✔ Pemikiran Bazar Literasi Sekolah 2019
Secara lengkap pada kesempatan artikel ini Admin akan membagikan informasi mengenai Pedoman acara Festival Literasi Sekolah Tahun 2019 yang berumber dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pedoman ini menggambarkan keseluruhan informasi mengenai FLS untuk dipakai sebagai tumpuan bagi para calon akseptor FLS tingkat Sekolah Menengan Atas dan pihak-pihak lain yang ingin memahami lebih dalam mengenai penyelenggaraan Program FLS tingkat SMA. Selengkapnya mengenai isi dari Juknis tersebut sanggup Bapak dan Ibu simak dan download pada link dibawah ini dalam bentuk Pdf.
Literasi tidak hanya didefinisikan sebagai kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan kasus pada tingkat keahlian yang diharapkan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. Pendidikan literasi baik literasi visual, digital maupun literasi non-digital, secara efektif berkontribusi memperlihatkan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan serasi dalam kepribadian remaja. Pendidikan secara luas yang dilaksanakan berbasis literasi secara efektif berkontribusi memperlihatkan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan serasi dalam kepribadian remaja. Pendidikan literasi sangat diharapkan dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman, terutama tantangan masa 21, daerah para generasi milenial dan post milenial tumbuh dan berkembang.
Petunjuk Teknis atau Juknis - Festival Literasi Sekolah (FLS) diarahkan sebagai salah satu proses pembentukan karakter. FLS tidak hanya mengarahkan akseptor bimbing untuk mahir berkesenian, tetapi dilatih pula untuk mempunyai kepekaan afektif, estetis, guna memperkuat rasa percaya diri melalui kesenian sebagai media ekspresi. Media literasi merupakan wahana bagi anak muda untuk mencurahkan intuisi dan estetika, serta gagasan dan imajinasi estetis yang tetap menjunjung tinggi kebijaksanaan pekerti dan etika.
Seiring dengan hal tersebut, FLS akan menyebarkan kreativitas remaja. Siswa-siswa Sekolah Menengah Atas yang kreatif akan bisa melahirkan ide-ide cemerlang, bisa mencari solusi atas banyak sekali persoalan, dan pada karenanya bisa mandiri. Sesuatu yang diungkapkan remaja melalui kreativitas seni tentunya akan dilihat teman sebaya dan orang remaja dengan demikian terciptalah komunikasi melalui media kreasi seni literasi.
Pendidikan literasi baik literasi visual, digital maupun literasi non-digital, secara efektif berkontribusi
memperlihatkan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan serasi dalam kepribadian remaja. Pendidikan secara luas yang dilaksanakan berbasis literasi secara efektif berkontribusi memperlihatkan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan serasi dalam kepribadian remaja.
Berikut daftar isi dari Buku Pedoman Festival Literasi Sekolah Tahun 2019 tersebut :
KATA PENGANTAR........................................ i
DAFTAR ISI................................................iii
BAB I PENDAHULUAN..................................... 1
A.Latar Belakang......................................................1
B.Dasar Hukum ........................................................3
C.Tujuan ...............................................................3
D.Hasil yang Diharapkan .............................................4
BAB II MEKANISME PENYELENGGARAAN FESTIVAL
LITERASI SEKOLAH/ AKADEMI REMAJA KREATIF
INDONESIA ................................................. 6
A.Sasaran...............................................................7
B.Persyaratan/Kriteria Peserta .....................................7
C.Kriteria Juri .........................................................8
D.Tema .................................................................8
E.Kategori Lomba ....................................................9
F.Kriteria Naskah Tahap Seleksi................................... 12
G.Kriteria Karya Tahap Final ...................................... 17
H.Mekanisme Pelaksanaan Final Lomba ........................ 20
I.Mekanisme Pendaftaran...........................................22
BAB III PENILAIAN ...................................... 23
A.Kriteria Penilaian................................................. 24
B.Komposisi Nilai Akhir............................................. 28
C.Lain-lain ........................................................... 28
D.Jadwal Kegiatan...................................................28
BAB IV PENUTUP ..... ...................................29
DAFTAR PUSTAKA........................................31
Selengkapnya mengenai file petunjuk teknis atau juknis tersebut sanggup Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini .
Pedoman Festival Literasi Sekolah 2019 DOWNLOAD
Literasi tidak hanya didefinisikan sebagai kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan kasus pada tingkat keahlian yang diharapkan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. Pendidikan literasi baik literasi visual, digital maupun literasi non-digital, secara efektif berkontribusi memperlihatkan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan serasi dalam kepribadian remaja. Pendidikan secara luas yang dilaksanakan berbasis literasi secara efektif berkontribusi memperlihatkan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan serasi dalam kepribadian remaja. Pendidikan literasi sangat diharapkan dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman, terutama tantangan masa 21, daerah para generasi milenial dan post milenial tumbuh dan berkembang.
Petunjuk Teknis atau Juknis - Festival Literasi Sekolah (FLS) diarahkan sebagai salah satu proses pembentukan karakter. FLS tidak hanya mengarahkan akseptor bimbing untuk mahir berkesenian, tetapi dilatih pula untuk mempunyai kepekaan afektif, estetis, guna memperkuat rasa percaya diri melalui kesenian sebagai media ekspresi. Media literasi merupakan wahana bagi anak muda untuk mencurahkan intuisi dan estetika, serta gagasan dan imajinasi estetis yang tetap menjunjung tinggi kebijaksanaan pekerti dan etika.
Seiring dengan hal tersebut, FLS akan menyebarkan kreativitas remaja. Siswa-siswa Sekolah Menengah Atas yang kreatif akan bisa melahirkan ide-ide cemerlang, bisa mencari solusi atas banyak sekali persoalan, dan pada karenanya bisa mandiri. Sesuatu yang diungkapkan remaja melalui kreativitas seni tentunya akan dilihat teman sebaya dan orang remaja dengan demikian terciptalah komunikasi melalui media kreasi seni literasi.
Pendidikan literasi baik literasi visual, digital maupun literasi non-digital, secara efektif berkontribusi
memperlihatkan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan serasi dalam kepribadian remaja. Pendidikan secara luas yang dilaksanakan berbasis literasi secara efektif berkontribusi memperlihatkan dasar perkembangan multi kecerdasan yang terpadu dan serasi dalam kepribadian remaja.
Berikut daftar isi dari Buku Pedoman Festival Literasi Sekolah Tahun 2019 tersebut :
KATA PENGANTAR........................................ i
DAFTAR ISI................................................iii
BAB I PENDAHULUAN..................................... 1
A.Latar Belakang......................................................1
B.Dasar Hukum ........................................................3
C.Tujuan ...............................................................3
D.Hasil yang Diharapkan .............................................4
BAB II MEKANISME PENYELENGGARAAN FESTIVAL
LITERASI SEKOLAH/ AKADEMI REMAJA KREATIF
INDONESIA ................................................. 6
A.Sasaran...............................................................7
B.Persyaratan/Kriteria Peserta .....................................7
C.Kriteria Juri .........................................................8
D.Tema .................................................................8
E.Kategori Lomba ....................................................9
F.Kriteria Naskah Tahap Seleksi................................... 12
G.Kriteria Karya Tahap Final ...................................... 17
H.Mekanisme Pelaksanaan Final Lomba ........................ 20
I.Mekanisme Pendaftaran...........................................22
BAB III PENILAIAN ...................................... 23
A.Kriteria Penilaian................................................. 24
B.Komposisi Nilai Akhir............................................. 28
C.Lain-lain ........................................................... 28
D.Jadwal Kegiatan...................................................28
BAB IV PENUTUP ..... ...................................29
DAFTAR PUSTAKA........................................31
Selengkapnya mengenai file petunjuk teknis atau juknis tersebut sanggup Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini .
Pedoman Festival Literasi Sekolah 2019 DOWNLOAD
Belum ada Komentar untuk "✔ Pemikiran Bazar Literasi Sekolah 2019"
Posting Komentar