✔ Download Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 ( K-13 ) Revisi

Gurune.net - Kali ini gurune akan membagikan file download ihwal panduan penilaian untuk Kurikulum 2013 edisi revisi, panduan penilaian K-13 yang akan gurune bagikan terdiri dari panduan penilaian untuk jenjang SD,SMP,SMA dan SMK. Semua file gurune lampirkan pada tautan di final postingan ini. 

 Kali ini gurune akan membagikan file download ihwal panduan penilaian untuk Kurikulum  ✔ Download Panduan Penilaian Kurikulum 2013 ( K-13 ) Revisi
panduan penilaian k-13 terbaru

Sebelum teman download gurune akan terangkan sekilas ihwal Kurikulum 2013 dan penilaian terlebih dahulu.

Kurikulum

Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan komponen penting dalam acara pembelajaran. Komponen tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Kurikulum sebagai seperangkat planning meliputi tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan acara pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran dilakukan sebagai upaya untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, penilaian dekat kaitannya dengan gosip seputar akseptor didik dan pembelajarannya. Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik. Dalam melaksanakan penilaian, pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan. 

Mengelola pembelajaran dan penilaian dengan bermutu ialah kiprah pendidik dan satuan pendidikan. Dengan melaksanakan pembelajaran dan penilaian, pendidik akan bisa menjalankan fungsi sumatif penilaian yakni mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi akseptor didik serta mendeskripsikan capaian hasil pembelajaran akseptor didik, dan fungsi formatif yakni mendiagnostik kesulitan mencar ilmu akseptor didik dalam pembelajaran, memberi petunjuk bagi pendidik dan akseptor didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga sanggup dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penilaian sebagai fungsi sumatif ketika ini dikenal dengan istilah penilaian atas pembelajaran (assessment of learning) sedangkan penilaian sebagai fungsi formatif ketika ini lebih dikenal sebagai penilaian sebagai pembelajaran ( assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning). 

Berikut ini pengertian-pengertian terkait penilaian yang ada dalam panduan ini. 


  1. Standar Penilaian Pendidikan ialah kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil mencar ilmu akseptor didik yang dipakai sebagai dasar dalam penilaian hasil mencar ilmu akseptor didik. 
  2. Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik. 
  3. Pembelajaran ialah proses interaksi yang direncanakan antara akseptor didik dengan akseptor didik lainnya, dengan pendidik dan sumber mencar ilmu pada suatu lingkungan belajar. 
  4. Penilaian hasil mencar ilmu oleh pendidik ialah proses pengumpulan informasi/ data ihwal capaian pembelajaran akseptor didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara bersiklus dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil mencar ilmu melalui penugasan dan penilaian hasil belajar. 
  5. Penilaian hasil mencar ilmu oleh satuan pendidikan ialah proses pengumpulan informasi/data ihwal capaian pembelajaran akseptor didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara bersiklus dan sistematis dalam bentuk penilaian final dan ujian sekolah/madrasah. 
  6. Penilaian harian (PH) ialah acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar. 
  7. Penilaian tengah semester (PTS) ialah acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar akseptor didik sesudah melaksanakan acara pembelajaran selama 8-9 minggu. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh KD pada periode tersebut. 
  8. Penilaian final semester (PAS) ialah acara yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik di final semester ganjil. Cakupan PAS meliputi seluruh KD pada semester ganjil. 
  9. Penilaian final tahun (PAT) ialah acara yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik di final semester genap. Cakupan PAT meliputi seluruh KD pada semester genap. 
  10. Ujian Sekolah/Madrasah ialah acara yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik sebagai pengukuhan prestasi mencar ilmu dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan. 11. Penilaian sikap merupakan acara yang dilakukan untuk memperoleh gosip deskriptif mengenai sikap akseptor didik di dalam dan di luar pembelajaran. 
  11. Penilaian pengetahuan merupakan acara yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan akseptor didik. 
  12. Penilaian keterampilan merupakan acara yang dilakukan untuk mengukur kemampuan akseptor didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu. 
  13. Prinsip penilaian ialah asas yang mendasari penilaian dalam pembelajaran. 
  14. Mekanisme penilaian ialah mekanisme dan metode penilaian yang dilakukan oleh pendidik. 
  15. Prosedur penilaian ialah langkah-langkah penilaian yang dilakukan oleh pendidik. 
  16. Teknik penilaian ialah cara yang dipakai oleh pendidik untuk melaksanakan penilaian dengan memakai aneka macam bentuk instrumen penilaian.


adapun selengkapnya ihwal teknik penilaian baca sendiri saja ya sob, unduh dulu panduanya pada link dibawah ini.

Panduan Penilaian K-13 untuk SD    - DOWNLOAD
Panduan Penilaian K-13 untuk Sekolah Menengah Pertama - DOWNLOAD
Panduan Penilaian K-13 untuk Sekolah Menengan Atas - DOWNLOAD
Panduan Penilaian K-13 untuk Sekolah Menengah kejuruan - DOWNLOAD
Demikian panduan penilaian jenjang SD,SMP,SMA dan SMK. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 ( K-13 ) Revisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel