✔ Literasi Itu Bukan Sekedar Membaca Saja

 Pesan Literasi yang di tulis oleh kemdikbud Muhadjir Efendi untuk anak Indonesia ialah  ✔ Literasi Itu Bukan Sekedar Membaca Saja
sumber : kemdikbud,go.id
Gurune.net - Pesan Literasi yang di tulis oleh kemdikbud Muhadjir Efendi untuk anak Indonesia ialah " Gerakan Literasi bukan sekedar gerakan membaca saja, tetapi membaca untuk memahami serta serta mengkritisi dan memperlihatkan pendapat lain dari apa yang telah dibaca". 

Dari rangkaian kalimat itu gurune tergelitik ingin membahas problem literasi kali ini.

Sebtulnya dari Zaman Old - hingga Zaman Now sudah ko dilakukan penyesuaian ini, akan tetapi istilah ini gres booming bebarapa final ini.

Coba kita lihat pendidikan di pesantren - pesantren yang dilakukan para kiai masa - masa lampau dalam memahami kitab - kitab referensi mereka memakai teknik membaca, memahami dan pendampingan oleh para kiai dalam memahami isi banyak sekali kitab yang dipelajarinya, sehingga tidak terjadi salah dalam pemahaman.

Jika kita kembali kemasa kini jikalau kita hanya membiarkan anak didik kita untuk sekedar membaca saja berarti gres masuk dalam tahap penyesuaian dan inipun sah - sah saja, alasannya ialah sehabis terbentuk sebuah kebiasaan seorang anak akan sendirinya ingin mempelajari lebih dalam dengan terus dan terus membaca hingga beliau paham.

Lha kiprah guru disini sangat penting, supaya sang anak didik tidak salah kaprah dalam memahami apa yang mereka baca perlu dilakukan klarifikasi lebih dalam.

Itu kalau dilakukan disekolah,

Padahal aktivitas literasi ini tak terbatas, anak sanggup mencari di banyak sekali sumber baik di rumah maupun di sekolah ( perpustakaan ) dan baik digital maupun manual.

Yang terpenting ialah pendampingan disini, kalau itu dilakukan dirumah kiprah orangtualah yang bermain.

jangan biarakan bawah umur membaca di banyak sekali media digital sesuatu yang belum masanya mereka baca. Maka orang renta perlu mengontrol sumber bacaanya.

Indonesia Nomer 2 Terbawah dalam peringkat Literasi didunia

Seperti yang gurune kutip dari wartaekonomi.co.id bahawa peringkat literasi anak Indonesia masih terbilang sangat rendah. Indonesia menempati ranking 60 dari 61 negara dalam hal literasi dan membaca. 

 Pesan Literasi yang di tulis oleh kemdikbud Muhadjir Efendi untuk anak Indonesia ialah  ✔ Literasi Itu Bukan Sekedar Membaca Saja
sumber - litbangsuaka

Namun, menurut hasil survei World Culture Index Score 2018, kegemaran membaca masyarakat Indonesia meningkat signifikan. Indonesia menempati urutan ke-17 dari 30 negara.

Dalam hal membaca, rata-rata anak - anak di Indonesia hanya menghabisakan waktu membaca kurang lebih sebanyak 6  jam dalam seminggu, mengalahkan Argentina, Turki, Spanyol, Kanada, Jerman, Amerika Serikat, italia, Mexico, Inggris, Brazil, Taiwan, Jepang dengan masing-masing tiga jam/minggu.

Okelah, tingkat membaca Indonesia naik signifikan mungkin dari imbas intensya sosialisasi wacana literasi.

Tapi menyerupai yang dibutuhkan oleh kemdikbud setidaknya gerakan Literasi ini tidak hanya hingga pembiasan membaca saja akan tetapi harus hingga pemahaman serta serta mengkritisi dan memperlihatkan pendapat lain dari apa yang telah dibaca.




Belum ada Komentar untuk "✔ Literasi Itu Bukan Sekedar Membaca Saja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel