✔ Bandara-Bandara Dan Lapangan Udara Di Tiap-Tiap Provinsi Di Indonesia

MI khususnya untuk ayo berlatih siswa disuruh menyebutkan bandara  ✔ Bandara-Bandara dan Lapangan Udara di Tiap-Tiap Provinsi di Indonesia
jalur penerbangan di indonesia - sumber buku siswa kelas v sd/mi

Gurune.net - Pada Buku Siswa  tema 1 sub tema 3 pembelajaran ke 4 untuk kelas 5 SD/MI khususnya untuk ayo berlatih siswa disuruh menyebutkan bandara - bandara dan lapangan udara di tiap - tiap provinsi di Indonesia.

Tapi sebelumnya kita lihat dulu bacaan terkait bahan ini.

Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Transportasi  Masyarakat 


Wilayah Indonesia yang luas, berupa kepulauan, dan disatukan oleh maritim sangat menghipnotis kondisi transportasi yang ada. Jalur strategis yang bisa dipakai untuk menghubungkan antara pulau satu dengan pulau yang lain ialah jalur maritim dan jalur udara. Adapun jenis atau moda transportasi yang efektif dipakai ialah kapal maritim dan pesawat terbang. Adapun jalur darat ada moda transportasi kereta api, bus, dan kendaraan beroda empat yang dipakai untuk menghubungkan kawasan satu dengan kawasan lain dalam satu pulau.

Penggunaan pesawat sebagai moda transportasi penghubung antarpulau harus didukung dengan sarana pendukung. Sarana pendukung untuk pesawat ialah tersedianya bandar udara atau bandara serta lapangan udara. Untuk pulaupulau besar dan kota-kota besar dibangunlah bandara yang bisa menampung pesawat-pesawat besar. Sedangkan di pulau-pulau kecil dibangunlah lapangan udara yang hanya bisa menampung pesawat-pesawat kecil atau pesawat-pesawat perintis. 

Begitu pula dengan penggunaan kapal sebagai moda transportasi penghubung antarpulau, harus didukung dengan ketersediaan pelabuhan yang memadai. Ketersediaan pelabuhan yang memadai dan jumlah kapal yang banyak bisa meningkatkan mobilitas masyarakat antarpulau. Karena penggunaan moda transportasi kapal dirasa masih lebih murah kalau dibandingkan dengan memakai pesawat, sehingga masyarakat lebih banyak menentukan untuk memakai kapal untuk bepergian antarpulau.

Jika penyediaan dan penggunaan moda transportasi antarpulau memadai akan sangat membantu kehidupan masyarakat. Mengingat luas wilayah Indonesia yang sangat luas dan berupa kepulauan, sehingga menghipnotis pemerataan kegiatan pembangunan dan hasil-hasilnya. Sehingga kemajuan tidak hanya berpusat pada daerah-daerah tertentu saja. 

Ada kawasan yang sangat maju, namun ada kawasan yang masih sangat tertinggal. Harga barang kebutuhan di satu pulau berbeda dengan harga kebutuhan di pulau lain. Hal tersebut merupakan pola kecil dampak negatif kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan. Adapun dampak positifnya, khusunya bagi perkembangan alat transportasi, ialah terpacunya bangsa Indonesia untuk membangun dan membuatkan industri pesawat dan perkapalan.

MI khususnya untuk ayo berlatih siswa disuruh menyebutkan bandara  ✔ Bandara-Bandara dan Lapangan Udara di Tiap-Tiap Provinsi di Indonesia
sumber : buku siswa kelas v sd/mi

Peta di atas ialah peta jalur penerbangan antarpulau di Indonesia. Sekarang sebutkan bandara-bandara dan lapangan udara di tiap-tiap provinsi di Indonesia.


No
Provinsi
Bandara
1
Nangroe Aceh Darussalam
Sultan Iskandar Muda
2
Sumatera Utara
Kuala Namu
3
Riau
Sultan Syarif Kasim II
4
Kepulauan Riau
Raja Haji Fisabilillah
5
Sumatera Barat
Minangkabau
6
Jambi
Sultan Thaha
7
Sumatera Selatan
Sultan Mahmud Badaruddin II
8
Kep. Bangka Belitung
Depati Amir
9
Bengkulu
Fatmawati
10
Lampung
Radin Inten II
11
Banten
Soekarno Hatta
12
DKI Jakarta
Halim Perdanakusuma
13
Jawa Barat
Hussein Sastranegara
14
Jawa Tengah
Ahmad Yani
15
DI Yogyakarta
Adi Sucipto
16
Jawa Timur
Juanda
17
Bali
I Gusti Ngurah Rai
18
Nusa Tenggara Barat
Lombok
19
Nusa Tenggara Timur
El Tari
20
Kalimantan Utara
Tanjung Harapan
21
Kalimantan Barat
Supadio
22
Kalimantan Tengah
Tjilik Riwut
23
Kalimantan Selatan
Syamsudin Noor
24
Kalimantan Timur
Temindung
25
Sulawesi Utara
Sam Ratulangi
26
Sulawesi Barat
Tampa Padang
27
Sulawesi Tengah
Mutiara
28
Sulawesi Tenggara
Haluoleo
29
Sulawesi Selatan
Sultan Hasanuddin
30
Gorontalo
Jalaluddin
31
Maluku
Patimura
32
Maluku Utara
Sultan Baabullah
33
Papua Barat
Rendani
34
Papua
Sentani

itulah sob daftar Bandara-Bandara dan Lapangan Udara di Tiap-Tiap Provinsi di Indonesia.

Update 21 Agustus 2019 nama nama pelabuhan di 34 provinsi di indonesia

Karena banyak yang meminta data pelabuhan di Indonesia terkait dengan bahan diatas maka gurune juga atampilkan file data nama nama pelabuhan di 34 provinsi di indonesia.

Belum ada Komentar untuk "✔ Bandara-Bandara Dan Lapangan Udara Di Tiap-Tiap Provinsi Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel