✔ Nadiem Kembali Ingatkan Calon Siswa Sd Dihentikan Dites Calistung



Mendikbud Nadiem Makarim kembali mengingatkan supaya calon siswa SD tidak dites dengan ujian baca, tulis, dan berhitung. Aturan ini sudah berlaku beberapa periode sebelumnya.

Dengan Terbitnya Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 perihal Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Kejuruan, Selasa (31/12/2019). Dalam Permendikbud itu, masuk TK-SMA melalui 4 jalur, yaitu:

1. Zonasi
2. Afirmasi
3. Perpindahan kiprah orang tua/wali; dan/atau
4. Prestasi

Dalam Pasal 5 ayat 1 disebutkan persyaratan calon penerima didik gres kelas 1 SD berusia:
a. 7 tahun hingga dengan 12 tahun;
b. paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.

"Seleksi calon penerima didik gres kelas 1 (satu) SD dilarang dilakukan berdasarkan tes membaca, menulis, dan/atau berhitung," demikian suara Pasal 24 ayat 1.

Aturan di atas sudah usang berlaku. Mohammad Nuh ketika menjabat sebagai Mendikbud sudah melarang guru melaksanakan tes membaca, menulis dan berhitung (calistung) untuk siswa yang akan masuk sekolah dasar dalam kurikulum 2013.

"Saya perintahkan kepada kepala dinas pendidikan untuk melarang pihak sekolah dasar melaksanakan tes calistung atau membaca, menulis, dan berhitung ketika masuk SD," kata Nuh pada Minggu 13 Januari 2013.

Pada ketika Muhadjir Effendy sebagai Mendikbud melaksanakan yang sama. Muhadjir menegaskan SD dilarang memakai tes baca, tulis, hitung (calistung) sebagai standar mendapatkan siswa.


"Memang sebenarnya kan berdasarkan peraturan yang kita terbitkan dilarang ada tes baca, tulis, hitung ketika siswa masuk SD, kecuali tesnya itu untuk placement atau untuk mengetahui apakah anak itu sudah mendapatkan pengalaman berguru calistung atau belum. Tapi bukan dipakai untuk menolak atau mendapatkan anak sekolah," kata Muhadjir pada awal 2019.

Belum ada Komentar untuk "✔ Nadiem Kembali Ingatkan Calon Siswa Sd Dihentikan Dites Calistung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel