✔ Ingin Sukses Budidaya Ikan Air Tawar, Perhatikan 4 Dasar Pemeliharaan Ikan Ini

Dasar-dasar budidaya ikan - Anda niscaya bertanya-tanya dalam hati, ada orang yang bisnis pada perikanan kok sanggup sukses?. Dalam benak anda niscaya dalam beternak ikan air tawar tersebut mudah. Ya, dalam beternak ikan air tawar itu memang gampang kalau kita sudah tau dasar-dasar dalam budidaya ikan air tawar.

Dalam peternakan ikan air tawar dibilang gampang memang gampang itu untuk yang sudah usang menggeluti bisnis peternakan ikan ini. Namun beda lagi bagi peternak pemula yang gres memulai bisnis ini. Untuk pemula yang ingin memulai beternak ikan air tawar tidak usah berkecil hati, alasannya ialah saya akan membagikan dasar-dasar yang perlu kita ketahui dalam beternak ikan air tawar.


Nah, apa saja dasar-dasarnya itu? simak beberapa penuturan saya dibawah ini dengan seksama supaya kita tau dan sanggup sukses beternak ikan air tawar.

1. Perairan

Air kolam yang akan kita gunakan sebagai daerah memelihara ikan air tawar haruslah alkalis atau netral, jangan air yang mempunyai sifat asam. Air kolam jangan hingga mempunyai pH 4 hal ini sanggup mematikan ikan. Ph air kolam sebaiknya 6,5 - 9, dengan ukuran segini sangatlah baik untuk ikan air tawar. Serta air yang baik ialah air yang mempunyai kandungan oksigen ( O2) yang cukup. Untuk mengukur pH air gunakan pH meter atau kertas pengukur pH air.

2. Pengeringan Kolam

Pengeringan kolam sangatlah penting dalam peternakan ikan air tawar, alasannya ialah sanggup mengembalikan tingkat kesuburan tanah serta sanggup mematikan banyak sekali basil yang membahayakan ikan. Dalam pengeringan kolam haruslah benar-benar kering yang ditandai dengan pecah-pecahnya tanah di dasar kolam.

3. Pemupukan

Bukan hanya tanaman dan sawah saja yang perlu dipupuk, ternyata kolam juga perlu dipupuk. Dalam pemupukan dalam hal ini dimaksudkan supaya tanah pada kolam subur, kalau kesuburan tanah pada kolam baik maka tingkat produksi ikan akan bertambah baik. Pupuk yang sanggup dipakai untuk memupuk kolam ialah pupuk kompos, pupuk kandang, dan pupuk buatan

Untuk pupuk sangkar sebelum ditebar ke kolam lakukan pelapukan terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan supaya nantinya air dalam kolam tidak panas. Dosis untuk pupuk sangkar yang baik ialah 0,5 hingga 0, 75 kg untuk tiap 1 meter persegi.

4. Pengelolaan kolam

Pada pengelolaan kolam yang baik ialah sebelum ikan ditebar ke kolam alangkah baiknya kolam dikeringkan dahulu selam 3 hari atau sudah benar-benar kering yang ditandai dengan tanahnya pecah pecah. Dalam hal ini dimaksudkan supaya basil penyakit yang berada dikolam mati dan kalau ada udara atau gas yang terjebak dalam tanah sanggup keluar sehingga udara dalam tanah sanggup berganti dengan udara yang segar.

Setelah 3 hari pengeringan kolam segera di isi dengan air hingga penuh sebelum ikan ditebarkan pada kolam. Setelah pengisian kolam biarkan air yang ada kolam di biarkan selam 1 ahad supaya plankton-plankton serta binatang-binatang kecil sanggup berkembang biak yang akan dijadikan makanan bagi ikan-ikan nantinya.

Kemudian tebarkan benih yang baik saja kalau benih ikan ada yang sakit segera ambil supaya tidak menjadikan ikan lainnya ikut mati. Dalam menebar ikan jangan jangan dilempar dari wadahnya ibarat kita membuang sampah. Untuk penebaran benih ikan yang baik ialah dengan pelan-pelan, wadahnya celupkan air yang berada pada kolam supaya ikan kecil keluar dengan sendirinya.

Dalam penebaran benih ikan jangan di satu daerah saja, usahakan berbeda-beda tempat. Agar ikan yang gres masuk kolam tidak bergerombol dalam satu daerah yang sempit. Dengan menebar benih ikan berbeda daerah dimaksudkan supaya ikan segera menyesuaikan diri dengan daerah yang gres serta sanggup menyebar ke semua penjuru kolam.

Sampai disini dulu penyampaian Ingin Sukses Budidaya Ikan Air Tawar, Perhatikan 4 Dasar Pemeliharaan Ikan Ini. Semoga isu ini sanggup bermanfaat serta menambah wawasan kita dalam hal budidaya ikan air tawar.

Jika anda peduli dengan teman atau kerabat yang ingin memulai budidaya ikan tidak ada salahnya kalau anda share atau membagikan artikel ini. Caranya cukup tekan tombol share yang ada dibawah postingan ini dan kalau ada yang ingin ditanyakan tinggalkan komentar di bawah.

Belum ada Komentar untuk "✔ Ingin Sukses Budidaya Ikan Air Tawar, Perhatikan 4 Dasar Pemeliharaan Ikan Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel