Download Juknis Bos Madrasah Tahun 2020/2021



Juknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah serta Juknis Bantuan Operasiona Pendidikan (BOP) RA tahun 2020/2021_ Kementerian Agama melalui Direktur Jendral Pendidikan Islam sudah mengeluarkan keputusan Dirjen Pendis bernomor 7330 tahun 2019. Keputusan ini berkaitan dengan Juknis Pengelolaan BOP untuk RA serta BOS untuk Madrasah. Bantuan Operasional Pendidikan pada Raudlatul Athfal serta Bantuan Operasional Sekolah mempunyai donasi yang penting terhadap peningkatan kanal pendidikan di Indonesia. Kementerian Agama dalam hal ini telah melaukan perubahan tujuan semenjak tahun 2009,  pendekatan dan orientasi agenda BOP serta BOS tidak hanya fokus pada luasnya kanal pendidikan, melainkan juga fokus terhadap peningkatan mutu dari madrasah. Sehingga dalam konteks ini, BOP/BOS diperlukan juga sanggup menjadi salah satu instrumen yang efektif guna peningkatan mutu pembelajaran. 
BOP/BOS Madrasah mempunyai tujuan untuk membantu pendanaan biaya operasional dan non personalisa pada RA/Madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran serta pemenuhan sebagian SNP. Selain itu BOP/BOS juga bertujuan meringankan beban biaya pendidikan terutama bagi penerima didik pada RA/Madrasah dari keluarga tidak bisa dengan membantu tagihan biaya pendidikan.
BOP/BOS ditujukan kepada sekolah-sekolah yang mempunyai izin operasional yang ditetapkan oleh Kementerian Agama paling sedikit 1 tahun pada 1 Januari 2020. Ketentuan paling sedikit 1 tahun sanggup dikecualikan bagi RA yang berada pada wilayah 3T dan/atau diperbatasan negara sebagaimana ditetapkan oleh kementerian atau forum yang berwenang. Sedangkan ketentuan paling sedikit 1 tahun dikecualikan juga untuk madrasah yang berada pada tempat 3T dan/atau diperbatasan negara sebagaimana ditetapkan oleh forum yang berwenang. Ketentuan berikutnya yakni RA atau madrasah yang belum mendapat izin operasional, penerima didikanya dilarang dititipkan kepada RA/Madrasah yang telah mendapat izin operasional dengan tujuan biar penerima didik tersebut sanggup diberikan dana BOP/BOS melalui RA/Madrasah yang telah mendapat izin operasional tersebut.
BOP/BOS disalurkan kepada sekolah dengan ketentuan satuan biaya sebagai berikut:
  • RA sebesar 600.000,00 (enam ratus ribu rupiah) per satu penerima didik setiap satu tahun
  • MI sebesar 900.000,00 (sembilan ratus ribu rupiah) per satu penerima didik setiap tahun
  • MTs sebesar 1.100.000 (satu juta seratus ribu rupiah) per satu penerima didik setiap tahun
  • MA dan MAK sebesar 1.500.000 (satu juta lima ratus ribu rupiah) per satu penerima didik setiap tahun.
Selanjutnya, prosedur penyaluran BOP dan BOS diatur melalui prosedur berikut:
  • Penyaluran dana BOP/BOS tahun anggaran 2020 diberikan untuk masa 12 bulan periode Januari hingga Desember 2020
  • Penyaluran dana BOP/BOS bagi madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat dilakukan dalam dua tahap atau tiap semester, yaitu tahap 1 (Januari - Juni 2020) dan Tahap II (Juli - Desember 2020) 
  • Penyaluran dana BOS pada MIN yang telah dilikuidasi satkernya dilakukan melalui alokasi DIPA Satker KAnter Kemenag Kabupaten/Kota setempat
  • Penyaluran dana BOS pada MTsN, MAN dan MAKN dilakukan melalui alokasi DIPA pada masing-masing satuan kerja madrasah negeri tersebut.
Demikianlah warta penting mengenai Juknis Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pada Raudlatul Athfal dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah. Bagi anda yang membutuhkan juknis ini, silahkan anda unduh pada slide berikut ini:

Belum ada Komentar untuk "Download Juknis Bos Madrasah Tahun 2020/2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel