✔ Kunci Tanggapan Soal Osn Sd Mapel Ipa



Gurune.net - Ketemulagi ni sob dengan gurune. Kal ini kita akan membahas soal OSN tahun 2019 SD mapel IPA kita akan bahas satu postingan satu soal saja ya semoga fokus. Ok kita akan lihat soalnya sudah aku screnshoot.


Dari pertanyaan soal pada gambar disitu hanya menampilkan gambar penyerbukan oleh binatang sob tapi akan gurune tampilkan berupa gambar ya sob nanti kita lihat kesimpulanya saja. Ok gurune akan uploud gambar-gambarnya.






1. Penyerbukan sendiri (autogami)

Penyerbukan autogami yakni penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri. Penyerbukan autogami umumnya tidak menghasilkan keturunan bervariasi. Selain itu, ciri penyerbukan jenis ini yakni bunganya termasuk bunga tepat (hermaprodit) yang mempunyai kelamin jantan dan betina dalam satu bunga saja. Contoh flora yang sanggup melaksanakan penyerbukan sendiri yakni bunga turi, bunga sepatu, bunga telang, dan lain sebagainya.

2. Penyerbukan tetangga (geitonogami)

Penyerbukan geitonogami yakni penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada flora tersebut. Penyerbukan tetangga terjadi sebab bunga jantan dan bunga betina pada flora tersebut tidak berada dalam satu bunga. Contoh penyerbukan tetangga contohnya terjadi pada flora jagung, kelapa, kelapa sawit, dan lain sebagainya.

3. Penyerbukan silang (alogami)

Penyerbukan alogami yakni adalah penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada flora lainnya yang masih sejenis. Penyerbukan alogami atau penyerbukan silang kerap disebut dengan istilah persilangan. Penyerbukan silang umumnya menghasilkan variasi keturunan sebab perpaduan 2 sifat flora induk. Semua flora sanggup melaksanakan penyerbukan silang, utamanya dengan sumbangan manusia.

4. Penyerbukan bastar (hybridogamy)

Penyerbukan hybridogamy yakni penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada flora lainnya yang berbeda jenis atau sekurang-kurangnya mempunyai satu sifat beda. Contohnya penyerbukan bastar contohnya serbuk sari jambu kerikil berdaging merah menyerbuki putik dari jambu kerikil berdaging putih.


Entomogami adalah 
penyerbukan dengan mediator serangga. Entomogami biasanya terjadi pada flora yang menghasilkan madu dan serbuk sari. Contoh hewannya antara lain kupu-kupu, lalat, kumbang, dan lebah.


Ornitogami 
adalah penyerbukan dengan sumbangan burung. Bunga yang dipolinasi oleh burung biasanya mengandung madu dan air, serta berwarna merah atau mengandung unsur warna merah sebab burung peka terhadap warna ini. Selain itu, bentuk bunga yang dipolinasi burung biasanya khusus. Contohnya, bunga yang diserbuki oleh burung kolibri mempunyai tabung nectar yang panjang dan sempit. Burung kolibri menjilat madu dengan lidahnya yang tipis dan panjang.


kiropterogami ( penyerbukan oleh kelelawar) 
cirinya bunga berwarna merah gelap/bunga tdk berwarna mencolok, tidak mempunyai nektar, mekar pd malam hari.


Anemogami ( penyerbukan oleh angin) 
cirinya bunga ringan dan berukuran kecil dalam jumlah yg banyak.


Penyerbukan dengan 
bantuan insan (antropogami)
Tumbuhan tertentu mempunyai letak dan kedudukan organela bunga yang tidak memungkinkan tejadinya proses penyerbukan dengan sumbangan angin, hewan, atau air. Penyerbukan pada tumbuhan-tumbuhan ini sanggup dioptimalkan dengan sumbangan manusia. 


Dah tau berarti yasob jawabanya hehehe...dari gambar - gambar yang gurune tampilkan, jadi jawabanya apa sob?

Belum ada Komentar untuk "✔ Kunci Tanggapan Soal Osn Sd Mapel Ipa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel