✔ Trik Matematika Menyenangkan Di Kelas Dari 4 Angka Absurd - Konstanta Kaprekar - Bikin Siswa Ketagihan Matematika

Gurune.net - Banyak yang terpukau dengan 4 digit angka ini, " 6174 " menjadi 4 digit angka abnormal dan misterius semenjak tahun 1949. Bermula dari spesialis angka / matematika dari India yang berjulukan Datarea Ramchandra Kaprekar ( 1905 - 1986 ). Dialah penemu 4 angka misterius tersebut, yang kini temuanya dikenal dengan " KONSTANTA KAREKAR ". Kita coba praktekan keunikan angka ini sob, sangat di rekomendasikan kita praktekan didepan siswa - siswi kita semoga mereka menikmati keunikan Matematika.

 digit angka abnormal dan misterius semenjak tahun  ✔ Trik Matematika Menyenangkan di Kelas Dari  4 Angka Ajaib  - Konstanta Kaprekar - Bikin siswa Ketagihan Matematika
Konstanta Kaprekar


Langkang - langkah menandakan keunikan angka misterius 6174 :

 digit angka abnormal dan misterius semenjak tahun  ✔ Trik Matematika Menyenangkan di Kelas Dari  4 Angka Ajaib  - Konstanta Kaprekar - Bikin siswa Ketagihan Matematika
Konstanta Kaprekar

LANGKAH PERTAMA : 


1. Tuliskan 4 digit angka bebas gurune mencoba dengan angka 5487, kalau sobat mau mengikuti cari angka beda saja untuk menandakan ajaibnya Konstanta Kaprekar. Ok kita lanjut sob..

2. Urutkan 4 digit angka yang sudah kita tulis tadi dari yang besar ke yang kecil 8754 / lihat pada gambar diatas.

3. Kemudian urutkan lagi angka diatas dari yang kecil ke yang besar ( angka yang gurune punya 4578 )

4. Kurangkan angka hasil pengurutan no 2  dikurangi pengurutan angka nomer 3. ( 8754-4578 = 4176 ).

Kita lanjut ke LANGKAH KEDUA.

 digit angka abnormal dan misterius semenjak tahun  ✔ Trik Matematika Menyenangkan di Kelas Dari  4 Angka Ajaib  - Konstanta Kaprekar - Bikin siswa Ketagihan Matematika
Konstanta Kaprekar

LANGKAH KE DUA

Sama dengan langkah pertama, akan tetapi kita urutkan hasil dari langkah pertama

1. Tuliskan hasil angka pada langkah Pertama ( 4176 )

2. Urutkan angka ditas dari yang besar ke yang kecil ( 7641 )

3. Urutkan angka tadi dari yang kecil ke yang besar atau dibalik ( 1467 )

4. Kurangkan angka hasil pengurutan no 2 dengan no 3 ( 7641 - 1467 = 6174 )

lanjutkan kelangkah 3 dari hasil langkah ke 2 maka jadinya akan menyerupai pada gambar dibawah ini dan ulangi terus maka akan sama pula jadinya yaitu 6174.

 digit angka abnormal dan misterius semenjak tahun  ✔ Trik Matematika Menyenangkan di Kelas Dari  4 Angka Ajaib  - Konstanta Kaprekar - Bikin siswa Ketagihan Matematika
Konstanta Kaprekar

Menarik sekali angka 6174 ini..

Sobat praktekan di depan kelas, suruh anak - anak menuliskan 4 digit angka bebas menyerupai langkah 1- 3 tadi..

suruh siswa merahasiakan angka tersebut dari sobat yang lain

kemudian lakukan menyerupai langkah diatas

diakhir pengitungan guru sudah menyiapkan amplop berisi goresan pena angka 6174 kalau tidak masukan terlebih dahulu didalam tas salah satu anak atau laci meja mereka.

Sangat fantastis, niscaya siswa akan ketagihan dengan matematika.

Itu sob ...Trik Matematika Menyenangkan di Kelas Dari  4 Angka Ajaib  - Konstanta Kaprekar - Bikin siswa Ketagihan Matematika tentunya.

Selamat mencoba, share kalau bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "✔ Trik Matematika Menyenangkan Di Kelas Dari 4 Angka Absurd - Konstanta Kaprekar - Bikin Siswa Ketagihan Matematika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel