✔ Menyusun Rancangan Pembelajaran Era 21

 Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan penerima didik untuk mewujudkan tujuan hi ✔ Menyusun Rancangan Pembelajaran Abad 21
rancangan pembelajaran abad21 -

Gurune.net - Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan penerima didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. 

Minat, bakat, kemampuan, dan potensi yang dimiliki penerima didik tidak akan sanggup berkembang secara optimal tanpa pinjaman dari seorang guru. 

Guru dibutuhkan memperhatikan penerima didik secara optimal. Itulah sebabnya, guru selain memperhatikan penerima didik secara kelompok juga diharapkan pula memperhatikan penerima didik secara individual. 

Oleh lantaran itu, pendidikan harus dirancang sedemikian rupa dan memungkinkan para penerima didik sanggup membuatkan potensi yang dimiliki secara alami, kreatif dalam suasana kebebasan, kebersamaan, dan tanggung jawab. 

Selain itu, pendidikan harus sanggup menghasilkan lulusan yang bisa memahami masyarakatnya dengan segala faktor yang sanggup mendukung kehidupan mereka di masyarakat (Mudiono, 2017: 2). 

Perancangan pembelajaran bisa dimulai dari aspek sikap (performance) atau dari aspek keterangan (informasi). 

Jika berawal dari pendekatan sikap maka perancang harus terlebih dahulu memilih hal-hal yang sanggup dikerjakan oleh siswa dan hal-hal yang seharusnya mereka kerjakan. 

Jika memulai dari pendekatan informasi maka perancang harus memilih pengetahuan atau informasi yang ada dan yang diinginkan oleh penerima didik. 

Informasi yaitu keterangan yang ada dan berada di luar diri seseorang, sedangkan pengetahuan yaitu keterangan yang telah dimiliki atau tersimpan dalam diri seseorang (Oemar Hamalik, 2014:81-82). 

Para guru dalam melaksanakan pembelajaran memerlukan kesiapan secara profesional semoga tujuan pembelajaran sanggup dicapai dengan maksimal. 

Salah satu bentuk kesiapan guru sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas yaitu menyusun rancangan pembelajaran yang relevan dnegan perkembangan zaman dan kebutuhan penerima didik. 

Rancangan pembelajaran yang harus disiapkan meliputi tiga hal pokok yaitu meliputi tujuan pembelajaran, inti bahan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. 

Guru dalam menyusun tujuan pembelajaran menurut pada kurikulum dengan membuatkan KI dan KD dan diubahsuaikan dengan lingkungan sosial siswadalam kehidupan sehari-hari. Inti pembelajaran dikembangkan diubahsuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai menurut pada kurikulum yang digunakan. 

Sementara penilaian disusun untuk melihat keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan serta melaksanakan umpan balik refleksi acara pembeljaran yang teah dilakukan. 

Rancangan pembelajaran di masa ke 21 ini dibutuhkan sanggup disusun oleh guru untuk membuatkan potensi siswa melalui pemanfaatan teknologi berbasis komputer dan media online. 

Guru sanggup membuatkan potensi siswa melalui tugastugas yang sanggup dikerjakan memakai teknologi berbasis komputer dan sanggup memanfaatkan media online sebagai alat untuk menemukan sumber belajar. 

Kreativitas dan penemuan pembelajaran yang dilakukan oleh guru akan memungkinkan pemanfaatan secara optimal teknologi berbasis komputer dan media berbasis online guna tercapainya tujuan pembelajaran. 

Pembelajaran masa ke 21 mempunyai karakteristik yang khas yaitu komunikatif digital, informasi bersifat sangat dinamis, informasi tersedia di mana saja, dan informasi tidak selalu valid (Dispora DIY, 2017:2). 

Guru sebagai tenaga profesional dan pendidik di sekolah perlu mempersiapkan beberapa hal esensial terkait acara pembelajaran bersama siswa dengan penuh pertimbangan. 

Dalam hal ini tak terkecuali juga perlu memperhatikan kondisi siswa sebagai subyek pembelajar. 

Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk Siswa (National Educational Technology Standards for Students/NETS-S) mengemukakan terdapat enam keterampilan penting yang harus dimiliki dan ditanamkan guru kepada siswa guna mencapai keberhasilan di sekolah dan kariernya di masa depan. 

Keterampilan siswa ini penting diketahui guru guna menyesuaikan kebutuhan siswa dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ibarat kini ini. 

Hal ini nantinya akan mempunyai kegunaan untuk kepentingan pengintegrasian ke dalam rencana pembelajaran yang akan disusun guru. Berikut Standar Teknologi Pendidikan Nasional untuk siswa (National Educational Technology Standards for Students/NETS-S).  


Belum ada Komentar untuk "✔ Menyusun Rancangan Pembelajaran Era 21"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel