✔ Menciptakan Gambar Cover Buku Otot Pada Insan - Kelas V Sd/Mi Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 5

Membuat Gambar Cover Buku Otot Pada Manusia  ✔ Membuat Gambar Cover Buku Otot Pada Manusia - Kelas V SD/MI Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 5


Gurune.net- Materi Membuat Gambar Cover Buku Otot Pada Manusia - Kelas V SD/MI Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 5.

Tahukah kau apa itu otot? 

Otot adalah jaringan yang ada di dalam badan manusia, berupa alat gerak aktif yang menggerakkan tulang sehingga menjadikan suatu organisme atau indvidu sanggup bergerak. Otot bekerja dengan cara berkontraksi dan berelaksasi.

Fungsi Otot pada Manusia 


  • Menjalankan dan melaksanakan kerja contohnya berjalan, mengangkat, dan memegang. 
  • Menggerakkan jantung.  
  • Mengalirkan darah yang terdiri atas zat-zat yaitu nutrisi, oksigen, dan lainlain.

Macam-Macam Otot Manusia 

1. Otot Polos 

Otot Polos adalah otot yang bekerja tanpa kesadaran kita yang dipengaruhi oleh sistem saraf tak sadar atau saraf otonom, otot polos dibuat oleh sel-sel yang berbentuk gelendong dimana kedua ujungnya runcing dan mempunyai 1 inti sel. 





Ciri-ciri Otot Polos

• Waktu kontraksi antara 3 hingga 180 detik.  
• Bentuk dari otot polos ialah gelendong. 
• Terletak pada organ dalam.  
• Memiliki satu inti sel yang berada di tengah. 
• Pergerakannya dari otot polos lambat dan gampang lelah.  
• Dipengaruhi oleh saraf otonom.  
• Otot polos biasanya berada pada kepingan usus, susukan peredaran darah, dan otot di susukan kemih. 
• Tidak diperintah oleh otak atau tidak dipengaruhi oleh otak.

2. Otot Lurik 

Otot lurik adalah otot yang melekat pada rangka badan insan yang dipakai dalam pergerakan. Otot lurik ialah otot yang bekerja di bawah kesadaran. Otot lurik juga dinamakan otot rangka, Mengapa? karna melekat pada rangka. Dinamakan otot lurik sebab adanya sisi gelap dan terperinci yang berselang seling. 




Ciri-ciri Otot Lurik

• Bentuk silindris dengan garis gelap terang. 
• Melekat pada rangka.  
• Bekerja secara sadar dengan perintah otak. 
• Cepat dan gampang lelah. 
• Bentuk yang panjang dan mempunyai banyak inti sel (multisel). • Mempunyai pigmen mioglobin. 
• Inti sel yang berada di tepi. 

3. Otot Jantung 

Otot jantung ialah otot yang bekerja secara terus-menerus tanpa istirahat atau berhenti. Otot jantung merupakan perpaduan antara otot lurik dan otot polos karna adanya persamaan yang ada pada otot jantung misalnya, mempunyai sisi gelap terperinci dan inti sel yang berada di tengah. Otot jantung berfungsi dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Otot Jantung bekerja di bawah kesadaran manusia. Saraf yang memengaruhi otot jantung ialah saraf simpatik dan parasimpatik. 


Ciri-ciri Otot Jantung

• Otot jantung berbentuk silindris. 
• Memiliki percabangan.  
• Otot jantung terletak pada jantung. 
• Memiliki satu inti sel yang berada di tengah. 
• Bekerja tanpa kesadaran manusia.  
• Bekerja terus menerus dan tidak membutuhkan istirahat.


Otot Manusia 

Otot-otot dalam badan insan mempunyai beberapa fungsi, tetapi fungsi yang utama ialah untuk bergerak. Adapun fungsi-fungsi yang lain antara lain untuk mendukung tubuh, menjaga postur tubuh, dan menjaga suhu tubuh. Semua fungsi otot tersebut sanggup dilakukan apabila otot dalam keadaan sehat, tanpa terjadi gangguan atau kelainan. 

Otot dalam badan insan berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja. Gerak yang disengaja berarti dilakukan secara sadar dan membutuhkan perjuangan tersendiri pada tiap-tiap kepingan otot. Contoh gerak yang disengaja antara lain berjalan, membungkuk, memutar, memegang, dan mengangkat. 

Selain itu, otot dalam badan insan juga berperan dalam gerakan insan yang tidak disengaja. Gerak insan yang tidak disengaja ialah gerakan yang terjadi secara otomatis. Contoh gerak yang tidak disengaja antara lain pernapasan, gerak pencernaan makanan melalui sistem pencernaan, dan detak jantung. 

Otot dalam badan juga berfungsi memperlihatkan dukungan. Otot-otot dalam badan manusia, khususnya otot-otot pada rangka bekerja untuk mendukung tubuh. Misalnya saat duduk dan berdiri, otot-otot rangka  ini akan melaksanakan pembiasaan gerakan dengan memperkuat sendi dengan menopang tulang sehingga berada pada posisi yang tepat. Selain itu otot rangka juga memegang peranan penting dalam memilih kekuatan badan secara keseluruhan dan kemampuan untuk melaksanakan kegiatan fisik. Dengan otot yang besar lengan berkuasa maka kesehatan badan kita juga akan terjaga dan kita pun akan bisa melaksanakan banyak sekali gerakan. 

Fungsi lain dari otot ialah untuk mempertahankan postur tubuh. Otot-otot rangka membantu insan contohnya untuk bangun dan mempertahankan perilaku tegak. Dalam hal ini otot-otot tersebut juga membantu menjaga keseimbangan tubuh. 

Otot juga berperan dalam menjaga suhu badan secara keseluruhan. Sistem otot sanggup merespon jikalau badan mengalami penurunan dan peningkatan suhu tibuh. Contoh respon otot saat terjadi penurunan suhu badan ialah menggigil. Menggigil ialah respon tidak sengaja dimana otot berkontraksi secara sempurna untuk menghasilkan panas. Otot yang menggigil tersebut menuntut peningkatan darah yang mengandung oksigen untuk meningkatkan suhu tubuh.


Berdasarkan bacaan di atas, temukan ilham pokok masing-masing paragraf.

Kunci Jawaban Tentang Ide Pokok Paragraf Bacaan Otot Manusia.

Paragraf 1
Otot-otot dalam badan insan mempunyai beberapa fungsi, tetapi fungsi yang utama ialah untuk bergerak.

Paragraf 2
Otot dalam badan insan berperan dalam gerakan-gerakan yang disengaja.

Paragraf 3
Selain itu, otot dalam badan insan juga berperan dalam gerakan insan yang tidak disengaja.

Paragraf 4
Otot dalam badan juga berfungsi memperlihatkan dukungan. Otot-otot dalam badan manusia, khususnya otot-otot pada rangka bekerja untuk mendukung tubuh.

Paragraf 5
Fungsi lain dari otot ialah untuk mempertahankan postur tubuh.

Paragraf 6
Otot juga berperan dalam menjaga suhu badan secara keseluruhan.



Buatlah gambar cover  bacaan di atas. Masih ingatkah kau pengertian dan unsur-unsur yang harus ada dalam cover? Agar sanggup menghasilkan gambar cover  yang baik, kau harus benar-benar memahami isi bacaan terlebih dahulu. Setelah itu kau harus memilih terlebih dahulu desain background (latar).

Gambar Cover Buku Otot Pada Manusia dan Cover Buku Adai Rai Binaragawan Perkasa Indonesia
 
Membuat Gambar Cover Buku Otot Pada Manusia  ✔ Membuat Gambar Cover Buku Otot Pada Manusia - Kelas V SD/MI Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 5
Gambar Cover Buku Otot Pada Manusia


Membuat Gambar Cover Buku Otot Pada Manusia  ✔ Membuat Gambar Cover Buku Otot Pada Manusia - Kelas V SD/MI Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 5
Cover Buku Adai Rai Binaragawan Perkasa Indonesia


Belum ada Komentar untuk "✔ Menciptakan Gambar Cover Buku Otot Pada Insan - Kelas V Sd/Mi Tema 1 Sub Tema 2 Pembelajaran 5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel