✔ Alat Pernafasan Dan Pencernaan Pada Insan Serta Hewan




1. Alat pernapasan insan terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paru-paru (cabang tenggorokan/ bronkus, bronkiolus, alveolus/ kawasan pertukaran gas oksigen dengan karbon dioksida). 

2. Alat pernapasan binatang berbeda-beda, tergantung pada lingkungan kawasan hidupnya. 

3. - Burung, mamalia, dan reptil bernapas dengan paru-paru. - Amfibi : berudu bernapas dengan insang, katak bernapas dengan paru-paru dan kulit. - Ikan bernapas dengan insang. - Serangga bernapas dengan trakea. 

4. Gangguan alat pernapasan sanggup terjadi lantaran debu, asap, amis tak sedap, dan kuman penyakit. 

5. Penyakit yang menyerang alat pernapasan insan antara lain influenza, flu burung, asma, TBC, salesma, radang paru-paru, bronkitis, batuk, pneumonia, dan SARS. 

6. Cara meningkatkan kesehatan alat pernapasan, yaitu: - makan makanan bergizi, - olahraga teratur, - menjaga kebersihan, - menjauhi asap (rokok, kendaraan, pabrik-pabrik, dan lain-lain). 

7. Alat pencernaan insan terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. 

8. Di verbal terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi. - Gigi, lidah, dan air liur, berfungsi menghancurkan makanan sebelum masuk ke dalam susukan pencernaan. - Gerakan peristaltik terjadi di kerongkongan, usus halus, usus besar, dan lambung. 

9. Di lambung terdapat: - enzim asam klorida berfungsi membunuh kuman; - enzim pepsin berfungsi mengubah protein menjadi pepton; - enzim renin berfungsi mengubah susu menjadi kasein; 

10. Di usus halus terdapat enzim amilase, enzim lipase, dan enzim tripsin. 

11. Penyakit pada alat pencernaan disebabkan oleh kuman atau kuman, teladan makan tidak teratur, kurang menjaga kebersihan, makanan tidak hancur sempurna. 

12. penyakit-penyakit pada alat pencernaan insan di antaranya diare, mag, radang usus, tifus, dan lain-lain.

13. Cara meningkatkan kesehatan alat pencernaan manusia, yaitu: - makan secara teratur, - makan makanan bergizi, - mengunyah makanan sampai lumat, - menjaga kebersihan makanan dan peralatan makan. 

14. Makanan bergizi merupakan makanan yang mengandung zat-zat yang diharapkan tubuh. Zat-zat yang diharapkan badan yaitu: karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air. 

15. Makanan bergizi seimbang yaitu makanan yang mengandung semua zat gizi yang diharapkan badan dengan jumlah memadai. 

16. Makanan empat sehat lima tepat terdiri dari: makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan susu. 

17. Alat peredaran darah insan terdiri atas jantung dan pembuluh darah. 

18. Pembuluh darah terdiri atas pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). 

19. Peredaran darah terdiri atas 2 macam, yaitu: - Peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung ke paru-paru kembali ke jantung. - Peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari jantung ke seluruh badan kembali ke jantung.

Belum ada Komentar untuk "✔ Alat Pernafasan Dan Pencernaan Pada Insan Serta Hewan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel