✔ Perangkat Pembelajaran
- Perangkat pembelajaran harus di persiapkan oleh guru sebelum proses pembelajaran. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran ialah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan penerima didik melaksanakan kegiatan pembelajaran.Dalam Artikel ini gurune akan mencoba mengupas tuntas perihal Perangkat pembelajaran dalam K-13, Jenis Perangkat Pembelajaran, dan perangkat pembelajaran apa saja yang harus dimiliki oleh seorang guru.
Silabus ialah seperangkat planning dan pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang susunanya sistematis terdiri dari komponen-komponen yang saling terkait untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar. Adapun unsur – unsur dalam silabus terdiri dari.
Tujuan dan target muatan pelajaran yang akan diajarkan pada siswa. Urutan tema-tema yang akan diajarkan, sumber mencar ilmu pendukung keberhasilan dalam pengajaran, dan macam - macam teknik penilaian yang dipakai.
RPP menjadi dokumen wajib yang harus dimiliki oleh seorang guru. Dalam perkembanganya RPP sudah sering melaksanakan transformasi dalam pola penyusunanya.
Akan tetapi di Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2019/2020 ini ada sesuatu yang baru, yang dikeluarkan oleh kemendikbud, dalam kegiatan merdeka belajarnya.
Terkait kebijakan merdeka mencar ilmu yang di keluarkan " Nadiem Makariem " dalam peraturanya perihal RPP dirasa sangat membantu kiprah guru.
Dalam surat edaran tentang Penyederhanaan RPP diterangkan bahwa Penyusunan RPP harus disusun dengan efektif, efisien dan berorientasi kepada murid.
Komponen inti dari RPP yang sebelumnya diatur dalam permendikbud nomer 22 Tahun 2016 yang terdiri dari 13 komponen perihal standar proses pendidikan dasar dan menengah. Di kegiatan terbaru ini hanya ada 3 yang wajib masuk menjadi komponen ini yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian.
Promes di kurikulum 2013 ini merupakan sebuah pembagian terstruktur mengenai dari prota atau kegiatan tahunan yang terdiri dari sebuah pola yang nantinya akan dilaksanakan dan merencanakan ketercapaian kegiatan di semster tersebut.
Program Tahunan (Prota) adalah planning penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu dibutuhkan semoga seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya sanggup dicapai oleh siswa.
Bank soal mengacu pada proses pengumpulan soal-soal, pemantauan dan penyimpanannya dengan informasi yang terkait sehingga mempermudah pengambilannya untuk merakit soal-soal (Thorndike, 1982).
Setiap guru harus menyiapkan sekumpulan soal yang disusun berdasarkan indikator dalam silabus.
Soal - sola ini merupakan bank soal yang harus terdokumentasikan oleh guru.
Buku daftar kelas merupakan buku wajib yang harus dimiliki oleh seorang guru, buku tersebut berisi identitas siswa secara lengkap dari nama, daerah tanggal lahir hingga data orang renta secara keseluruhan.
Dalam daftar kelas usang juga terdapat format ringkasan penilaian tamat semester atau ringkasan nilai raport siswa selama 2 semseter.
Buku inipun berisi data mutasi siswa yang merupakan data keluar masuk siswa dalam satu bulanya, tidak hanya itu saja daftar kelas juga merangkum data perkembangan umur siswa dari bulan kebulan.
Masih dalam buku yang sama, daftar kelas atau buku daftar kelas terdapat juga format ketidakhadiran harian siswa, yang wajib di presensi setiap harinya.
Di kurikulum 2013 revisi terbaru, nilai dibentuk dengan pola memilah - milah menjadi per muatan pelajaran, dari mupel - mupel tersebut di perinci lagi setiap Kompetensi Dasar dalam setiap sub tema dan tema.
maka isian buku daftar nilai di K-13 ini lebih rumit dibandingkan buku daftar nilai sebelumnya.
Buku daftar nilai menjadi dokumen yang wajib dimiliki seorang guru, dengan melihat perkembangan nilai siswa baik nilai pengetahuan, sikap, spiritual dan sosial.
Buku jurnal harian guru merupakan sebuah buku yang berisi catatan mengajar setiap harinya..
formatnya bermacam - macam, buku ini terkoneksi dengan aktifitas mengajar yang tertuang dalam RPP, jadi RPP hari itu apa maka akan konek dengan jurnalnya..
Mudahnya RPP rencananya, jurnal realnya..
di kurikulum terbaru kini ini, buku ini berubah nama menjadi buku Psycho educatif yang isinya catatan Psycho educatif seorang anak, bisa berisi duduk perkara sosial, langsung dan tidak hanya duduk perkara saja, akan tetapi hal yang menonjol dimiliki siswa terangkum semua disini..
tujuan umum layanan bimbingan Psiko-Edukatif ialah membantu penerima didik semoga sanggup mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya serta menjalankan tugas-tugas perkembangan yang meliputi aspek pribadi, sosial, dan mencar ilmu secara utuh dan optimal.
dan buku ini bisa menjadi buku bukti fisik aktifitas nyleneh siswa dan aktifitas luar biasa membanggakan yang di lakukan siswa dalam setiap moment.
Portofolio siswa bisa berupa map-map yang terisi semua hasil karya siswa dan kiprah siswa yang dilakukan setiap hari.
Dokumen ini penting alasannya ialah guru bisa juga memantau kiprah - kiprah siswa secara lengkap.
media pembelajaran yaitu alat bantu yang bisa merangsang siswa semoga lebih gampang mendapatkan materi yang disampaikan oleh seorang guru.
Sehingga dengan maksimalnya perangkat pembelajaran yang dimiliki siswa diharapkan anak - anak didik kita bisa mencicipi sebuah pembelajaran yang menarik,menyenangkan dan menambah wawasan. Tidak hingga disitu saja.
Perangkat pembelajaran dijadikan sebagai dokumen kontrol untuk perbaikan pembelajaran kedepanya bagi seorang guru
sumber : freepik.com - perangkat pembelajaran |
#1. Definisi dari perangkat pembelajaran
Jika seorang guru merancang pembelajaranya dikelas dengan maksimal, jadinya apa yang di harapkan akan tercapai. Dalam standar proses pendidikan dasar dan menengah yang terdapat pada permendikbud no 65 tahun 2013 disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran ialah bab dari perencanaan pembelajaran.
Suhadi, (2007:24) mengemukakan bahwa “Perangkat pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran.”
Sedangkan Zuhdan, dkk (2011: 16) mengemukakan bahwa perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan penerima didik melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Dari klarifikasi dua pakar diatas bisa kita simpulkan bahwa perangkat pembelajaran adalah sejumlah perlengkapan bisa berupa alat, bahan, media, petunjuk atau pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran yang nantinya memungkinkan pendidik dan penerima didik melaksanakan kegiatan pembelajaran yang real dikelas dengan impian hasil dari pembelajaran tersebut menjadi lebih maksimal.
ada beberapa jenis perangkat pembelajaran yang menajdi masakan wajib bagi seorang guru, adapun macam-macam perangkat pembelajaran yang umum dan wajib dipersiapkan oleh seorang guru akan gurune uraikan dalam 11 jenis perangkat pembelajaran yang menjadi pegangan guru sehari - hari.
#2. Berikut 11 Jenis Perangkat Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 Yang Harus Dimiliki oleh seorang guru.
diharapkan dengan 11 ragam alat pembelajaran ini seorang guru akan lebih mantap dalam mengajar, lebih profesional dan lebih tertata dan terprogram dalam setiap langkahnya. Berikut ulasan ke 11 macam perangkat pembelajaran dalam kurikulum 2013 yang wajib dimiliki oleh seorang guru :
a. Silabus
Siapa yang tidak tahu dokumen yang satu ini. (Kunandar, 2011: 244) mengambarkan bahwa Silabus adalah planning pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber mencar ilmu .
Sedangkan silabus berdasarkan permendikbud RI No 65 Th 2013 dijelaskan bahwa silabus merupakan pola dalam penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap materi kajian mata pelajaran. SIlabus dikembangkan berdasarkan SKL dan Standar Isi untuk satuan pendas dan menengah sesuai pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran.
Banyak para mahir menguraikan perihal definisi dari silabus, tapi pada prakteknya guru lebih paham perihal dokumen yang satu ini.
Adapun manfaat dari silabus itu sendiri antara lain digunakan sebagai acuan penyususnan RPP, Pemetaan indicator, merancang bentuk penilaian dalam setiap indicator yang ingin dicapai.
Untuk melengkapi kebutuhan silabus di Kurikulum 2013 revisi tahun ini sahabat bisa mengunduh filenya di gurune pada tautan dibawah ini :
Tujuan dan target muatan pelajaran yang akan diajarkan pada siswa. Urutan tema-tema yang akan diajarkan, sumber mencar ilmu pendukung keberhasilan dalam pengajaran, dan macam - macam teknik penilaian yang dipakai.
b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 perihal Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah planning kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.
RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Akan tetapi di Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2019/2020 ini ada sesuatu yang baru, yang dikeluarkan oleh kemendikbud, dalam kegiatan merdeka belajarnya.
Terkait kebijakan merdeka mencar ilmu yang di keluarkan " Nadiem Makariem " dalam peraturanya perihal RPP dirasa sangat membantu kiprah guru.
Dalam surat edaran tentang Penyederhanaan RPP diterangkan bahwa Penyusunan RPP harus disusun dengan efektif, efisien dan berorientasi kepada murid.
Komponen inti dari RPP yang sebelumnya diatur dalam permendikbud nomer 22 Tahun 2016 yang terdiri dari 13 komponen perihal standar proses pendidikan dasar dan menengah. Di kegiatan terbaru ini hanya ada 3 yang wajib masuk menjadi komponen ini yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian.
c. Program Semester ( Promes )
Program semester ialah sebuah kegiatan pengajaran yang harus dicapai selama kurun waktu satu semester mengajar.Promes di kurikulum 2013 ini merupakan sebuah pembagian terstruktur mengenai dari prota atau kegiatan tahunan yang terdiri dari sebuah pola yang nantinya akan dilaksanakan dan merencanakan ketercapaian kegiatan di semster tersebut.
d. Program Tahunan ( Prota )
Perangkat pembelajaran lain yang harus dimiliki oleh seorang guru ialah kegiatan tahunan, kegiatan ini ialah kelanjutan dari promes, dan ringkasan dari promes.Program Tahunan (Prota) adalah planning penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu dibutuhkan semoga seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya sanggup dicapai oleh siswa.
e. Bank Soal
Bank soal mengacu pada proses pengumpulan soal-soal, pemantauan dan penyimpanannya dengan informasi yang terkait sehingga mempermudah pengambilannya untuk merakit soal-soal (Thorndike, 1982).
Setiap guru harus menyiapkan sekumpulan soal yang disusun berdasarkan indikator dalam silabus.
Soal - sola ini merupakan bank soal yang harus terdokumentasikan oleh guru.
f. Daftar Kelas dan Buku Absensi
Buku daftar kelas merupakan buku wajib yang harus dimiliki oleh seorang guru, buku tersebut berisi identitas siswa secara lengkap dari nama, daerah tanggal lahir hingga data orang renta secara keseluruhan.
Dalam daftar kelas usang juga terdapat format ringkasan penilaian tamat semester atau ringkasan nilai raport siswa selama 2 semseter.
Buku inipun berisi data mutasi siswa yang merupakan data keluar masuk siswa dalam satu bulanya, tidak hanya itu saja daftar kelas juga merangkum data perkembangan umur siswa dari bulan kebulan.
Masih dalam buku yang sama, daftar kelas atau buku daftar kelas terdapat juga format ketidakhadiran harian siswa, yang wajib di presensi setiap harinya.
g. Buku Daftar Nilai
Di kurikulum 2013 revisi terbaru, nilai dibentuk dengan pola memilah - milah menjadi per muatan pelajaran, dari mupel - mupel tersebut di perinci lagi setiap Kompetensi Dasar dalam setiap sub tema dan tema.
maka isian buku daftar nilai di K-13 ini lebih rumit dibandingkan buku daftar nilai sebelumnya.
Buku daftar nilai menjadi dokumen yang wajib dimiliki seorang guru, dengan melihat perkembangan nilai siswa baik nilai pengetahuan, sikap, spiritual dan sosial.
h. Buku Jurnal Harian
Buku jurnal harian guru merupakan sebuah buku yang berisi catatan mengajar setiap harinya..
formatnya bermacam - macam, buku ini terkoneksi dengan aktifitas mengajar yang tertuang dalam RPP, jadi RPP hari itu apa maka akan konek dengan jurnalnya..
Mudahnya RPP rencananya, jurnal realnya..
i. Buku Psycho Educatif
Buku ini merupakan pengembangan dari buku BP ( bimbingan dan penyuluhan )di kurikulum terbaru kini ini, buku ini berubah nama menjadi buku Psycho educatif yang isinya catatan Psycho educatif seorang anak, bisa berisi duduk perkara sosial, langsung dan tidak hanya duduk perkara saja, akan tetapi hal yang menonjol dimiliki siswa terangkum semua disini..
tujuan umum layanan bimbingan Psiko-Edukatif ialah membantu penerima didik semoga sanggup mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupannya serta menjalankan tugas-tugas perkembangan yang meliputi aspek pribadi, sosial, dan mencar ilmu secara utuh dan optimal.
dan buku ini bisa menjadi buku bukti fisik aktifitas nyleneh siswa dan aktifitas luar biasa membanggakan yang di lakukan siswa dalam setiap moment.
j. Portofolio Siswa
Sekumpulan dokumen yang berisi kiprah - kiprah siswa tertata dalam sebuah portofolio siswa.Portofolio siswa bisa berupa map-map yang terisi semua hasil karya siswa dan kiprah siswa yang dilakukan setiap hari.
Dokumen ini penting alasannya ialah guru bisa juga memantau kiprah - kiprah siswa secara lengkap.
k. Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah alat bantu proses mencar ilmu mengajar. Segala sesuatu yang sanggup dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar sehingga sanggup mendorong terjadinya proses belajarmedia pembelajaran yaitu alat bantu yang bisa merangsang siswa semoga lebih gampang mendapatkan materi yang disampaikan oleh seorang guru.
#3 Kesimpulan
Dalam prakteknya perangkat pembelajaran seharusnya tidak hanya dijadikan sebuah dokumen untuk kegiatan yang sifatnya administratif saja, akan tetapi lebih bijak jikalau dokumen - dokumen tersebut benar - benar dimanfaatkan guru untuk menujang proses pembelajaran.Sehingga dengan maksimalnya perangkat pembelajaran yang dimiliki siswa diharapkan anak - anak didik kita bisa mencicipi sebuah pembelajaran yang menarik,menyenangkan dan menambah wawasan. Tidak hingga disitu saja.
Perangkat pembelajaran dijadikan sebagai dokumen kontrol untuk perbaikan pembelajaran kedepanya bagi seorang guru
Belum ada Komentar untuk "✔ Perangkat Pembelajaran"
Posting Komentar