Download Referensi Rpp Ipa 1 (Satu ) Lembar Smp Tahun 2020


Download Contoh RPP IPA 1 (satu) Lembar Sekolah Menengah Pertama tahun 2020 _Dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, seorang pendidik/guru seharusnya mempunyai panduan dalam proses pembelajaran. Hal ini perlu dilakukan semoga supaya proses pembelajaran yang diberikan kepada siswa berjalan dengan baik dan maksimal. Panduan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dituangkan dalam bentuk RPP.
Terkait dengan pembuatan RPP, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan bahwa terkait kebijakan merdeka belajar, maka Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) perlu disederhanakan (Jpnn.com). RPP yang para rekan guru buat dengan belasan komponen menyerupai (1) identitas sekolah, (2) identitas mata pelajaran atau tema/subtema (3) kelas dan semester (4) materi pokok (5) alokasi waktu (6) tujuan pembelajaran, (7) Kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetensi (8) materi pembelajaran (9) metode pembelajaran (10) media pembelajaran (11) sumber mencar ilmu (12) langkah-langkah pembelajaran (13) evaluasi hasil pembelajaran. Kini ketigabelas komponen tersebut disederhanakan menjadi TIGA KOMPONEN saja yaitu: tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran serta evaluasi pembelajaran (assessment), sedangkan komponen yang lain hanya bersifat sebagai pelengkap.
Pada masing-masing tiga komponen RPP, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi catatan saat kita hendak menciptakan RPP 1 Lembar. Beberapa hal tersebut ialah sebagai beriut:
Tujuan Pembelajaran Pada RPP 1 Lembar SMP
Berkaitan dengan pembuatan RPP 1 lembar, tujuan pembelajaran mengacu pada:
  • Tujuan Pembelajaran hendaknya ditulis dengan merujuk pada kurikulum 2013 serta kebutuhan mencar ilmu dari penerima didik
  • Tujuan Pembelajaran didalam RPP menggambarkan dari seluruh proses serta hasil mencar ilmu yang nantinya diperlukan sanggup dicapai oleh siswa dan sesuai dengan kompetensi dasar
  • Dalam penyusunan tujuan pembelajaran pada RPP yang disederhanakan hendaknya dirumuskan menurut komptensi dasar dengan memakai Kata Kerja Operasional (KKO)yang sanggup diamati serta diukur dengan meliputi sikap, pengetahuan serta keterampilan
Langkah- Langkah Pembelajaran pada RPP 1 Lembar SMPAdapun hal yang menjadi contoh dalam pembuatan langkah-langkah pembelajaran pada RPP 1 Lembar Sekolah Menengah Pertama ialah sebagai berikut:
  • Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP 1 Lembar Sekolah Menengah Pertama hendaknya ditulis secara efektif berupa aktivitas yang sanggup secara eksklusif menggapai Kompetensi Dasar. Namum demikian, aktivitas pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, serta sanggup memotivasi siswa atau penerima didik.
  • Langkah-langkah aktivitas pembelajaran tetap memuat komponen keterampilan kala 21 diantaranya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 4C (Literasi, Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, dan Communication), serta Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)
Penilaian Pembelajaran (Assesment) pada RPP 1 Lembar SMP
Pada RPP 1 Lembar, Penilaian pembelajaran hendaknya:
  • Prosedur evaluasi pembelajaran hendaknya dibentuk sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
  • Penilaian pembelajaran juga sanggup dilakukan dengan tetap memperhatikan tiga bentuk evaluasi kala 21, menyerupai assessment for learning, assessment as learning dan assessment of learning.
Selanjutnya, bagi rekan-rekan guru yang telah menciptakan RPP IPA dengan memakai format yang mengacu pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, tentunya tetap boleh dipakai untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, bagi rekan-rekan guru yang hendak menciptakan dalam versi baru, berikut ini kami sertakan link-link contoh RPP IPA 1 Lembar jenjang Sekolah Menengah Pertama semester 2 tahun 2020. Diharapkan link-link yang kami sertakan, sanggup membantu rekan guru semua. Rekan guru tentunya sanggup membuatkan sendiri dengan tetap berpedoman dengan prinsip-prinsip pengembangan RPP terbaru yaitu efektif, efisien serta berorientasi pada penerima didik.
Contoh RPP IPA 1 (satu) Lembar Jenjang Sekolah Menengah Pertama tahun 2020
Berikut ini kami lampirkan beberapa contoh RPP IPA 1 (satu) Lembar Jenjang Sekolah Menengah Pertama tahun 2020:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : www.infoguruku.net  
Kelas / Semester :     VII / 2
Mata Pelajaran :    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Materi Pokok :    Sistem Organisasi Kehidupan
Sub Materi Pokok    :  Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan
Alokasi Waktu    :    
TUJUAN PEMBELAJARAN
•    Peserta didik sanggup menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan dan model pembelajaran yang dipakai dalam pembelajaran ini adalah:
•    Metode     :    Saintifik (Scientific)
•    Model     :    Discovery Learning, Problem Based Learning
MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.    Media / Alat Pembelajaran
-    Komputer, LCD, Lingkungan
-    Torso / model badan insan
2.    Sumber Belajar
-    Buku Guru dan Buku Siswa ’Ilmu Pengetahuan Alam’, Cetakan Ke-3, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.
-    Buku tumpuan lain yang relevan
-    Internet www.infoguruku.net
MATERI PEMBELAJARAN
Pembelajaran dan evaluasi topik Organisasi Kehidupan memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 tatap muka/TM (dengan perkiraan 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali tatap muka/TM, yakni 3 JP dan 2 JP).
G.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE- 1 (3 JP)
Konsep Organisasi Kehidupan
a.    Materi untuk Guru
Organisasi Kehidupan
b.    Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
  • Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi penerima didik tunjukkanlah posisi mereka di dalam kelas, lalu keberadaan kelas mereka. Kemudian, mintalah penerima didik untuk menganalisis suatu bangunan sekolah yang terdiri atas ruang kelas, ruang  guru, ruang kepala sekolah, dan lain-lain, kiprah serta fungsi keberadaan ruang- ruang tersebut serta apa jadinya kalau ruang tersebut tidak tersedia.
  • Catatan: “Guru sanggup membuatkan dengan hal-hal terkait yang menggambarkan adanya hierarki dan erat dengan kehidupan  penerima didik.”
  • Bimbing penerima didik untuk mengajukan pertanyaan terkait pengamatan terhadap ruang-ruang sekolah dan fungsinya.
Inti
  • Secara berkelompok, penerima didik melaksanakan Kegiatan 1.1 “Mengamati Bagian Tubuh Katak”, melaksanakan pengamatan cuilan badan katak. Kemudian menuliskan hasil kerjanya (sesuai kreasi peserta  didik), dan mendiskusikan hasilnya, serta mempresentasikannya. Doronglah penerima didik untuk tidak takut salah; yang penting  mekanisme dilakukan dengan benar dan aman.
  • Elaborasi lebih lanjut ke keterampilan proses IPA (kaitkan dengan hasil aktivitas penerima didik), yaitu observasi – inferensi – komunikasi serta manfaat mencar ilmu IPA bagi penerima didik
  • Catatan: “Untuk pengembangan lebih lanjut, guru sanggup memakai binatang tambahan yang mungkin dan gampang didapat penerima didik. Dapat pula memakai awetan yang sudah jadi apabila di sekolah memiliki.”
  • Ingat: “Observasi ini hanya ingin mengenalkan bahwa makhluk hidup tersusun dari bagian-bagian, bukan mempelajari struktur hewan!.
Penutup
Guru melaksanakan pengecekan pemahaman dengan meminta siswa mengerjakan tugas  (lihat Ayo Latihan Subbab A. Pada final pembelajaran mintalah siswa melaksanakan refleksi perihal apa yang dipelajari dan manfaatnya.
Selanjutnya, bagi anda yang berminat unduh file contoh RPP IPA 1 (satu) Lembar jenjang Sekolah Menengah Pertama kelas 7 sanggup anda download pada tautan berikut ini (unduh), Contoh RPP IPA 1 (satu) Lembar Jenjang Sekolah Menengah Pertama kelas 8 sanggup anda download pada tautan berikut ini (unduh), Contoh RPP IPA 1 (satu) Lembar Jenjang Sekolah Menengah Pertama kelas 9 sanggup anda download pada tautan berikut ini (unduh)
Demikanlah gosip mengenai Download RPP IPA 1 (satu) Lembar jenjang Sekolah Menengah Pertama tahun 2020. Semoga bermanfaat buat semua.




Belum ada Komentar untuk "Download Referensi Rpp Ipa 1 (Satu ) Lembar Smp Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel