✔ Libatkan Banyak Sekali Pihak, Kemendikbud Susun Soal Seleksi Cpns 2019


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali dipercaya untuk menyusun soal seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahap seleksi kompetensi dasar (SKD). Penyusunan soal SKD tersebut melibatkan unsur dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kemendikbud juga melibatkan para koordinator penyusunan soal CPNS tahun 2018 yang merupakan dosen-dosen yang berkompeten dari perguruan tinggi tinggi, serta didampingi oleh hebat konstruksi soal dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyerahkan naskah soal SKD CPNS Tahun 2019 kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS Tahun 2019, yang diwakili oleh Menteri PAN dan RB, Tjahyo Kumolo. Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, turut hadir menyaksikan program serah terima soal SKD CPNS 2019 yang berlangsung di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, sebagai salah satu instrumen penting dalam menjaring calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkelas dunia, penyusunan soal SKD tahun 2019 dilaksanakan melalui beberapa tahapan dan dengan melibatkan banyak sekali pihak. Penyusunan kisi-kisi soal SKD tahun 2019 diawali dengan proses penilaian soal dan kisi-kisi SKD tahun 2018. Dalam prosesnya, penyusunan soal SKD tahun 2019 memakai aplikasi yang difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Negara.

“Selanjutnya untuk memastikan bahwa soal yang telah disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, telah dilakukan telaah bahasa oleh para hebat bahasa dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan,” tutur Mendikbud. Ia juga memberikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut serta membantu Kemendikbud dalam penyusunan soal.

Soal SKD CPNS 2019 diserahkan Mendikbud kepada Panselnas, ialah Menteri PAN dan RB selaku Ketua Tim Pengarah Panselnas untuk selanjutnya sanggup dipakai dalam Seleksi Pengadaan CPNS Tahun 2020 di lingkungan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Dalam sambutannya, Mendikbud juga menyatakan akad Kemendikbud untuk selalu sanggup membantu proses pengadaan CPNS secara akuntabel dan transparan. Hal tersebut dilakukan semoga dari hasil seleksi sanggup diperoleh calon-calon Aparatur Sipil Negara yang berintegritas, nasionalis, profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, mempunyai jiwa keramahtamahan (hospitality), mempunyai kemampuan membangun jejaring (networking), dan mempunyai jiwa wirausaha (entrepreneurship), atau yang biasa disebut dengan SMART ASN.

Menteri PAN dan RB, Tjahyo Kumolo mengatakan, menurut data dari BKN, ada 4.197.218 calon penerima seleksi CPNS yang telah melaksanakan pendaftaran. Dari jumlah tersebut, sekitar 3-juta orang dinyatakan telah lolos verifikasi manajemen dan akan diseleksi untuk memperebutkan 154.029 formasi. Formasi tersebut berada di instansi sentra dengan jumlah 37.584 deretan dan sebanyak 116.445 deretan berada di instansi daerah.

Ia menuturkan, dengan diserahkannya soal SKD CPNS 2019 ke Panselnas, selanjutnya Tim Panselnas akan memasukkan soal tersebut ke dalam sistem seleksi CPNS. “Harus dilakukan dalam proses kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan serta keamanan data, itu jadi akad kita bersama. Kita berharap semua pihak sanggup terus mengawal kelancaran dan keamanan dari seluruh tahapan (seleksi) yang ada,” tutur Menteri PAN dan RB.
Sumber : https://www.kemdikbud.go.id

Belum ada Komentar untuk "✔ Libatkan Banyak Sekali Pihak, Kemendikbud Susun Soal Seleksi Cpns 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel