✔ Download Rpp Kelas 3 Dan Pemikiran & Penyusunan Rpp K-13 Revisi 2018

 dalah salah satu dokumen yang wajib dimiliki seorang guru ✔ Download RPP Kelas 3  dan Pedoman & Penyusunan RPP K-13 Revisi 2018
RPP kelas 3 K-13 Revisi 2018 -

Gurune.net- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dalah salah satu dokumen yang wajib dimiliki seorang guru. Model RPP yang paling terupdate ialah RPP K-13 Revisi 2018. Adapun Pedoman Pembuatan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 ialah sebagai berikut :


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

Perbaikan atau revisinya adalah:

  • Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  • Mengintegrasikan literasi;
  • Mengintegrasikan keterampilan kala 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
  • Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill )

Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan aneka macam jadwal dan kegiatan pendidikan huruf yang sudah dilaksanakan hingga sekarang.

Pengintegrasian sanggup berupa :
  • pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;


Perdalaman dan ekspansi sanggup berupa:
  • penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan huruf siswa,
  • penambahan dan penajaman kegiatan berguru siswa, dan pengaturan ulang waktu berguru siswa di sekolah atau luar sekolah;
  •  penyelerasan sanggup berupa penyesuaian kiprah pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah ialah kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui aneka macam kegiatan antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. 

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun meliputi keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. 

Literasi sanggup dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan kala 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang bergotong-royong ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  

Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, kala di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan kala 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) ialah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan akseptor didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; penilaian merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan jadwal yang rencananya akan diadaptasi dengan 5 hari berguru atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

Adapun Contoh RPP silahkan dipelajari RPP yang bisa di download pada link dibawah ini.

RPP K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 
RPP K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 2 
RPP K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 
RPP K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 4
RPP K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 5
RPP K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 6
RPP K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 7 
RPP K-13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 8

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Rpp Kelas 3 Dan Pemikiran & Penyusunan Rpp K-13 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel