✔ Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen Yang Terbuat Dari Tempe Busuk

Hallo, teman penikmat kuliner nusantara. Ada yang pernah mendengarmmasakan khas kota Sragen belum? Pasti dari kalian banyak yang tanya. Sragen apa punya kuliner khas? Menurut orang-orang Sragen mempunyai kuliner khas yakni sambel tumpang. Ya saya disini akan mengulas tentang  Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen.



Namun sebelum saya ulas Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen alangkah baiknya kalian mengenal wilayah kota Sragen semoga kalau mau berkunjung kesini tau. Baca dulu wilayah Sragen dibawah ini.

Sragen ialah kota kecil disalah satu provinsi Jawa Tengah. Kota yang mempunyai moto Sragen ASRI Aman Sehat Rapi Indah. Kota yang berada 30 KM Utara kota Surakarta, dan sentra kota berada di Sragen. Sragen yang berbatasan dengan kabupaten Ngawi sebelah timur, Kabupaten Karanganyar sebelah selatan, Kabupaten Boyolali sebelah Barat dan Kabupaten Grobogan sebelah Utara.

Sragen mempunyai luas tanah 941.55 km². Dan mempunyai slogan The Ancient Of Java dan mempunyai julukan Bumi Sukowati, Kota Fosil.

Sragen juga mempunyai banyak potensi alam yang dapat anda kunjungi salah satunya yakni situs insan purba yang ada di Sangiran letaknya sekitar 30 KM² dari sentra kota. Selain Sangiran Sragen sebetulnya masih banyak lagi tempat-tempat yang asyik untuk dikunjungi untuk mengetahui kawasan lainnya baca juga Tempat Wisata Indah Di Kota Sragen

Setelah kalian mengetahui alam dan tata letaknya wilayah kota Sragen mari kita ulas kuliner khasnya.

Artikel yang saya beri judul Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen.

Sambel tumpang merupakan kuliner yang terbuat dari tempe. Siapa sih yang tidak tau tempe? Pasti di meja makan kalian selalu ada dan terhidang tempe sebagai lauk makan. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang diberi ragi ini sangat terkenal di Indonesia.

Sambel tumpang itu diolah dengan banyak sekali bumbu dan materi lainnya. Diberi nama sambel alasannya ialah ada materi campurannya dengan cabai. Sambel tumpang yang berbahan baku tempe ini ada proses yang harus kalian ketahui yaitu tempe yang digunakan bukan tempe yang gres jadi melainkan tempe yang sudah beberapa hari. Atau orang jawa menyebutnya dengan istilah tempe bosok.

Mengapa kok yang digunakan tempe yang sudah usang atau bosok alasannya ialah kalau memakai tempe gres jadi tidak akan ada citarasa tersendiri atau rasanya hambar. Namun kalau memakai tempe bosok sambel tumpang tersebut akan mempunyai rasa yang khas dan enak.

Bumbu dan materi yang digunakan selain tempe yang saya sebutkan diatas ada materi lain yang ibarat masakan-masakan pada umumnya. Sambel tumpang berbahan dasar tempe bosok kemudian dicampur cabe, bawang putih, bawang merah, dan lain sebagainya materi ini semua dihaluskan baik tempe maupun materi campurannya.

Sambel tumpang cocok dihidangkan dengan nasi dan macam-macam gorengan atau dapat juga dengan kerupuk. Rasa yang dihasilkan yummy dan gurih. Jika kalian ingin tau silahkan mencoba kuliner ini niscaya kalian ketagihan.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan ihwal Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen yang. Orang orisinil Sragen yang merantau niscaya merindukan dengan kuliner sambel tumpang ini. Jika kalian berkunjung dikota Sragen warung warung makan niscaya ada didaftar sajian kuliner ini.

Cukup sekian kalau kurang berkenan di hati pembaca semua saya minta maaf. Dan saya ucapkan banyak banyak terima kasih atas jkunjunga Anda ke blog ini semoga blog ini ada keuntungannya buat kalian semua.

Belum ada Komentar untuk "✔ Sambel Tumpang Masakan Khas Kota Sragen Yang Terbuat Dari Tempe Busuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel