan, proses pengangkutan air dan mineral serta hasil fotosintesis dilakukan oleh jaringan pengangkut, yakni xylemdan floem. Untuk menerangkan proses pengangkutan tersebut, siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama melaksanakan percobaan memakai flora pacar air (Impatiens balsamina) yang telah dipotong belahan akarnya. Selanjutnya, batang pacar air dimasukkan ke dalam gelas beker yang berisi larutan kesumba merah 25% dan dibiarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, dibentuk irisan tipis dari batang pacar air tersebut untuk diamati di bawah mikroskop. Pada dikala mengamati irisan batang di mikroskop, ternyata terdapat belahan preparat yang tampak berwarna merah.

Berdasarkan isu di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Apa fungsi dari kesumba warna merah pada aktivitas tersebut?
Jawab
Fungsi zat pewarna kesumba merah pada percobaan tersebut untuk menerangkan terjadinya proses pengangkutan air dan mineral pada tanaman.

2. Mengapa percobaan tersebut memakai tumbuhan pacar air (Impatiens balsamina)? Jelaskan.
Jawab
Tanaman pacar air mempunyai batang lembap (herba), sehingga gampang dibuktikan terjadinya pengangkutan air.

3. Bagian apa yang tampak berwarna merah? Jelaskan prediksimu.
Jawab
Bagian xylem. Karena xylem berfungsi untuk mengangkut air. Pada percobaan tersebut menerangkan bahwa xylembekerja dalam proses pengangkutan air kesumba merah sehingga belahan xilemtampak berwarna merah.

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Rpp Silabus Ki Dan Kd Ipa Kelas 7 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel