✔ Langkah-Langkah Beternak Kelinci Bagi Pemula

Langkah-langkah Beternak Kelinci Bagi Pemula

Kelinci sistem koloni

Kelinci merupakan binatang imut yang banyak disukai banyak orang. Hewan ini banyak yang menyukai lantaran bulunya yang elok dan sangat jinak. Bagi sebagian orang memelihara kelinci sebagai binatang peliharaan saja selain kucing dan anjing.

Kelinci bukan saja sebagai binatang peliharaan namun banyak juga yang beternak sebagai mata pencaharian. Dalam beternak kelinci itu di bagi menjadi 2 potongan yakni sebagai berikut :

1. Ternak kelinci hias

Pada nomor satu ini para peternak cuma beternak kelinci hias saja maksudnya mereka beternak hanya memenuhi kepada orang yang hobi dengan di pandang pada bulunya saja. Sebab kelinci hias sangatlah elok bila dipandang mata.
Kelinci hias
2. Ternak kelinci pedaging

Artinya pada peternakan ini hanya tertuju pada dagingnya saja. Mereka cuma menernak kelinci yang banyak dagingnya atau kelinci dengan ras besar. Seperti jenis kelinci Flemish Giant, NZ, Rex dll. Jenis jenis kelinci tersebut tergolong kelinci besar dan banyak dagingnya.
Kelinci pedaging

Kedua potongan diatas itu ialah sebagai tumpuan saja dikala kita akan memulai beternak kelinci. Kita sanggup menentukan salah satu atau dua duanya di ternak. Namun disaat ini yang paling dicari ialah kelinci pedaging. Sebab di sebagian tempat untuk memenuhi daging kelinci sangatlah kurang maka dari itu banyak para peternak kelinci mengambil jenis pedaging. Harga dari kelinci pedaging pun relatif stabil bahkan selalu naik di banding kelinci hias yang peminatnya berkurang.

Setelah kita menentukan ternak yang mana yang diambil kita sanggup menentukan langkah selanjutnya. Bagi pemula banyak yang masih galau apa saja yang harus dipersiapkan dalam beternak kelinci. Disini jangan khawatir saya akan membagikan Langkah-langkah Beternak Kelinci Bagi Pemula. Apa saja langkah-langkah nya silahkan simak penuturan saya di bawah ini :

1. Kandang

Pada poin pertama yang harus dipersiapkan ialah kandang. Kandang merupakan hal penting dalam beternak kelinci. Kandang sanggup anda buat dari kayu, bambu atau beli yang sudah jadi juga ada banyak dipasaran yang terbuat dari besi. Ukuran sangkar yang ideal ialah L: 50, P: 60, T:45. Kalian juga sanggup menentukan ukuran sendiri yang sanggup diubahsuaikan dengan Medan atau lahan anda.
Kandang kelinci

Yang harus diperhatikan dalam penempatan sangkar ialah sebagai berikut :
A. Jauhkan dari tempat tinggal kita atau terpisah dari tempat tidur kita
B. Harus ada sirkulasi udara yang baik
C. Terkena sinar matahari pagi

Kandang juga harus diperhatikan kebersihannya alasannya ialah bila tidak higienis kelinci yang kita ternak atau pelihara akan terkena banyak sekali penyakit. Biasakan membersihkan sangkar kelinci setiap hari.

2. Indukan Kelinci

Pilihlah indukan kelinci yang bagus. Jika kita ternak kelinci hias maka pilih kelinci hias yang paling banyak disukai orang. Sedangkan bila kita ternak untuk diambil dagingnya pilihlah indukan yang besar dan anakannya banyak.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan indukan kelinci ialah sebagai berikut :

A. Sehat
B. Memiliki mata yang cerah
C. Tingkah laris yang garang dan lincah

Dalam menentukan indukan jangan asal membeli kita beli harus tau keturunannya atau indukannya ibarat apa. Jika begitu kita sanggup beli di peternak besar sehingga kita tau asal muasal kelinci tersebut.

3. Pakan

Keberhasilan dalam beternak kelinci ditentukan dari pakannya. Jika kita memakai pakan dari alam misalnya daun-daunan atau rumput kita harus perhatikan dalam pemberiannya. Sebab banyak kasus kelinci yang diberikan pakan hijauan banyak yang mati lantaran kurang pengetahuan kita dalam menawarkan pakan hijauan. Sebelum pakan hijauan kita berikan ke kelinci terlebih dahulu harus di layukan.

Jika hijauan segar eksklusif kita berikan nantinya bila kelinci kita tidak terbiasa akan mengalami banyak hambatan yakni diantaranya kembung, mencret dll. Untuk menghindari hal tersebut lebih baik kita layukan dulu hijaun tadi.

Kita juga sanggup menawarkan pakan jadi yakni pakan pelet. Namun bila kita menawarkan pakan pelet yang harus kita perhatikan hasilnya, bagus tidaknya.

4. Kesehatan

Diawal awal kita akan memulai beternak kelinci juga harus memperhatikan kesehatan kelinci atau penyakit yang sering dialami kelinci dan cara penanganannya.

Jika pada peternakan kita ada kelinci yang kembung kita tidak usah bingung, obat apa yang harus kita berikan?.

Dalam penanganan kembung pada kelinci kita sanggup menawarkan daun pisang untuk mengatasi kembung pada kelinci. Sedangkan mencret pada kelinci kita sanggup menawarkan daun jambu muda.

Demikianlah yang sanggup saya sampaikan biar sanggup bermanfaat bagi para peternak kelinci pemula atau yang ingin memulai beternak kelinci. Ini saya dapatkan dari bertanya ke peternak kelinci besar yang ada di kita saya.

Belum ada Komentar untuk "✔ Langkah-Langkah Beternak Kelinci Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel