✔ Menjawab Pertanyaan Dari Bacaan Sumber Energi Panas ( Buku Siswa Kelas V Tema 6 ) Semester 2



Cermati bacaan di bawah ini. Bacaan di bawah merupakan salah satu pola teks klarifikasi perihal sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai teks klarifikasi berupa warta pada aneka macam media, baik media cetak maupun media elektronik. Salah satu bentuk media cetak ialah buku, majalah, dan koran. Informasi apa saja yang kau dapatkan dari bacaan di dalam buku ini? 


Sumber Energi Panas

Benda yang sanggup menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas sanggup kita jumpai di alam, salah satunya ialah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan masakan pada flora yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.  

Energi panas matahari sanggup menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam aneka macam acara manusia. Misalnya, panas matahari dipakai untuk mengeringkan padi sesudah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.  

Cobalah kau gosokkan kedua tanganmu selama satu menit!  Apa yang kau rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu!  Apa yang kau rasakan? Setelah kau melaksanakan dua acara tersebut, apakah kau mencicipi panas? Energi panas sanggup dihasilkan dikala terjadi ukiran antara dua benda. Pada acara di atas, ukiran antara kedua telapak tanganmu dan ukiran antara mistar dan kain, sanggup menjadikan energi panas. 

Selain matahari dan ukiran antara dua benda, energi panas juga sanggup diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapat api dengan cara menggosokkan dua buah watu yang kering hingga keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu memakai kayu kering kemudian digosok-gosokkan dengan tanah yang kering hingga keluar api. 

Ternyata ukiran dua benda antara dua watu kering, dan ukiran antara dua kayu kering sanggup menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api gampang dihasilkan dari korek api dan kompor.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini menurut bacaan di atas! 


Jawab Dulu pertanyaan diatas maka akan muncul kunci jawabanya.

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama.  
Lalu, jawablah pertanyaan berikut ini! 

1. Apa judul bacaan di atas?
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas. Kata kunci ialah kata-kata yang kau anggap penting dalam sebuah paragraf.  Perhatikan contoh! 

Paragraf 1   :  energi panas; sumber energi; proses fotosintesis.              
Paragraf 2  :  .................................................................................................            .................................................................................................                  
Paragraf 3  :  .................................................................................................            .................................................................................................                  
Paragraf 4  :  .................................................................................................            .................................................................................................                  

3. Apa yang sanggup kau simpulkan dari bacaan di atas?  Jelaskanlah kesimpulan bacaan di atas kepada teman sebangkumu!
Kesimpulan:
.......................................................................................................................

Kunci Jawaban :


  1. Sumber Energi Panas
  2. Paragraf 2 ( Energi Panas matahari, Pemanfaatan Energi Panas Matahari ), Paragraf 3 ( Energi panas, Percikan Api, Keluar Api ), Paragraf 4 ( Gesekan dua Benda, Energi panas )
  3. Kesimpulan Bacaan diatas ialah " Benda yang sanggup menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas.Energi panas matahari sanggup menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat.Selain matahari dan ukiran antara dua benda, energi panas juga sanggup diperoleh dari api. Saat ini api gampang dihasilkan dari korek api dan kompor".
Pertanyaan Berikutnya -- >> Kunci Jawaban Tabel

Demikian pembahasan dan kunci jawaban Pertanyaan Dari Bacaan Sumber Energi Panas ( Buku Siswa Kelas V Tema 6 ) Semester 2

Belum ada Komentar untuk "✔ Menjawab Pertanyaan Dari Bacaan Sumber Energi Panas ( Buku Siswa Kelas V Tema 6 ) Semester 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel