✔ Cara Sempurna Menjelaskan Virus Corona Kepada Anak


Semakin khawatir dengan penyebaran virus corona? COVID-19 yang dimulai di Wuhan, Tiongkok telah menyebar hingga ke Indonesia. Jumlah korban yang dinyatakan positif terserang virus hingga korban meninggal pun terus meningkat. Hal ini menjadikan pertanyaan bagi setiap orang akan penanganan virus corona. Apalagi bagi bawah umur yang melihat informasi wacana virus corona, mungkin akan merasa ketakutan.

Walaupun telah memakan banyak korban jiwa, tak menutup kemungkinan bahwa virus ini sanggup disembuhkan. Untuk mengatasi ketakutan, ada cara sempurna untuk orang renta memberikan kepada anak mengenai virus corona. Simak caranya.

1. Harus update dengan isu terkini
Dalam memberikan terkait COVID-19 kepada anak-anak, para orang renta harus tetap terinformasi, jaga perspektif, dan jujur. Penting untuk orang renta tetap mendapat informasi terbaru terkait virus corona, sehingga sanggup menjawab pertanyaan anak dengan baik dan faktual. Selain itu, cara penyampaian juga harus diubahsuaikan dengan usia anak. Jangan hingga pemberian informasi yang terlalu banyak justru menciptakan anak cemas.

2. Berikan klarifikasi singkat mengenai virus corona
Sebelum berbicara lebih jauh, mulai dengan klarifikasi singkat mengenai virus corona. Orang renta sanggup menggunakan rujukan dengan membandingkannya dengan virus lain ibarat influenza. Virus corona sama ibarat halnya virus pernapasan lainnya yang sanggup mengakibatkan pneumonia. Virus ini sanggup muncul tanpa gejala, atau mempunyai tanda-tanda mulai dari yang ringan hingga parah.

3. Untuk anak kecil, lebih dengarkan mereka
Untuk menghadapi bawah umur yang lebih kecil, sebaiknya orang renta lebih mendengarkan mereka dibandingkan banyak berbicara. Cari tahu apa yang menjadi ketakutan mereka dan apa yang mereka ketahui wacana virus corona. Jawab semua pertanyaan anak secara spesifik dan tidak bertele-tele semoga mereka tidak semakin bingung.

Ingat, jangan memberikan gambar atau foto yang menakutkan. Berikan informasi atau kata-kata yang positif, ibarat memberitahu mereka bahwa dokter-dokter andal di seluruh dunia sedang bekerja untuk menemukan solusi dan perawatan yang sempurna bagi orang yang terkena virus corona.

4. Untuk remaja, lakukan diskusi yang jujur
Kemungkinan besar cukup umur sudah terpapar dengan banyak informasi virus corona melalui gadget dan media sosial. Untuk itu, ketika menghadapi cukup umur orang renta sanggup melaksanakan diskusi jujur dan santai. Tanyakan kepada anak apa yang mereka pikirkan wacana virus ini. Apabila anak sudah merasa cemas, lakukan perbincangan positif wacana situasi yang ketika ini sedang terjadi.

5. Ingatkan mereka untuk menjaga kebersihan dan kesehatan
Pendekatan yang paling berkhasiat dan penting untuk bawah umur dari segala usia ialah dengan mengingatkan mereka untuk mencuci tangan dan menutupi area verbal ketika bersin atau batuk. Beri tahu cara mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga kebersihan yang benar.

6. Awasi gerak-gerik anak sehabis berbicara
Setelah anak mendapat informasi dan saran dari orang tua, perhatikan apakah mereka memberikan kecemasan atau tidak. Beri perhatian penuh pada anak dan akui perasaan mereka. Apabila cemas tidak berlebihan, maka masih wajar. Namun, bila anak merasa cemas hingga tak bisa tidur atau takut pergi ke sekolah, maka orang renta harus tanggap dan memanggil penyedia layanan kesehatan mental untuk derma tambahan.
Sumber : https://blog.ruangguru.com

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Sempurna Menjelaskan Virus Corona Kepada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel