✔ Hari Ini Ialah Hari Batik

Pagi ini, sekolah ramai dengan para siswa yang mengenakan batik banyak sekali motif. Hari ini yakni Hari Batik. Hari Batik dirayakan mulai tanggal 2 Oktober 2009 sehabis UNESCO PBB tetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan Budaya Lisan dan Nonbendawi. Para siswa dan guru di sekolah merayakannya dengan mengenakan baju dengan motif batik yang berbeda-beda. 


Siti :  “Hai, Lani! Kamu terlihat anggun dengan motif batik itu. Bagaimana rasanya menggunakan kain bermotif batik, Lan? Batik dari tempat mana itu, Lan?” 

Lani  : “Terima kasih, Siti!  Aku suka menggunakan baju bermotif batik ini.  Bahannya nyaman dan tentu saja saya suka dengan motifnya. Cantik ya! Ibu membelinya di Pekalongan ketika mengunjungi salah satu kerabat di sana.  Bagaimana denganmu?” 

Siti  :  “Kata Ibu, batikku berasal dari Solo. Warnanya lebih banyak warna alam, menyerupai cokelat dan putih.  Berbeda dengan motif batik yang kau kenakan, ya. Motif batikmu lebih berwarna. Tetapi saya suka sekali dengan yang ini.  Ibu bilang, saya terlihat anggun dengan baju motif batik ini.  Tahukah kau cara pembuatan batik yang dilakukan nenek moyang kita?” 

Lani : “Ya, saya pernah melihatnya di televisi!  Setelah menciptakan teladan yang juga diwariskan secara turun-temurun, para pembatik memanaskan malam di dalam sebuah wajan logam. Lalu dengan menggunakan canting yang juga terbuat dari logam, mereka mulai membatik.  Setelah itu, kain yang sudah dibatik akan dicelupkan ke dalam air panas untuk meluruhkan malam, kemudian mencelupkannya ke dalam pewarna. Setelah itu kain akan dijemur di bawah sinar matahari.”

Siti  :  “Wah, kau tahu betul proses pembuatan batik, Lani! Informasi dari media elektronik menyerupai televisi memperlihatkan isu untuk pengetahuan kita, ya! Setelah saya mendengarkan penjelasanmu, ternyata nenek moyang kita pun tahu betul cara memanfaatkan sumber panas untuk acara membatik, ya! Hebat!  Saya semakin gembira dan ingin tahu lebih banyak perihal keunikan masyarakat di Indonesia!  Kita cari tahu dari media elektronik lainnya, yuk!” 

Keunikan suatu tempat dan masyarakatnya, sekarang menjadi modal utama untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Banyak tempat berusaha menggali potensi wilayahnya dan mengembangkannya biar masyarakatnya mendapat banyak manfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Hari Ini Ialah Hari Batik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel