✔ Bimbel Gratis Untuk Pelajaran Sd Hingga Sma Di Rumah Berguru Kemendikbud.Go.Id


Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemdikbud) memudahkan bagi masyarakat untuk mendapat bimbingan mencar ilmu (bimbel) online gratis secara cuma-cuma berjulukan Rumah Belajar.

Menggunakan bimbel gratis milik Kemdikbud ini secara gratis secara online. Nama aplikasi web mencar ilmu gratis yang dimiliki Kemdikbud berjulukan Rumah Belajar. Rumah Belajar terintegrasi dengan website milik Kementerian Pendidikan https://belajar.kemdikbud.go.id

Dikutip dari website, Rumah Belajar merupakan hasil pengembangan portal sebelumnya yang diluncurkan pada 15 Juli 2011 berisi konten materi mencar ilmu yang sanggup dimanfaatkan oleh pendidik dan akseptor didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), Umum sebagai sumber media pembelajaran.

Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat gampang diakses. Begitu di-klik, eksklusif muncul halaman pertama dengan banyak sekali sajian pilihan kelompok materi belajar.

Pada sajian Fitur Utama terdapat delapan kelompok konten, ialah Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya. Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan pada sajian Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, ialah Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung.

Selain itu, Rumah Belajar juga menawarkan layanan ketersediaan sumber media pembelajaran dalam bentuk materi mencar ilmu interaktif yang dilengkapi dengan media pendukung gambar, animasi, video dan simulasi, serta dalam bentuk buku digital.

Konten-konten yang ada pada Rumah Belajar tersebut disediakan untuk banyak sekali tujuan, biar pendidik dan akseptor didik sanggup melaksanakan pembelajaran secara komprehensif. Misalnya fitur Peta Budaya, disiapkan untuk menyediakan banyak sekali macam materi pembelajaran budaya di Indonesia sehingga akseptor didik sanggup lebih mengetahui dan menghargai keragaman sopan santun istiadat/budaya. Sedangkan Wahana Jelajah Angkasa dikembangkan biar akseptor didik lebih gampang mengenal benda-benda angkasa.

Selanjutnya, Bank Soal, berisi kumpulan soal-soal latihan/tes. Juga Karya Guru dan Karya Komunitas, memberi kesempatan pendidik mengunggah karya terbaiknya. Di sini pendidik sanggup membuatkan informasi/ ilmu dengan yang lain.

Fitur yang lain, yakni Kelas Maya, memberi layanan pendidik dan akseptor didik menyelenggarakan acara e-learning atau pembelajaran secara daring (online) kapan saja dan di mana saja. Fitur itu memfasilitasi pembelajaran daring antara pendidik dan akseptor didik kapan saja dan di mana saja.

Baik pada ketika jam sekolah maupun di luar jam sekolah (sesuai komitmen pendidik dan akseptor didik), asalkan guru dan siswa mempunyai koneksi internet dan perangkat gawai ibarat komputer/laptop/ notebook.

Adapun Laboratorium Maya sanggup dipakai akseptor didik dan pendidik melaksanakan percobaan di laboratorium secara virtual (maya).

Semua percobaan atau simulasi yang tersedia di Laboratorium Maya sanggup diunduh oleh pengguna dengan melaksanakan login terlebih dahulu. Di fitur ini terdapat konten untuk mata pelajaran IPA dan matematika dengan kategori Sekolah Menengah Pertama dan SMA.

Sejauh ini, Rumah Belajar telah banyak dimanfaatkan oleh pendidik sebagai sumber media pembelajaran. Pendidik di Bengkulu Tengah, NTB, dan Maluku Utara, misalnya, mencicipi portal tersebut sangat membantunya dalam mencari materi pembelajaran.

Peserta didik pun tambah bersemangat dengan media pembelajaran berbasis internet tersebut. Meskipun demikian, tanpa sambungan internet di kelas pun, pembelajaran dengan konten dari Rumah Belajar tetap sanggup dilaksanakan.

Caranya, pendidik mengunduh materi terlebih dulu melalui gawai yang berkoneksi internet. Lalu, hasil undungan itu disimpan dalam alat penyimpan data, ibarat flashdisk/USB, atau compact disc (CD). Dalam kelas, materi tersebut ditayangkan dengan proyektor LCD secara luring (offline).

Dengan cara demikian itu, kelas yang tidak terakses internet pun sanggup memanfaatkan konten Rumah Belajar. Bertujuan mendorong akseptor didik pro-aktif dalam proses pembelajaran, sanggup saja seorang atau beberapa orang akseptor didik diminta mengunduh materi terlebih dulu. Kemudian materi itu ditayangkan secara luring di kelas untuk dibahas bersama.

Dalam hal ini pendidik bertindak sebagai fasilitator. Bagi pendidik di kawasan 3 T (terdepan, terluar, tertinggal), ketiadaan sambungan internet bukan menjadi hambatan dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan materi yang diambil dari Rumah Belajar. Asal ada kemauan, pembelajaran berbasis internet tersebut sanggup dilaksanakan dengan baik di mana saja dan kapan saja.

Dalam memanfaatkan Rumah Belajar pengguna akan di dampingi oleh Duta Rumah Belajar yang telah dipilih dari 34 Provinsi. Mereka merupakan perpanjangan tangan dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud, dalam melaksanakan Sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi isu dan komunikasi (TIK), khususnya pemanfaatan Rumah Belajar di masing-masing provinsinya.

Cara Daftar
1. Setelah masuk, dilanjutkan dengan mengklik daftar di dashboard yang telah disediakan.
2. Untuk siswa dipersilakan menentukan kriteria siswa yang telah disediakan.
3. Setelah mengklik user siswa, pengguna pertama kali diwajibkan mengisi formulir yang telah disiapkan.
4. Beberapa formulir yang wajib diisi untuk mendapat akun, yang sanggup mengakses bimbel secara gratis.
5. Daftar gres siswa, user diwajibkan mengisi kolom data sekolah, data diri dan akun.
6. Setelah terisi semua, maka user tinggal mengklik daftar.

Setelah akun disetuji developer, maka langkah selanjutnya pemilik akun sanggup masuk untuk mencoba bimbel gratis.
Akun yang sudah disetuji dipersilakan kembali mengisi username dan password
1. Gunakan username dan password Rumah Belajar.
2. Isi kategori Guru/Siswa
3. Bila akun benar, maka eksklusif masuk ke aplikasi bimbel online untuk jenjang PAUD, SD, Sekolah Menengah Pertama maupun SMA/SMK
Bisa klik link disini >>>> KLIK


Belum ada Komentar untuk "✔ Bimbel Gratis Untuk Pelajaran Sd Hingga Sma Di Rumah Berguru Kemendikbud.Go.Id"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel