✔ Buku 4 Training Dan Pengembangan Profesi Guru ( Part 2 )
Artikel Gagasan Ilmiah/ Best Practice dalam Bidang Pendidikan
1) Pengertian Artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan
adalah goresan pena yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah. Artikel gagasan ilmiah/best practice di bidang pendidikan pada umumnya mengikuti hukum dari jurnal yang akan memuat artikel gagasan ilmiah tersebut. Artikel gagasan ilmiah/best practice sekurang-kurangnya berisi sebagai berikut.- Pendahuluan, yang menguraikan wacana latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat.
- Kajian teori, yang menguraikan wacana teori-teori yang relevan.
- Pembahasan, yang mengemukakan wacana gagasan/ wangsit penulis dalam upaya memecahkan duduk kasus yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan pembelajaran di sekolah/madrasahnya. Pembahasan tersebut didukung oleh teori dan data yang relevan.
- kesimpulan.
2) Bukti fisik yang dinilai
Kegiatan guru yang menghasilkan artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan yang dipublikasikan harus dibuktikan dengan bukti fisik sebagai berikut. a) Jurnal ilmiah orisinil yang menunjukkan adanya nomor ISSN, tanggal terbitan, susunan dewan redaksi dan editor (mitra bestari). Jika jurnal tersebut dinyatakan telah terakreditasi, harus disertai dengan keterangan legalisasi untuk tingkat nasional. Jika dinyatakan jurnal tersebut diterbitkan di tingkat provinsi atau kabupaten/kota harus disertai keterangan yang terang tentang tingkat penerbitan jurnal tersebut. b) Jika 1 (satu) artikel gagasan ilmiah/best practice yang sama dimuat di beberapa majalah/jurnal ilmiah, maka yang sanggup dinilai hanya 1 (satu) dan dipilih artikel yang berpeluang mendapat angka kreditnya terbesar. Semua bukti fisik di atas memerlukan surat pernyataan keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.
3) Angka Kredit Besaran angka kredit artikel gagasan ilmiah/best practice dalam bidang pendidikan ditunjukkan pada Tabel 11 berikut.
3. Publikasi Buku Teks Pelajaran, Buku Pengayaan, dan Buku Pedoman Guru
Publikasi ilmiah pada kelompok ini terdiri dari: (1) Buku Teks Pelajaran, (2) Buku Pengayaan yang terdiri dari Modul/Diktat Pembelajaran, Buku dalam Bidang Pendidikan, Karya Terjemahan, dan (3) Buku Pedoman Guru.a) Buku Teks Pelajaran
1) Pengertian
Buku teks pelajaran yaitu buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi penerima didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai materi pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama maupun sebagaibuku pelengkap. Buku pelajaran sanggup ditulis guru secara individu atau berkelompok dengan kerangka isi sebagaimana dimaksud dalam Lampiran 6.2) Bukti Fisik yang dinilai
Kegiatan guru yang menghasilkan buku pelajaran harus dibuktikan dengan buku orisinil atau fotokopi yang secara terang menunjukkan nama penulis, nama penerbit, tahun diterbitkan, danketerangan lain menyerupai persetujuan dari BSNP, nomor ISBN. Jika buku tersebut berupa fotokopi, diharapkan surat pernyataan keaslian dari kepala Sekolah/madrasah disertai tanda tangan kepala Sekolah/madrasah dan cap sekolah/ madrasah bersangkutan.3) Angka Kredit
Angka kredit membuat buku teks pelajaran menyerupai pada Tabel 12 berikut.b) Modul/Diktat Pembelajaran
Definisi/pengertian modul dan diktat yaitu sebagai berikut.
(1) Modul yaitu materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan sanggup menyerap sendiri materi tersebut.
(2) Diktat yaitu catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/memperkaya materi matapelajaran/ bidang studi yang disampaikan olehguru dalam proses aktivitas berguru mengajar. Diktat yaitu buku pelajaran yang 'masih' memiliki keterbatasan, baik dalam jangkauan penggunaannya maupun cakupan isinya. Modul atau diktat tersebut harus secara terang menunjukkan nama mata pelajaran atau materi pokok tertentu yang menjadi isi utamanya, tahun/semester diterbitkan, serta klarifikasi kelas dari penerima didik yang akan memakai modul atau diktat tersebut dengan ketentuan sebagai berikut.
(1) Modul dan diktat yang dipakai di tingkat provinsi memerlukan ratifikasi dari kepala dinas pendidikan provinsi
(2) Modul dan diktat yang dipakai di tingkat kota/kabupaten memerlukan ratifikasi dari kepala dinas pendidikan kabupaten/kota,.
(3) Modul dan diktat yang dipakai di sekolah/ madrasah harus disahkan oleh kepala sekolah/ madrasah.
Kerangka Isi Modul Materi pelajaran pada suatu modul, disusun dan disajikan sedemikian rupa biar penerima didik secara berdikari sanggup memahami materi yang disajikan. Modul umumnya terdiri dari:
(1) petunjuk untuk siswa;
(2) isi materi bahasan (uraian dan contoh);
(3) lembar kerja siswa;
(4) evaluasi;
(5) kunci tanggapan evaluasi; dan
(6) pegangan tutor/guru (jika ada).
Ciri lain dari modul yaitu dalam satu modul terdapat beberapa aktivitas belajar yang harus diselesaikan dalam kurun waktu tertentu dan di setiap selesai aktivitas berguru terdapat umpan balik dan tindak lanjut. Umumnya satu modul menyajikan satu topik materi bahasan yang merupakan satu unit agenda pembelajaran tertentu. Sebagai cuilan dari modul, buku materi bahasan memiliki kerangka isi yang tidak berbeda dengan buku pelajaran. Ciri khas modul yaitu tersedianya aneka macam petunjuk yang lengkap dan rinci, biar penerima didik bisa memakai modul dalam pembelajaran secara mandiri.
Kerangka Isi Diktat
Karena diktat yaitu buku pelajaran yang 'masih' memiliki keterbatasan, baik dalam jangkauan penggunaannya maupun cakupan isinya, kerangka isi diktat yang baik seharusnya tidak berbeda dengan buku pelajaran, namun sebab masih dipakai di kalangan sendiri (terbatas), beberapa cuilan isi seringkali ditiadakan.
Bukti fisik yang dinilai.
Kegiatan guru yang menghasilkan modul atau diktat harus dibuktikan dengan modul/diktat orisinil atau fotokopi dengan disertai surat keterangan yang menyatakan bahwa modul/diktat tersebut dipakai di tingkat provinsi atau kabupaten/kota atau sekolah/madrasah setempat dengan ratifikasi dari dinas pendidikan provinsi atau dinas pendidikan kabupaten/kota dengan ketentuan sebagai berikut.
(1) Modul dan diktat yang dipakai di tingkat provinsi memerlukan ratifikasi dari kepala dinas pendidikan provinsi,
(2) Modul dan diktat yang dipakai di tingkat kota/kabupaten memerlukan ratifikasi dari kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.
(3) Modul dan diktat yang dipakai di sekolah/ madrasah harus disahkan oleh kepala sekolah/madrasah.
c) Buku dalam Bidang Pendidikan
(1) Pengertian
Buku dalam Bidang Pendidikan merupakan buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. Perbedaan antara buku pelajaran dan buku dalam bidang
Kerangka isi buku dalam bidang pendidikan tersebut pada Lampiran 9. Kegiatan guru yang menghasilkan buku bidang pendidikan harus dibuktikan dengan buku orisinil atau fotokopi yang secara terang menunjukkan nama penulis, nama penerbit, tahun diterbitkan, serta keterangan lain yang diharapkan menyerupai nomor ISBN, dan lain-lain.
Jika buku tersebut berupa fotokopi, maka diharapkan pernyataan keaslian dari kepala sekolah/madrasah yang disertai tanda tangan kepala sekolah/madrasah dan cap sekolah/madrasah bersangkutan.
(2) Angka Kredit Besaran angka kredit buku bidang pendidikan
d) Karya Terjemahan
Karya terjemahan yaitu goresan pena yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa abnormal atau bahasa kawasan ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa abnormal atau bahasa kawasan yang akan dipakai untuk membantu proses pembelajaran.
C. Karya Inovatif pada Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung PPGP
Karya inovatif yaitu karya hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang bermanfaat bagi pendidikan dan/atau masyarakat, yang terdiri dari (1) menemukan teknologi tepatguna; (2) menemukan/ membuat karya seni; (3) membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum; (4) mengikuti pengembangan/ penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya.
Hubungan antara Karya Inovatif dengan Tugas Mengajar Guru diatur sebagai berikut.
- Karya seni, sanggup dilakukan oleh semua guru
- Karya teknologi sempurna guna berupa alat/mesin dan agenda komputer, sanggup dilakukan oleh semua guru
- Karya teknologi sempurna guna berupa pengembangan bidang sains/teknologi (eksperimen), model pembelajaran/ bimbingan/evaluasi/manajemen/olahraga, alat pelajaran/ peraga/praktikum harus sesuai dengan kiprah mengajar guru.
Kategori Karya Inovatif
Karya inovatif terdapat dua kategori, yaitu kompleks dan sederhana. Kategori kompleks dan sederhana pada Karya Teknologi Tepat Guna ditinjau dari ruang lingkup penggunaan/pemanfaatan/durasi, sedangkan alat praktikum dan alat pelajaran didasarkan atas jumlah/durasi karya yang dihasilkan. Kategori kompleks dan sederhana pada Karya Seni ditinjau dari jumlah karya yang dihasilkan dan karya tersebut sudah dipublikasikan (dipamerkan/dipertunjukkan/diterbitkan) minimal pada tingkat kabupaten/kota. 1
1. Menemukan Teknologi Tepat Guna
Teknologi sempurna guna yaitu karya hasil rancangan/ pengembangan/percobaan sains dan/atau teknologi yang dibentuk atau dihasilkan dengan memakai bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya.
b. Jenis karya teknologi sempurna guna
1) Hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran/pembimbingan, pengembangan manajemen, atau pengembangan olah raga yang telah divideokan, sesuai bidang kiprah mengajar/membimbing.
2) Hasil eksperimen sains/teknologi sesuai bidang kiprah mengajar, yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat.
3) Program aplikasi komputer, yang bermanfaat untuk sekolah, pendidikan atau masyarakat, sanggup dibentuk oleh semua guru, tidak bergantung bidang kiprah mengajar/ membimbing. 4) Alat/mesin yang bermanfaat untuk sekolah, pendi-dikan atau masyarakat, sanggup dibentuk oleh semua guru, tidak bergantung bidang kiprah mengajar/membimbing.
Bukti fisik Kegiatan yang menunjukkan guru telah menemukan karya teknologi sempurna guna harus dibuktikan sebagai berikut.
1) Laporan hasil metodologi/evaluasi pembelajaran/ pembimbingan, pengembangan manajemen, atau pengembangan olah raga dilengkapi video atau film hasil pengembangan dalam compact disk atau flashdisk.
2) Laporan
hasil eksperimen sains/teknologi dilengkapi dengan foto ketika melaksanakan penelitian dan bukti pendukung lainnya.
3) Laporan proses pembuatan dan penggunaan agenda aplikasi komputer dilengkapi dengan softcopy agenda aplikasi komputer hasil pengembangan dalam compact disk atau flashdisk.
4) Laporan proses pembuatan dan penggunaan alat/ mesin dilengkapi dengan video/foto karya tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu
b. Jenis karya teknologi sempurna guna
1) Hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran/pembimbingan, pengembangan manajemen, atau pengembangan olah raga yang telah divideokan, sesuai bidang kiprah mengajar/membimbing.
2) Hasil eksperimen sains/teknologi sesuai bidang kiprah mengajar, yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat.
3) Program aplikasi komputer, yang bermanfaat untuk sekolah, pendidikan atau masyarakat, sanggup dibentuk oleh semua guru, tidak bergantung bidang kiprah mengajar/ membimbing. 4) Alat/mesin yang bermanfaat untuk sekolah, pendi-dikan atau masyarakat, sanggup dibentuk oleh semua guru, tidak bergantung bidang kiprah mengajar/membimbing.
Bukti fisik Kegiatan yang menunjukkan guru telah menemukan karya teknologi sempurna guna harus dibuktikan sebagai berikut.
1) Laporan hasil metodologi/evaluasi pembelajaran/ pembimbingan, pengembangan manajemen, atau pengembangan olah raga dilengkapi video atau film hasil pengembangan dalam compact disk atau flashdisk.
2) Laporan
hasil eksperimen sains/teknologi dilengkapi dengan foto ketika melaksanakan penelitian dan bukti pendukung lainnya.
3) Laporan proses pembuatan dan penggunaan agenda aplikasi komputer dilengkapi dengan softcopy agenda aplikasi komputer hasil pengembangan dalam compact disk atau flashdisk.
4) Laporan proses pembuatan dan penggunaan alat/ mesin dilengkapi dengan video/foto karya tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu
Angka Kredit
Angka kredit karya teknologi sempurna guna (karya sains/ teknologi) yaitu sebagaimana Tabel 18 berikut. Kategori Kompleks:
- Satu atau beberapa karya berupa hasil pengem-bangan model metodologi/evaluasi pembelajaran/ manajemen/ olahraga yang telah divideokan dengan durasi kumulatif minimal 60 menit.
- Satu karya berupa hasil eksperimen sains/ teknologi dimanfaatkan di masyarakat minimal di tingkat kelurahan.
- Satu karya berupa agenda aplikasi komputer dan dimanfaatkan di masyarakat minimal di tingkat kelurahan.
- Satu karya berupa alat/mesin serba guna dimanfaatkan di masyarakat minimal di tingkat kelurahan.
Kategori Sederhana:
- Satu atau beberapa karya berupa hasil pengem-bangan model metodologi/evaluasi pembelajaran/ manajemen/ olahraga yang telah divideokan dengan durasi kumulatif minimal 30 menit.
- Satu karya berupa hasil eksperimen sains/ teknologi dimanfaatkan di tingkat sekolah.
- Satu karya berupa agenda aplikasi komputer untuk pendidikan dan dimanfaatkan di tingkat sekolah.
- Satu karya berupa alat/mesin dimanfaatkan di tingkat sekolah.
2. Menemukan/Menciptakan Karya Seni
Menemukan/menciptakan karya seni yaitu proses perefleksian nilai-nilai dan gagasan insan yang diekspresikan secara estetik dalam aneka macam bentuk menyerupai rupa, gerak, bunyi, dan kata yang bisa memberi makna transendental, baik spriritual maupun intelektual bagi insan dan kemanusiaan.
a. Pengertian
Karya seni yaitu hasil budaya insan yang merefleksikan nilai-nilai dan gagasan insan yang diekspresikan secara estetik dalam aneka macam medium menyerupai rupa, gerak, bunyi, dan kata yang bersifat transendental dan edukatif baik spiritual maupun intelektual bagi insan dan kemanusiaan secara individual maupun kolektif/masyarakat.
b. Jenis Karya Seni
- ) Seni sastra, meliputi: cerpen, puisi, naskah drama/ teater/film.
- ) Seni rupa, meliputi: kriya logam/kayu/keramik, lukisan, patung, dan ukiran.
- ) Desain komunikasi visual, mencakup : sampul buku, poster, brosur, baliho, fotografi, animasi, film, company profile.
- ) Seni musik/suara, mencakup : lagu, aransemen musik
- ) Seni busana, mencakup : baju, celana, rok dan sejenisnya.
- ) Seni pertunjukan, meliputi: teater, drama, tari, sendratari, dan ensamble musik.
Pengelompokan Karya Seni
1) Karya seni dengan bukti fisik yang sanggup disertakan pribadi tanpa laporan penciptaan; meliputi: Seni Sastra yang terdiri dari novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, naskah drama/ teater/film.
2) Karya seni dengan bukti fisik yang sanggup disertakan pribadi dengan menulis laporan penciptaan; meliputi: (a) seni rupa, seperti: benda-benda souvenir, film animasi cerita; (b) seni desain grafis, seperti: sampul buku, poster, brosur, fotografi; dan (c) seni musik rekaman
3) Karya seni dengan bukti fisik yang tidak sanggup disertakan pribadi dan harus menulis laporan penciptaan; meliputi: (a) seni rupa, seperti: lukisan, patung, ukiran, keramik ukuran besar, baliho; (b) busana;dan (c) seni pertunjukan, seperti: teater, tari, sendra tari, ensamble musik.
c. Bukti fisik
1) Karya sastra novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, dan naskah drama berupa buku orisinil yang diterbitkan ber-ISBN oleh penerbit bereditor sastra dan diedarkan di masyarakat. Naskah berbentuk kliping (cerpen atau puisi) dari surat kabar/majalah sastra juga harus berupa naskah orisinil (bukan fotokopi). Semua karya sastra itu harus dilampiri surat pernyataan keaslian karya dan ratifikasi oleh kepala sekolah.
2) Karya seni rupa berupa benda-benda souvenir, seni desain grafis (a.l.:sampul buku, poster, brosur, fotografi), seni musik rekaman, film, dan sebagainya, pengusulannya dilakukan mengirimkan ke tim penilai berupa: (a) benda karya seni yang dinilaikan, (b) laporan deskripsi proses kreatif penciptaan, (c) keterangan identitas pencipta disahkan oleh kepala sekolah/ madrasah, (d) pernyataan kebenaran keaslian dan kepemilikan karya seni serta belum pernah diusulkan untuk angka kredit sebelumnya dari kepala sekolah/ madrasah, (e) surat keterangan telah dipamerkan/ dipublikasikan/diedarkan atau memenangkan lomba minimal tingkat kabupaten/kota dari panitia dan pihak yang berwenang (dewan kesenian/asosiasi seni/dinas yang relevan)
3) Karya seni yang bukti fisiknya tidak sanggup disertakan pribadi pengusulannya dilakukan dengan mengirimkan ke tim penilai berupa: (a) foto-foto karya atau video dalam compact disk atau flash disk, (b) laporan deskripsi proses kreatif penciptaan, (c) keterangan identitas pencipta dan pernyataan kebenaran keaslian/ kepemilikan karya seni serta belum pernah diusulkan untuk angka kredit sebelumnya dari kepala sekolah/ madrasah, (d) surat keterangan telah dipamerkan/ dipublikasikan/diedarkan atau memenangkan lomba minimal tingkat kabupaten/kota dari panitia dan pihak yang berwenang (dewan kesenian/ asosiasi seni/ dinas yang relevan).
Kategori Kompleks:
1) Seni sastra:
(a) Dua buah buku novel, naskah drama/film, atau buku kisah bergambar yang diterbitkan, ber-ISBN. (b) Buku kumpulan cerpen minimal 10 cerpen, buku kumpulan puisi minimal 40 puisi diterbitkan, berISBN,
(c) Satuan kliping minimal 10 cerpen atau kliping minimal 40 puisi yang dimuat di media masa yang ber ISSN.
2) Desain komunikasi visual:
(a) Setiap judul film (cerita, dokumentasi, animasi), sinetron, wayang, atau company profile berdurasi minimal 30 menit.
(b) Setiap minimal 6 baliho yang berbeda, dipasang di tempat umum.
(c) Setiap minimal 20 poster/pamflet/brosur seni yang berbeda, ukuran kecil, dan dicetak berwarna
3) Seni Musik
(a) Setiap 6 judul lagu yang telah direkam oleh instansi/ perusahaan rekaman profesional atau setiap 6 judul lagu yang telah dipublikasikan.
(b) Setiap 10 naskah aransemen lagu yang telah diterbitkan dan ber-ISBN.
4) Seni Busana:
Setiap 10 kreasi busana yang berbeda.
5) Seni rupa:
(a) Setiap 6 lukisan, patung, ukiran, atau keramik yang berbeda.
(b) Setiap 20 karya seni fotografi yang berbeda dan telah dipublikasikan/dipamerkan.
(c) Setiap 10 jenis karya seni ukuran kecil yang berfungsi sebagai souvenir.
6) Seni pertunjukan:
(a) Satu judul drama, teater, musik, tari modern/klasik atau sendratari yang telah dipentaskan dengan durasi minimal 60 menit.
(b) Beberapa judul drama, teater, musik, tari modern/ klasik atau sendratari yang telah dipentaskan dengan durasi komulasi minimal 60 menit.
Kategori Sederhana:
1) Seni sastra:
(a) Satu buah buku novel, naskah drama/film, atau buku kisah bergambar (komik) yang diterbitkan,dan berISBN.
(b) Buku kumpulan cerpen minimal 5 cerpen atau buku kumpulan puisi minimal 20 puisi diterbitkan, dan berISBN.
(c) Satuan kliping minimal 5 cerpen ataukliping minimal 20 puisi yang dimuat di media masa l yang ber-ISSN.
2) Desain komuikasi visual:
(a) Setiapjudul film (cerita, dokumenter, animasi), sinetron, wayang, atau company profile berdurasi minimal 15 menit.
(b) Setiap minimal 3 (tiga) baliho/poster seni yang berbeda, dan dipasang di tempat umum.
(c) Setiap minimal 10 poster/pamflet/brosur seni yang berbeda, ukuran kecil, dan dicetak berwarna.
3) Seni Musik
(a) Setiap 3 judul lagu yang telah direkam oleh instansi/perusahaan rekaman tertentu atau setiap 3 judul lagu yang telah dipublikasikan.
(b) Setiap 5 naskah aransemen lagu yang telah diterbitkan, dan ber-ISBN.
4) Seni Busana:
Setiap 5 kreasi busana yang berbeda.
5) Seni rupa:
(a) Setiap 3 lukisan, patung, ukiran, atau keramik yang berbeda.
(b) Setiap 10 karya seni fotografi yang berbeda.
(c) Setiap 5 jenis karya seni ukuran kecil yang berfungsi sebagai souvenir, diedarkan secara luas dan diakui oleh masyarakat.
6) Seni pertunjukan:
(a) Satu judul drama, teater, musik, tari modern/klasik atau sendratari yang telah dipentaskan dengan durasi minimal 30 menit.
(b) Beberapa judul drama, teater, musik, tari modern/ klasik atau sendratari yang telah dipentaskan dengan durasi komulasi minimal 30 menit.
3. Membuat/Memodifikasi Alat Pelajaran/Peraga dan Alat Praktikum
a. Alat Pelajaran/Peraga
1) Pengertian
Alat pelajaran/peraga yaitu alat yang dipakai untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipakai dalam proses pembelajaran atau bimbingan. Alat pelajaran/peraga memiliki ciri memperjelas konsep/teori/cara kerja suatu alat dan ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah/madrasah tersebut
2) Jenis alat pelajaran/peraga adalah
a) Poster/gambar untuk pelajaran,
b) Alat permainan pendidikan,
c) Model benda/barang atau alat tertentu,
d) Benda potongan (cutaway object),
e) Video/animasi pembelajaran.
f) Alat bantu pelajaran (penjasorkes, seni, prakarya, IPA, teknik)
3) Kriteria Alat Pelajaran/Peraga
a) Berupa alat yang berfungsi untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran/ bimbingan.
b) Pelaksanaan proses pembelajaran/bimbingan menjadi lebih terang dan lebih efektif.
4) Bukti fisik
Kegiatan yang menunjukkan bahwa guru telah membuat alat pelajaran/peraga harus dibuktikan dengan:
a) Laporan tertulis wacana cara pembuatan dan penggunaan alat pelajaran/peraga yang dilengkapi dengan gambar/foto alat peraga tersebut bila alat peraga tidak memungkinkan untuk dikirim.
b) Laporan tertulis wacana cara pembuatan dan penggunaan alat pelajaran/peraga yang dilengkapi dengan alat pelajaran/peraga yang dibentuk bila alat pelajaran/ peraga tersebut memungkinkan untuk dikirim.
Laporan tersebut harus dilengkapi dengan lembar ratifikasi dari kepala sekolah/madrasah bahwa alat peraga tersebut dipergunakan di sekolah/ madrasah.
Belum ada Komentar untuk "✔ Buku 4 Training Dan Pengembangan Profesi Guru ( Part 2 )"
Posting Komentar